Lockdown COVID-19 Munculkan Inspirasi: Remaja di Selandia Baru Pecahkan Rekor Dunia, Apa?
Dunia
Pandemi Virus Corona

Kebijakan lockdown COVID-19 rupanya membuat seorang remaja di Selandia Baru merasa bosan. Meski bosan, namun hal ini justru membuatnya mendapatkan inspirasi yang membuatnya bisa mencetak rekor dunia.

WowKeren - Di tengah pandemi COVID-19 yang berlangsung, Selandia Baru diketahui masih menerapkan kebijakan penguncian wilayah atau lockdown. Penerapan kebijakan COVID-19 ini lantas memicu rasa bosan dari seorang remaja yang diketahui identitasnya sebagai Alexander Blong.

Meski mengaku bosan, namun hal tersebut justru menimbulkan inspirasi bagi dirinya untuk memecahkan rekor dunia. Melansir The Guardian, Blong diketahui telah memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk gerbong paling banyak di kereta mainan Lego.

Blong berhasil mengalahkan rekor dunia sebelumnya dengan 32 gerbong. Ia diketahui membutuhkan waktu sebanyak 50 jam untuk membangun lokomotif 101 gerbong. Setelah selesai, panjang dari kereta mainan Lego itu mencapai hingga 25 meter.

Sementara agar bisa memenuhi syarat untuk menjadi rekor dunia, kereta tersebut harus bisa menarik beban gerbong yang tertinggal di sepanjang jalur plastik 10 meter. Dalam hal ini juga harus dibuat dengan jenis Lego tertentu, kemudian hasilnya ditampilkan di depan umum, direkam dalam satu video dan memiliki pernyataan saksi dari hakim independen.

Sebelumnya, Blong diketahui telah membuat rekornya sendiri pada bulan Mei lalu, dengan Guinness World Records mengkonfirmasi keberhasilannya di halaman resminya bulan ini. Blong pun merasa senang atas pencapaiannya itu.


"Meskipun saya memiliki gagasan tinggi bahwa itu telah dilakukan, itu masih belum resmi," ujar Blong pada hari Rabu (10/8), setelah menunggu email konfirmasi yang menegangkan, dilansir melalui The Guardian. "Saya bangun suatu pagi dan memeriksa email saya dan dikatakan bahwa saya sekarang adalah pemegang rekor resmi. Saya cukup gembira."

Blong sendiri telah menjadi pembuat Lego yang tajam sejak berusia empat tahun dan telah lama mengikuti upaya Guinness World Records di YouTube. Ia mengungkapkan inspirasi untuk rekor kereta mainan datang selama salah satu penguncian Covid-19 di Selandia Baru.

"Saya bosan, seperti kebanyakan orang, dan menonton Netflix. Ada pertunjukan yang sangat saya sukai yang disebut Snowpiercer tentang kereta yang sangat panjang yang mengelilingi dunia ini," ungkap Blong.

Dari pertunjukan kesukannya itu, akhirnya muncul ide untuk bisa mencetak rekor dunia. Namun ia juga sempat berpikir bahwa sudah ada orang sebelumnya yang telah mencetak rekor tersebut. Dan memang benar, pada tahun 2019 lalu, rekor sebelumnya berhasil dicetak oleh KK Cariapa, John Seemon dan Nexus Malls dari India dan The Lego Group of Singapore di Maharashtra, dengan kereta 69 gerbong mereka.

"Sangat keren bahwa saya bisa mengalahkan rekor yang dipegang oleh perusahaan-perusahaan besar ini," beber Blong. "Sangat menyenangkan melihat bahwa ketika sekelompok besar orang berkumpul, Anda dapat menciptakan hal-hal yang sangat besar ini dan kemudian Rekor Dunia Guinness pada dasarnya adalah cara untuk mengesahkan skala dan pentingnya hal itu."

(wk/tiar)

You can share this post!

Artikel Terkait