Kanada Mau Kunjungi Taiwan di Tengah Ketegangan Barat-Tiongkok
pixabay/ilustrasi
Dunia

Dalam pernyataannya, Anggota Parlemen Liberal Judy Sgro yang juga mengepalai panel perdagangan, mengatakan bahwa tujuan kunjungan itu bukan untuk mengganggu.

WowKeren - Delegasi anggota parlemen Kanada berencana untuk melakukan kunjungan ke Taiwan pada Oktober mendatang. Adapun tujuan dari kunjungan itu adalah untuk mencari peluang ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

Rencana tersebut dikemukakan oleh Anggota Parlemen Liberal Judy Sgro pada Rabu (17/8), yang mana langkah ini diperkirakan dapat memicu ketegangan antara Tiongkok dan Barat. Sgro mengatakan anggota komite parlemen untuk perdagangan telah berencana untuk mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri untuk beberapa waktu.

Namun, dalam pernyataannya, Sgro yang mengepalai panel perdagangan, mengatakan kepada Reuters bahwa tujuan Kanada datang ke wilayah itu bukan untuk mengganggu. Namun, itu murni untuk tujuan perdagangan dan perdagangan.

"Tujuannya bukan untuk mengganggu dan menimbulkan masalah bagi Taiwan, atau masalah bagi Tiongkok," katanya. "Ini tentang perdagangan, tentang persahabatan, ini tentang peluang bagi Kanada, di seluruh kawasan Asia Pasifik itu."


Sgro menjelaskan bahwa anggota parlemen Kanada biasanya akan melakukan kunjungan rutin ke Taiwan. Namun, aktivitas ini berhenti karena pandemi corona. "Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan bagi kami untuk memastikan bahwa pintu terbuka bagi perusahaan Kanada di mana pun ada peluang perdagangan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, hubungan antara Tiongkok dan Barat telah memburuk buntut kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan awal bulan ini. Pelosi nekat mendarat ke pulau itu meski Tiongkok telah mengecamnya.

Tiongkok mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya dan menentang politisi asing yang mengunjungi pulau itu. Sedangkan Taiwan sendiri, yang diperintah secara demokratis, menolak klaim Tiongkok.

Sebagai tanggapan dari kunjungan Pelosi, Tiongkok mengambil langkah tegas dengan membatasi perdagangan dan meluncurkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan, serta menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi. Beijing juga memberlakukan sanksi terhadap seorang menteri Lituania yang mengunjungi Taiwan beberapa hari setelah perjalanan Pelosi.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts