Digelar Lebih Cepat 2 Tahun, Begini Momen Upacara HUT RI Pertama di IKN Nusantara
Nasional
HUT RI Ke-77

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengharapkan agar upacara HUT RI bisa dilangsungkan di IKN Nusantara pada tahun 2024. Namun di tahun 2022, Badan Otorita menggelar upacara peringati HUT RI ke-77.

WowKeren - Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 yang berlangsung pada 17 Agustus 2022, rupanya juga digelar di Titik Nol IKN Nusantara. Momentum sakral ini diketahui digelar dua tahun lebih cepat dari harapan Presiden Joko Widodo terkait dengan melangsungkan upacara bendera HUT RI di IKN pada tahun 2024.

Tanpa menunggu dua tahun lagi, Badan Otorita pun langsung menggelar upacara bendera di IKN pada Rabu (17/8) kemarin, tepat usia kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun. Dalam upacara HUT RI ke-77 ini, dipimpin langsung oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Sementara untuk peserta upacara itu sendiri diketahui merupakan para pekerja beratribut pakaian lapangan, serta para pemangku kepentingan di IKN Nusantara. Tidak hanya itu, tampak juga para siswa hingga tokoh adat yang mengikuti upacara di Ibu Kota baru Indonesia tersebut.

Upacara bendera HUT RI-77 di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Selatan itu lantas menjadi momen bersejarah, yang mana untuk pertama kalinya HUT RI dirayakan di Ibu Kota baru Indonesia. Meski acara tersebut berlangsung dengan sederhana, namun momen ini menjadi tanda kesiapan negara dalam membangun IKN.


Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya telah menekankan agar pembangunan fisik atau infrastruktur bisa dilaksanakan pada tahun 2022 ini. "Ada beberapa menteri yang menyampaikan untuk nanti di 2024, upacara HUT RI 17 Agustus dilakukan di sini (IKN Nusantara), ya kita lihat nantinya seperti apa," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Jokowi dijadwalkan akan kembali mengunjungi IKN Nusantara pada akhir bulan Agustus ini. Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden menuturkan bahwa Jokowi akan dijadwalkan menghadiri ground breaking pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara.

Heru mengatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Basuki sendiri sebelumnya diketahui telah menerangkan bahwa konstruksi IKN akan dikerjakan mulai September 2022.

Dalam konstruksi tersebut, Basuki memastikan alokasi anggaran Rp5 triliun untuk tahun 2022 telah dikucurkan. Sedangkan untuk tahun 2023, sesuai dengan rancangan UU APBN anggaran yang diperuntukkan pembangunan IKN adalah sebesar Rp23 triliun. Dari total anggaran ini, Rp20,8 triliun di antaranya masuk ke dalam alokasi anggaran PUPR tahun depan.

(wk/tiar)

You can share this post!

Artikel Terkait