Birthday Spotlight: Happy Lee Sang Yoon Day
Selebriti

Untuk merayakan ulang tahun Lee Sang Yoon pada Senin (15/8) lalu, Tim Redaksi WowKeren memutuskan mengulas tuntas perjalanan karier hingga kehidupan asmara dari aktor yang membintangi ‘One the Woman’ ini.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight Kembali hadir untuk menemani para pembaca WowKeren di akhir pekan. Pada Senin (15/8), aktor tampan Lee Sang Yoon diketahui bertambah usia menjadi 41 tahun usia internasional atau 42 tahun menurut perhitungan usia Korea Selatan. Pada kesempatan ini, tim WowKeren memutuskan untuk mengulas tuntas mengenai kehidupan Lee Sang Yoon mulai dari pradebut hingga saat ini.

Para pecinta drama Korea tentu sudah tidak asing dengan aktor pemilik dua lesung pipi ini. Lee Sang Yoon diketahui membintangi sederet drama populer seperti SBS "Angel Eyes", tvN "About Time", SBS "VIP", hingga yang terbaru SBS "One the Woman".

Yuk, intip mengenai perjalanan karier Lee Sang Yoon dari awal debut hingga memasuki usia 15 tahun berkarya di dunia hiburan Korea Selatan!

(wk/alfa)

1. Pradebut


Pradebut

Lee Sang Yoon lahir di Seoul, Korea Selatan pada 15 Agustus 1981. Ia dikenal menjadi salah satu aktor berotak "encer" lantaran menjadi salah satu alumni perguruan tinggi bergengsi di Korea Selatan yakni Seoul National University jurusan fisika.

Lee Sang Yoon masuk Seoul National University pada 2000, namun baru resmi lulus di 2013. Ia diketahui lulus lebih lama karena mulai menjalani karier barunya sebagai aktor dan juga mengambil cuti untuk menjalankan wajib militer selama 2 tahun.

Selama belajar di kampus, Lee Sang Yoon diungkapkan bukanlah laki-laki yang populer. Lee Sang Yoon mengaku bahwa ia memang hanya menjalani kuliah biasa dan bermain basket jika senggang. Lawan mainnya di drama "One the Woman", Honey Lee yang juga lulusan Seoul National University mengaku heran tak pernah bertemu Lee Sang Yoon di kampus sebelumnya di konten YouTube MMTG yang dirilis di Oktober tahun lalu. Honey Lee mengaku tidak mungkin tak mengenal Lee Sang Yoon dengan visualnya yang rupawan mengingat suka keliling kampus berbeda jurusan.

Meski Honey Lee "gagal" menemukan Lee Sang Yoon, mantan direktur agensi pertama Lee Sang Yoon berhasil meng-casting kala bertemu di kerumunan di daerah Yeouido. Kala itu, Lee Sang Yoon berusia 24 tahun yang berartikan tahun 2005. Pada tahun yang sama, Lee Sang Yoon debut sebagai bintang iklan Hite Beer.

2. Debut


Debut

Setelah debut sebagai bintang iklan, Lee Sang Yoon memulai membintangi serial televisi sebagai cameo atau pemeran pendukung. Lee Sang Yoon tidak hanya menuai sorotan karena memiliki visual tampan namun juga kemampuan akting memukau.

Lee Sang Yoon secara resmi memulai debut aktingnya pada drama "Air City" yang ditayangkan di MBC pada 2007. Ia berperan sebagai cinta pertama Choi Ji Woo yang kala itu menjadi pemeran utama bersama dengan Lee Jung Jae.

Setelah itu, Lee Sang Yoon mulai rajin membintangi drama-drama televisi dimulai dari KBS "Likable or Not" yang tayang di 2007-2008. Lee Sang Yoon berperan menjadi anak SMA Bernama Seo Woo Jin dan mulai muncul di episode 72 hingga tamat di episode 168. Karakter Lee Sang Yoon sukses membuat gemas para penonton apalagi dengan senyumnya yang memikat.

Pada 2009, akting Lee Sang Yoon pun sukses mendapatkan apresiasi tinggi dengan mendapatkan penghargaan pertamanya lewat drama "I Love You, Don’t Cry" yang tayang mulai November 2008 hingga Mei 2009. Lee Sang Yoon mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Baru Terbaik di Korea Broadcasting Awards.

Pada tahun 2007, Lee Sang Yoon juga debut di film layar lebar "Sex is Zero" musim ke-2. Pada film ini, Lee Sang Yoon hanya memberikan penampilan spesial sebagai cameo memerankan Ki Ju. Film ini diketahui juga dibintangi oleh Song Ji Hyo. Meski sudah muncul di "Sex is Zero", debut Lee Sang Yoon di film layer lebar dihitung melalui "Santa Barbara" di 2014.

Lee Sang Yoon mulai menunjukkan dirinya yang asli di layar kaca dengan membintangi acara ragam SBS "Master in The House" di 2017. Ia menjadi anggota pertama bersama dengan Lee Seung Gi, Yang Se Hyung, dan Sungjae BTOB. Lee Sang Yoon juga debut sebagai aktor musikal teater di 2020 melalui "The Last Session".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Nama Lee Sang Yoon mulai menjadi sorotan usai menjadi pemeran di drama keluarga "My Daugther Seo Young" yang tayang di 2012-2013. Drama ini berhasil mendapatkan rating tertinggi untuk drama yang dirilis pada 2013 dengan 47,6 persen. Pada drama ini, Lee Sang Yoon berperan sebagai Kang Woo Jae.

Chemistry Lee Sang Yoon dengan Lee Bo Young sukses membuat para penggemar jatuh hati. Keduanya bahkan sampai mendapatkan penghargaan sebagai Pasangan Terbaik di "KBS Drama Awards 2012". Berkat drama ini, Lee Sang Yoon mendapatkan banyak nominasi penghargaan dan berhasil membawa pulang beberapa piala.

Setelah pengakuan yang didapatkan berkat "My Daughter Seo Young", Lee Sang Yoon semakin menunjukkan karier gemilang di dunia akting. Ia selalu sukses memerankan karakter yang berbeda satu sama lain di setiap dramanya.

Drama SBS "VIP" yang dibintangi Lee Sang Yoon juga sukses mendapatkan perhatian publik dan mendapatkan rating memukau. Aktingnya sebagai pasangan suami istri dengan Jang Nara pada drama yang ditayangkan di 2019 ini membuat penonton terpikat. Keduanya bahkan sampai sering dijodohkan. Namun, Lee Sang Yoon dan Jang Nara hanya berteman dekat hingga saat ini. Ia pun menjadi salah satu tamu penting Jang Nara di pernikahannya dan mengaku sangat bahagia melihat sahabatnya menikah.

Drama terakhir Lee Sang Yoon yang juga dirilis di SBS, "One The Woman” juga sukses besar. Aktingnya sebagai chaebol (konglomerat) Han Seung Wook membuat jatuh hati karena visual serta karakternya yang baik hati. Chemistry dengan Honey Lee juga membuat terpikat dan lagi-lagi dibilang serasi. Namun, lagi-lagi Lee Sang Yoon ternyata benar-benar sahabat karena kini Honey Lee telah resmi berstatus sebagai istri pria nonselebriti.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Lee Sang Yoon menjadi salah satu aktor yang cukup terbuka dengan kehidupan asmara, ia tak ragu untuk mengakui tengah berkencan. Ia pun beberapa kali telah dikonfirmasi menjalin hubungan asmara sejauh berkarya di dunia hiburan.

Pada 31 Mei 2011, Lee Sang Yoon mengakui secara public melalui acara tvN "Taxi" bahwa ia menjalin kasih dengan lawan mainnya di drama SBS "Life is Beautiful" yakni Nam Sang Mi. Lee Sang Yoon mengaku hubungannya dengan Nam Sang Mi mengalir setelah bertemu di lokasi syuting dan mulai berpacaran pada pertengahan episode. "Life is Beautiful" diketahui memiliki 63 episode dan Lee Sang Yoon serta Nam Sang Mi menikah pada drama tersebut.

Setelah menjalani hubungan selama 1,5 tahun, Lee Sang Yoon dan Nam Sang Mi dikabarkan putus pada awal 2013. Ini tentu cukup mengejutkan lantaran sebelumnya, keduanya sempat dirumorkan akan segera menikah pada 2011 dan sangat romantis. Lee Sang Yoon dan Nam Sang Mi memutuskan untuk menjadi teman setelah kesibukan keduanya membuat mereka sulit bertemu.

Pada Mei 2016, Lee Sang Yoon dikonfirmasi tengah menjalin hubungan asmara dengan Uee. Keduanya bertemu karena dikenalkan oleh seorang teman. Awal tahun yang sama, Lee Sang Yoon cukup mengejutkan penggemar dengan mengakui bahwa ia memiliki kekasih namun tidak dibeberkan sosoknya.

Lee Sang Yoon mengonfirmasi ia tengah berstatus sebagai kekasih seseorang ketika salah seorang penggemar di jumpa fans bertanya. Aktor tampan ini dikabarkan ragu-ragu sebelum akhirnya membenarkan. Lee Sang Yoon pun meminta maaf karena membuat orang-orang mengira ia masih single kala itu.

Pada karpet merah Mnet Asian Music Awards 2016, Lee Sang Yoon dan Uee pun membuat syok karena tampil bersama dengan berpegangan tangan. Sayang, setelah 1 tahun berpacaran keduanya memutuskan untuk berpisah pada awal 2017. Putusnya Lee Sang Yoon diungkapkan lagi-lagi karena kesibukan jadwal masing-masing.

Setelah putus dengan Uee, Lee Sang Yoon beberapa kali disebut menjalin hubungan asmara seperti bersama Jang Nara atau Honey Lee. Namun, rumor tersebut tidak terbukti. Lee Sang Yoon pun saat ini masih belum terungkap memiliki kekasih.

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama berkarya 15 tahun lamanya, Lee Sang Yoon benar-benar jauh dari kontroversi. Ia dikenal erat sebagai pria yang baik dan sangat tertutup terkait kehidupan pribadinya. Lee Sang Yoon sendiri adalah orang yang sangat pendiam. Kabar miring tentang Lee Sang Yoon benar-benar bak tak terembus media.

Karakter asli Lee Sang Yoon mulai diketahui publik sejak ia menjadi anggota "Master in The House" selama 2 tahun. Publik mulai mengetahui bahwa Lee Sang Yoon mudah menangis, kesal, dan benar-benar suka fisika. Lee Sang Yoon juga cukup mengejutkan karena santai tampil tanpa bercukur dan tak memakai riasan di acara ragam ini. Meski pendiam, ia berusaha keras untuk melakukan hal-hal yang tidak ia sukai di "Master in The House" dan menjalin komunikasi dekat dengan anggota bahkan hingga saat ini.

Lee Sang Yoon sendiri mengaku bahwa ia ingin citra "pria baik" yang melekat erat pada dirinya menghilang. Hal tersebut diungkapkan tak lama usai "One the Woman" tamat tahun lalu. Lee Sang Yoon bercerita bahwa ibunya tertawa setiap ia disebut adalah "menantu idaman" berkat karakternya di drama tersebut.

Lee Sang Yoon menyebutkan bahwa pemikiran orang-orang salah besar tentang dirinya. Ia tak disangka bahkan penggemar acara survival Mnet populer "Street Woman Fighter". Lee Sang Yoon membongkar aibnya sendiri dengan menyebutkan ia adalah orang yang suka pening di pagi hari karena mabuk dan masak ramyeon dengan wajah bengkak berbeda.

"Saya berusaha untuk mewujudkannya (prespektif publik tentangnya). Diriku yang sebenarnya sangat berbeda dari seseorang yang membaca, berjalan-jalan atau memakai cardigan," ungkap Lee Sang Yoon pada salah satu wawancara.

Lee Sang Yoon juga bercerita bahwa temannya sempat kaget namun memuji visualnya ketika melihatnya berambut gondrong dan berjanggut kala tak memiliki proyek. Hal itu membuatnya ingin mencoba karakter yang membuatnya bisa menunjukkan visual tersebut meski mungkin tidak akan disukai publik.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Usai keberhasilan "One the Woman", proyek mendatang Lee Sang Yoon diprediksi juga akan sukses besar. Ia dikonfirmasi menjadi pemeran utama bersama dengan Lee Ji Ah di drama tvN "Lady". Drama ini merupakan karya penulis serial populer SBS "Penthouse", Kim Soon Ok. Selain itu, drama ini juga disutradarai oleh Choi Young Hoon "One the Woman".

Lee Sang Yoon dan Lee Ji Ah akan menjadi pasangan suami istri pada "Lady". Chemistry yang akan dibangun keduanya tentu akan membuat penasaran mengingat akting di drama-drama sebelumnya.

"Lady" adalah drama ini menceritakan mengenai perjuangan seorang wanita yang harus menjadi Ibu Negara untuk melindungi keluarga tercinta. Suatu ketika, Wanita tersebut menemukan kebenaran mengerikan di masa lalu yang telah ia lupakan. Kemudian, ia memutuskan untuk membalas dendam kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi padanya.

Lee Sang Yoon berperan sebagai Pyo Jae Hyun, yang merupakan suami Hong Tae Ra (Lee Ji Ah). Dia seorang pengembang jenius dengan kepemimpinan yang lembut dan kepribadian yang masuk akal. Dia dikenal oleh Generasi Z sebagai salah satu pengusaha yang ingin mereka tiru. Dia mengembangkan teknologi baru di bidang neural smart patch, dan politisi percaya dia bisa menjadi presiden Korea Selatan berikutnya.

"Ini adalah kisah seorang wanita yang diberi nasib yang salah. Pembalasan putus asanya bagi mereka yang telah menghancurkan hidupnya dan perjuangannya untuk melindungi keluarganya akan digambarkan dengan cara yang mendebarkan," janji tim produksi.

Siap menonton proyek baru Lee Sang Yoon "Lady" tahun depan? Nantikan update dari proyek dan kehidupan Lee Sang Yoon selanjutnya di WowKeren, ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait