Tipu Followers Pakai Investasi Bodong, YouTuber Thailand Jadi Buronan Polisi
pixabay/ilustrasi/nattanan23
Dunia

Para korban dijanjikan dengan pengembalian investasi sebesar 35 persen. Sejauh ini, ada 102 korban yang telah mengajukan pengaduan kepada pihak berwenang.

WowKeren - Seorang YouTuber asal Thailand yang populer dengan nama "Nutty" tengah menjadi buronan polisi. Pihak berwenang mengatakan polisi memburu penari YouTube tersebut lantaran diduga telah menipu ribuan pengikutnya melalui modus perdagangan valuta asing.

YouTuber bernama Natthamon Khongchak yang juga menggunakan nama alias Leah dan Suchata, memiliki hampir 850.000 pengikut di platform tersebut. Menurut laporan media lokal, diperkirakan ada sekitar 6.000 orang yang menjadi korban dengan total kerugian 55 juta dolar AS (Rp817 miliar).

Para korban dijanjikan pengembalian investasi sebesar 35 persen. Sejauh ini, ada 102 korban yang telah mengajukan pengaduan kepada pihak berwenang. Mereka mengalami kerugian sebesar 30 juta baht, sebagaimana dikatakan oleh wakil pengawas investigasi Biro Investigasi Kejahatan Siber Thailand Wattana Ketumpai.

Polisi menuduh Nutty menipu korban dengan cara mengiklankan kekayaan pribadinya di platform media sosial. Dengan begitu, korban akan berpikir bahwa dia cepat menjadi kaya karena perdagangan valuta asing.


"Penipuan ini mirip dengan skema Ponzi lainnya, tetapi perbedaannya adalah hubungan masyarakat dan metode penipuan," kata Wattana. "Mungkin ada lebih banyak keluhan (dari korban) di masa depan."

Menurut Wattana, ada sejumlah korban yang sudah mengajukan pengaduan mereka sejak awal 2021. Oleh sebab itu, polisi sedang mengumpulkan bukti untuk mengajukan tuntutan penipuan, penipuan siber, dan upaya mendapatkan pinjaman dengan penipuan.

Awal bulan ini, Pengadilan bangkok telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Nutty. Laporan yang ada menyebut jika dia telah melarikan diri ke luar negeri. Namun, Wattana meyakini jika Nutty masih berada di Thailand.

Menurut pengacara penipuan Phaisal Ruangrit, seorang investor menyetor 18 juta baht langsung ke rekening bank Nutty. Lima bulan lalu, Nutty mengundang pengikutnya untuk menyetor uang ke akunnya, menjanjikan pengembalian 25 persen untuk kontrak tiga bulan. Pengembalian sebesar 30 persen dijanjikan akan diberikan untuk kontrak 6 bulan dan 35 persen untuk 12 bulan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait