5 Girl Grup Generasi ke-4 yang Bakal Jadi Masa Depan K-Pop, Semuanya Punya Kesamaan Ini
Instagram/aespa_official
Musik

Lee Hye Jin, asisten profesor komunikasi klinis di USC Annenberg School for Communication and Journalism, mengungkapkan tiga faktor mengapa girl grup generasi ke-4 ini berkinerja sangat baik.

WowKeren - Generasi ke-4 K-Pop bisa dibilang adalah generasi yang didominasi oleh girl grup, di mana grup-grup seperti aespa, Kep1er, IVE, NMIXX, dan NewJeans mencapai prestasi dalam hal penjualan album, tiket konser, dan merchandise melebihi yang dicapai boy grup yang satu generasi dengan mereka.

NewJeans menjual 311.271 copy mini album mereka di minggu pertama dan menjadi penjualan rilis minggu pertama tertinggi untuk album debut girl-group mana pun. Dalam waktu kurang dari sebulan, grup ini juga meraih posisi #1 di Melon, salah satu platform streaming paling dominan di Korea. Single utama mereka, "Attention," telah berada di puncak tangga lagu selama lebih dari dua minggu sejak 31 Agustus.

5 Grup Generasi ke-4 yang Bakal Jadi Masa Depan K-Pop, Semuanya Punya Kesamaan Ini

Album single "Love Dive" milik IVE terjual 338.141 copy pada minggu pertama, lebih dari dua kali lipat rekor sebelumnya yaitu 152.229 yang dibuat oleh album single debut mereka, "Eleven" tahun lalu. Album single ketiga mereka, "After Like," memecahkan rekor ini, yang terjual dengan jumlah yang lebih mengesankan yaitu 924.363 copy pada minggu pertama perilisannya, hampir tiga kali lipat dari rekor pertama mereka.

5 Grup Generasi ke-4 yang Bakal Jadi Masa Depan K-Pop, Semuanya Punya Kesamaan Ini

aespa memulai debutnya pada tahun 2020, tapi pencapaian mereka tahun ini signifikan untuk daftar ini. Mini album kedua mereka, "Girls," terjual 1.126.068 copy berdasarkan chart Hanteo, menjadikan mereka girl grup K-Pop pertama yang mencapai prestasi ini. "Girls" juga merupakan album terlaris dalam sejarah tangga lagu Hanteo.

5 Grup Generasi ke-4 yang Bakal Jadi Masa Depan K-Pop, Semuanya Punya Kesamaan Ini


LE SSERAFIM terjual 307.450 copy pada minggu pertama perilisannya di bulan Mei, dengan 176.861 copy terjual pada hari pertama, volume penjualan tertinggi untuk girl grup pada perilisan hari pertama.

5 Grup Generasi ke-4 yang Bakal Jadi Masa Depan K-Pop, Semuanya Punya Kesamaan Ini

Berdasarkan Chart Hanteo, mini album Kep1er "DOUBLAST" terjual 287.109 copy dalam minggu pertama rilisnya di bulan Juni. Capaian ini mengalahkan rekor minggu pertama sebelumnya 206.569 untuk mini album debut mereka, "First Impact" awal tahun 2022.

5 Grup Generasi ke-4 yang Bakal Jadi Masa Depan K-Pop, Semuanya Punya Kesamaan Ini

Lee Hye Jin, asisten profesor komunikasi klinis di USC Annenberg School for Communication and Journalism, telah mengungkapkan tiga faktor mengapa girl grup generasi ke-4 ini berkinerja sangat baik. Salah satunya adalah agensi di belakang mereka.

"Pertama, mereka debut di bawah label yang kuat. LE SSERFAIM, aespa, dan NMIXX masing-masing dikenal sebagai girl grup pertama yang dibuat oleh label BTS HYBE, girl grup baru SM, adik TWICE dan ITZY, bahkan sebelum debut resmi mereka. Perusahaan manajemen mereka yang kuat dan kesuksesan artis lain di bawah label yang sama memberi mereka visibilitas yang lebih besar sejak awal. IVE juga diwakili oleh Starship Entertainment, yang melambungkan ketenaran MONSTA X dan WJSN (Cosmic Girls)," kata Lee Hye Jin.

Profesor Lee mengatakan keakraban penggemar dengan beberapa member adalah faktor kedua untuk popularitas mereka, dan pilihan lagu adalah faktor ketiga. Jang Won Young dan Ahn Yujin IVE serta Miyawaki Sakura dan Kim Chaewon LE SSERFAIM sudah menikmati popularitas sebelum debut mereka karena mereka pernah menjadi bagian dari IZ*ONE.

"Member Kep1er juga berkesempatan untuk memperkenalkan diri melalui acara audisi bertajuk 'Girls Planet 999' (2021) sebelum debut mereka," ujar Lee Hye Jin. Ia melanjutkan, "Faktor kontribusi terakhir adalah lagu-lagu mereka. Kebanyakan dari mereka hanya lagu-lagu pop dan mudah bagi orang untuk bersenandung, bernyanyi dan menari. Mereka bernada rendah dan dalam rentang nyanyian yang nyaman."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru