Jadi Legenda Hingga Sabet Penghargaan, Suga BTS-IU dan 7 Pasangan Duet Idol Ini Tak Terlupakan
pexels/cottonbro
Musik

Beberapa duet idol Kpop kerap kali mengejutkan para fans hingga mencetak banyak prestasi. Lantas, siapa saja pasangan duet idol Kpop yang legendaris tersebut? Intip selengkapnya berikut ini!

WowKeren - Lagu para grup-grup Kpop memang tak berhenti mencuri perhatian. Hal ini bisa dibuktikan dengan selalu eksisnya lagu di chart domestik Korea hingga internasional bahkan sesaat setelah dirilis. Di balik daya tarik lagu, kekuatan utuh masing-masing fandom grup juga menjadi alasan mengapa lagu grup-grup Kpop tak pernah gagal dinantikan.

Bukan hanya grup, chart musik Korea juga kerap kali diwarnai persaingan ketat dengan para solois. Meskipun sendiri, solois ini juga tak jarang punya kekuatan fandom yang setara dengan grup. Tak bisa dipungkiri, persaingan chart pun kerap kali terjadi.


Meski kerap kali bersaing di tangga musik, tak banyak yang tahu jika ternyata para anggota grup dan solois punya hubungan baik. Beberapa potret momen pun kerap kali diabadikan. Bahkan, tak jarang para idol ini menggemparkan penggemar dengan mengumumkan project duet yang tak terduga.

Lewat project duet, keduanya berhasil menyatukan dua fandom. Hasilnya, lagu-lagu duet pun sukses besar hingga merajai chart domestik Korea. Selain itu, lagu-lagu duet ini juga kerap bertengger di chart Internasional.

Khusus di artikel kali ini, Tim WowKeren secara eksklusif merangkum beberapa duet idol yang menghasilkan lagu super legendaris hingga sabet banyak penghargaan. Siapa saja? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

(wk/yoan)

1. Suga BTS-IU


Suga BTS-IU
Instagram

Pasangan duet paling legendaris pertama adalah Suga BTS dan IU. Pada 6 Mei 2020 lalu, secara mengejutkan IU merilis lagu comeback berjudul "Eight" yang secara khusus diproduseri oleh Suga. Tak hanya berperan sebagai produser, Suga juga mengambil beberapa part rap. Tak heran, kolaborasi keduanya ini pun menggemparkan chart Korea.

Pada 24 jam setelah dirilis pertama kali, secara membanggakan lagu "Eight" bertengger di iTunes 59 negara seperti Malaysia, Singapura hingga Amerika Serikat. Tak hanya eksis di chart internasional, kekuatan IU sebagai solois kesayangan Korea juga mengantarkan lagu "Eight" mejeng di chart musik Korea dengan mencapai Perfect All Kill (PAK). Tak hanya itu saja, hingga kini video musik "Eight" pun sudah mendapatkan total lebih dari 163 juta penayangan.

2. Baekhyun EXO-Suzy


Baekhyun EXO-Suzy
Instagram

Pasangan duet lainnya yang tak kalah legendaris adalah Baekhyun EXO dan Suzy. Tepat pada 6 Januari 2016 lalu, keduanya merilis video musik bertajuk "Dream". Dalam lagu romantis yang mengusung aliran RnB pop ini, Baekhyun dan Suzy sukses menyampaikan pesan-pesan manis dalam lagu. Tak heran, jika hingga kini video musik "Dream" kini mencapai lebih dari 80 juta penonton YouTube.

Tak hanya karena lagunya yang manis, duet idol ini menjadi legendaris karena keduanya berasal dari agensi besar Korea. Seperti diketahui, Suzy pada saat itu masih menjadi anak asuhan JYP Entertainment sedangkan Baekhyun dari SM Entertainment. Tak heran, lagu "Dream" begitu fenomenal hingga merajai chart digital Korea di Melon, Mnet, dan Genie.

3. Chanyeol EXO-Punch


Chanyeol EXO-Punch
Instagram

Tak kalah dengan rekan satu grupnya, Chanyeol EXO juga menggemparkan dengan merilis single duet dengan Punch pada 2 Desember 2016. Lagu yang berjudul "Stay With Me" ini ternyata juga merupakan OST dari drama Korea yang fenomenal, Goblin. Mengikuti kepopuleran drama, lagu "Stay With Me" juga memiliki tempat tersendiri bahkan setelah beberapa tahun pasca perilisan.

Kepopuleran lagu "Stay With Me" ini pun dibuktikan dengan keberhasilan mencapai lebih dari 150 juta streaming di Spotify dalam waktu kurang dari 5 tahun setelah perilisan. Bahkan hingga kini, video musik "Stay With Me" telah menjaring lebih dari 395 juta penonton.

4. Xiumin EXO-Jimin eks AOA


Xiumin EXO-Jimin eks AOA
Instagram

Pasangan duet legendaris lainnya rupanya masih kukuh dipegang oleh member EXO. Kali ini giliran member tertua EXO, Xiumin. Pada 2 Maret 2016 lalu, Xiumin merilis lagu duet berjudul "CALL YOU BAE" yang dinyanyikan bersama mantan member AOA, Jimin.

Pada lagu bertema romantis ini, Xiumin dan Jimin berhasil membangun chemistry yang kuat layaknya pasangan yang tengah di mabuk cinta. Tak heran, lagu "CALL YOU BAE" berhasil bertengger di puncak chart digital Korea seperti Melon dan Genie.

5. Key SHINee-Taeyeon SNSD


Key SHINee-Taeyeon SNSD
Instagram

Masih anak asuk SM Entertainment, pasangan duet legendaris selanjutnya adalah Key SHINee dan Tae Yeon SNSD. Duo idol SM ini pun secara mengejutkan merilis lagu duet bertajuk "Hate that..." pada 30 Agustus 2021 lalu. Lagu yang bergenre RnB ini sukses menampilkan pesona serta kemampuan vokal terbaik masing-masing idol.

Berkat pesona murni Key Shinee dan Taeyeon SNSD, "Hate that..." pun berhasil mendominasi tangga lagu domestik hingga internasional. Sesaat setelah rilis, lagu duet Key Shinee dan Taeyeon SNSD ini pun telah memuncaki digital chart Korea seperti Bugs dan Vibe serta iTunes di puluhan negara.

6. Loco-Hwasa MAMAMOO


Loco-Hwasa MAMAMOO
Instagram

Pasangan duet selanjutnya adalah rapper Loco dan Hwasa MAMAMOO. Saking legendarisnya, pasangan ini tercatat sudah beberapa kali melakukan duet. Duet fenomenal keduanya ini pertama kali dirilis pada 6 Juni 2018 lewat lagu bertajuk "Dont". Lagu ini pun begitu populer hingga mencetak prestasi PAK (Perfect All Kill) di tangga lagu Korea. Bahkan hingga kini, video musik "Dont" sudah mengumpulkan lebih dari 109 juta penonton.

Kesuksesan duet Loco dan Hwasa ini pun membuat keduanya kembali dipasangkan untuk duet-duet selanjutnya. Baru pada 25 Juli 2022 lalu, pasangan duet beda agensi ini telah merilis lagu kolaborasi bertajuk "Somebody".

7. B.I eks iKON-Lee Hi


B.I eks iKON-Lee Hi
Instagram

Duet antara B.I eks iKON dengan solois Lee Hi juga tak kalah legendaris. Pada 20 Mei 2019 lalu, keduanya menggemparkan penggemar dengan menjadi duo artis YG Entertainment yang merilis lagu duet. Tak heran, lagu bertajuk "No One" ini pun dengan gagah bertengger di peringkat satu chart musik Korea seperti Melon, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Di sisi lain, berbagai chart internasional juga kukuh disabet keduanya. Setelah akhirnya sukses dengan duet pertamanya, B.I dan Lee Hi pun kembali merilis lagu duet yang bertajuk "Savior" pada 3 September 2021.

8. Zico eks Block B-IU


Zico eks Block B-IU
Instagram

Sebelum mencetak sejarah dengan berduet bersama Suga BTS, IU ternyata pernah lebih dulu berduet bersama Zico, mantan member Block B yang kini bersolo karier. Dalam duet ini, keduanya merilis lagu berjudul "SoulMate" pada 30 Juli 2018 lalu. Hanya dalam waktu sekitar 2 jam setelah dirilis, "SoulMate" berhasil menduduki peringkat pertama chart real time di berbagai situs musik Korea. Tak hanya itu saja, "SoulMate" juga berhasil mengumpulkan 1,25 juta pendengar unik di situs Melon.

Pencapaian ini pun mengantarkan "Soulmate" menjadi lagu kedua di tahun 2018 yang memiliki pendengar unik terbanyak setelah lagu "Flower Road" Big Bang dengan 1,269 juta pendengar. Nah, itu tadi beberapa pasangan duet idol Korea yang jadi legenda hingga berhasil mencetak beragam prestasi. Yang mana nih pasangan duet favoritmu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru