Gedung Pencakar Langit Setinggi 200 Meter di Changsha Tiongkok Dilalap Api
Twitter/Xinyan_Huang
Dunia

Changsha merupakan ibu kota provinsi Hunan yang merupakan rumah bagi 10 juta penduduk. Gedung pencakar langit yang terbakar adalah bangunan setinggi 218 meter.

WowKeren - Sebuah gedung pencakar langit di Kota Changsha, Tiongkok tengah, dilalap api pada hari ini, Jumat (16/9). Pihak berwenang mengatakan bahwa belum ada korban yang ditemukan.

Kebakaran terjadi di gedung 42 lantai yang menampung kantor perusahaan telekomunikasi milik negara China Telecom, menurut penyiar negara CCTV, yang melaporkan, "Asap tebal mengepul dari lokasi, dan puluhan lantai terbakar dengan ganas."

Beruntung, api berhasil dipadamkan, sebagaimana disampaikan oleh pemadam kebakaran provinsi melalui sebuah posting media sosial. Mereka mengatakan bahwa sejauh ini juga belum menemukan korban terdampak.

Sementara itu, pihak China Telecom juga sempat buka suara mengenai insiden tersebut. "Sekitar  pukul 16:30 hari ini, api di Menara Komunikasi No. 2 kami di Changsha telah padam. Belum ada korban yang ditemukan dan komunikasi belum terputus," kata mereka.


Changsha merupakan ibu kota provinsi Hunan yang merupakan rumah bagi 10 juta penduduk. Gedung pencakar langit yang terbakar adalah bangunan setinggi 218 meter. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 2000 lalu dan terletak di dekat jalan lingkar utama, menurut CCTV.

Sementara itu, kebakaran mematikan bukan hal yang jarang terjadi di Tiongkok. Penegakan peraturan bangunan yang lemah dan didukung konstruksi tidak sah yang merajalela dapat mempersulit orang untuk melarikan diri dari bangunan yang terbakar.

Pada Juli tahun lalu, kebakaran gudang di provinsi Jilin timur laut menewaskan sedikitnya 15 orang, menurut laporan media pemerintah. Insiden itu juga menyebabkan 25 orang mengalami luka-luka.

Sebulan sebelumnya, kebakaran sebuah sekolah seni bela diri di provinsi Henan tengah juga telah menewaskan 18 orang yang sebagian besar merupakan anak-anak. Kecelakaan ini memicu kegemparan atas standar keselamatan kebakaran.

Pada tahun-tahun sebelumnya, insiden serupa juga terjadi. Sebanyak 58 orang tewas ketika kebakaran besar melanda blok perumahan Shanghai 28 lantai pada tahun 2010. Pada 2017, lebih dari dua lusin orang tewas dalam dua kebakaran di lingkungan migran Beijing.

(wk/zodi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait