10 Potret Ceria Tulus Bersama Gajah, Disorot Usai 'Kuasai' Nominasi AMI Awards 2022
Instagram/temangajahtulus
Selebriti

Solois Tulus membuktikan eksistensinya dalam dunia permusikan Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, sang penyanyi terlihat 'menguasai' nominasi AMI Awards 2022.

WowKeren - Sosok Tulus memang selalu membuat publik terpana dengan karyanya. Pada tahun 2022 ini, Tulus menggemparkan publik dengan merilis album "Manusia" dengan lagu utama "Hati-hati di Jalan". Lagu tersebut pun langsung viral dan berhasil masuk dalam tangga lagu Billboard Global 200.

Baru-baru ini, Tulus kembali ramai diperbincangkan karena namanya masuk dalam banyak nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2022. Lagu "Hati-hati di Jalan" mengantarkan Tulus menjadi kandidat meraih Artis Solo Pria POP Terbaik, Album POP Terbaik, Karya Produksi Terbaik, hingga Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik.

Terlepas dari itu, penyanyi berusia 35 tahun ini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tulus diketahui berperan aktif dalam menggalakkan kampanye tentang perlindungan gajah. Sang solois memang dikenal memiliki hubungan emosional dengan hewan berbelalai panjang tersebut. Berikut sederet potret ceria kedekatan Tulus dengan gajah. Yuk, intip di bawah ini!

(wk/raud)

1. Makna Gajah Bagi Tulus


Makna Gajah Bagi Tulus
Instagram/temangajahtulus

Pemilik nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi Sutanto ini rupanya menyebut gajah sebagai sosok yang bermakna dalam hidupnya. Hal itu dimulai ketika Tulus dipanggil dengan nama-nama hewan bertubuh besar karena ia memiliki badan gemuk semasa kecil. Ia pun memilih "Gajah" sebagai judul album keduanya karena berkisah tentang masa kecilnya dari sudut pandang dewasa. Tulus pun menuliskan kehebatan seekor gajah melalui album tersebut.

2. Bentuk Terima Kasih


Bentuk Terima Kasih
Instagram/temangajahtulus

Dijuluki gajah semasa kecil tak membuat Tulus dendam maupun sakit hati. Ia justru mengaku berterima kasih karena disebut sebagai gajah. Menurut Tulus, gajah adalah hewan berotak tegas, tangguh, serta memiliki solidaritas yang tinggi.

3. Hoki Gajah Bagi Tulus


Hoki Gajah Bagi Tulus
Instagram/temangajahtulus

Album "Gajah" juga memberikan banyak hoki bagi Tulus. Album itu disebut lagu terjual sebanyak 30.000 keping dalam kurun waktu hanya 15 hari setelah perilisan. Hebatnya lagi, "Gajah" menjadi satu-satunya album berbahasa Indonesia yang menduduki 10 penjualan album terbaik versi iTunes Asia. Tulus juga berhasil membawa pulang 5 piala di AMI Awards 2015.

4. Kenangan Tulus dan Yongki


Kenangan Tulus dan Yongki
Instagram/tulusm

Solois asal Bukittinggi itu juga mengajak gajah binaan Worldwide Fund for Nature (WWF), Yongki sebagai salah satu model untuk MV "Gajah". Namun setahun setelah MV itu dirilis, Yongki ditemukan mati atas dugaan diracun dengan kondisi gadingnya hilang.

Kabar kematian Yongki tentu membuat Tulus terpukul. Ia bahkan memutuskan untuk absen dalam malam puncak AMI 2015. Meski begitu, perwakilan Tulus membacakan sederet pesan melalui surat ditulis khusus. "Lewat pesan singkat ini dari hati saya yang terdalam, tolonglah gajah juga rakitan Tuhan, yang diganggu, mereka juga bagian alam yang sama pentingnya seperti manusia," ucap Tulus melalui surat tersebut.

5. Kerjasama Dengan WWF


Kerjasama Dengan WWF
Instagram/tulusm

Oleh karena itu, Tulus mulai aktif menggalakkan kampanye peduli keselamatan binatang gajah melalui dengan tagar #TemanGajah. Ini adalah kampanye lanjutan dari kampanye #JanganBunuhGajah. Pelantun lagu "Sepatu" tersebut bahkan bekerjasama dengan WWF untuk memaksimalkan kampanye itu.

6. Sumbangkan GPS Collar


Sumbangkan GPS Collar
Instagram/temangajahtulus

Tulus pun berhasil mengumpulkan donasi bersama penggemarnya, Teman Tulus maupun orang-orang peduli gajah. Ia diketahui menggalang dana melalui penjualan merchandise #JanganBunuhGajah. Donasi itu digunakan untuk membeli kalung GPS Collar untuk menandai atau melacak keberadaan Gajah Sumatera pada tahun 2016 silam. Alat tersebut tentunya sangat membantu program konservasi Gajah Sumatera.

7. Diundang di Paris Peace Forum 2019


Diundang di Paris Peace Forum 2019
Instagram/tulusm

Bentuk kepedulian Tulus terhadap binatang gajah tentu menuai apresiasi. Ia bahkan berpartisipasi di Paris Peace Forum 2019. Hal tersebut lantaran program konservasi Gajah Sumatera menjadi salah satu dari 120 program terpilih atas kepeduliannya terhadap ekosistem lingkungan.

8. Sambutan Hangat Gajah


Sambutan Hangat Gajah
Instagram/tulusm

Selebriti kelahiran tahun 1987 ini langsung mendapatkan sambutan hangat ketika mengunjungi Taman Nasional Tesso Nilo. Tulus mendapatkan kalung bunga dari Imbo, seekor gajah berusia 7 tahun. Kunjungan Tulus ke sana untuk mengantarkan GPS collar untuk para gajah.

9. Momen Naiki Gajah


Momen Naiki Gajah
Instagram/tulusm

Tulus sempat membagikan momen perdananya ketika menaiki binatang gajah. Penyanyi "Monokrom" tersebut mengakui perasaan canggung kala berada di punggung Gajah Sumatera tersebut. Video itu diunggah Tulus untuk memperingati Hari Gajah Sedunia.

10. Selfie Uwu


Selfie Uwu
Instagram/tulusm

Tulus kembali membagikan interaksi lucunya saat mengenalkan seekor gajah baru di Bali Zoo. Gajah yang diberi nama Moli tersebut terlihat tenang dan menggemaskan ketika diajak selfie oleh Tulus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru