BTS Diajukan Tugas Alternatif Pengganti Wamil, Jawaban Resmi Kemenhan Dapat Sambutan Hangat
Selebriti

Setelah muncul banyak wacana mengenai wajib militer BTS, Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan telah memberikan jawaban resmi. Publik menyambut keputusannya dengan baik.

WowKeren - BTS sudah cukup umur untuk pergi menunaikan wajib militer. Munculnya wacana-wacana seperti tugas alternatif hingga penentuan keberangkatan melalui survey telah dijawab oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan.

Pada 20 September, Kementerian Pertahanan telah merilis jawaban resmi terkait isu tugas alternatif pengganti wajib militer BTS. Selain dari jajak pendapat, Walikota Busan telah mengajukan tugas alternatif untuk BTS dalam rangka mendukung World Expo 2030 mendatang.

Mengingat usia para member BTS, dengan Jin yang sudah hampir 30 tahun namun belum berangkat wamil dan beberapa di antaranya sudah cukup umur, desakan semakin banyak muncul. Sehingga ada pengajuan meningkatkan batas usia berangkat wajib militer menjadi 33 tahun.

Menteri Pertahanan Lee Jong Seop telah menegaskan bahwa hasil survey tidak akan membawa pengaruh besar soal penugasan BTS di militer. Kementerian menyatakan sulit untuk memperluas sistem layanan alternatif untuk menggantikan wamil. Menurutnya, azas keadilan juga diperlukan dalam hal ini.


"Untuk menegaskan kembali posisi Kementerian Pertahanan Nasional, tidak ada perubahan pada posisi yang ada. Sulit untuk memperluas sistem layanan alternatif dalam hal keadilan kewajiban dinas militer di permasalahan wajib militer BTS," kata Lee Jong Seop.

Terkait putusan Kemenhan, netizen Korea memberi sambutan hangat. Mereka mendukung BTS untuk pergi wamil sebagaimana masyarakat pada umumnya. Pernyataan Kemenhan ini mendapatkan respons baik dari netizen di forum online.

"Tentu saja. Terlalu ambigu untuk membuat mereka dibebaskan karena chart di Billboard," kata salah satu netizen. "Ayo pergi wamil," sahut netizen lain.

"Akhirnya ada angin segar," komentar seorang netizen. "Tentu saja mereka harus berangkat. Sekarang cepat lakukan. Mereka sudah cukup menunda," sambung netizen yang lain.

Sementara itu, BTS akan menggelar konser "Yet To Come in Busan" pada 15 Oktober mendatang. Digelar secara gratis, konser ini bisa didatangi penggemar langsung di lokasi dan ditonton melalui platform streaming yang sudah ditentukan.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait