Kondisi Lokasi Baru Konser Gratis BTS Dikhawatirkan Bikin Malu Publik Korea
Naver Post/BigHit Music
Musik
BTS Gelar Konser Gratis

Lokasi konser gratis BTS di Busan kembali memunculkan rasa khawatir terkait dengan keamanannya meski sebelumnya telah diubah karena alasan serupa. Mengapa hal tersebut terjadi?

WowKeren - BTS diketahui akan segera menggelar konser gratis di Busan pada tanggal 15 bulan depan. Hal ini usai grup ternama ini didapuk menjadi duta baru Busan Expo. Konser gratis BTS ini bertujuan untuk 2030 World Expo.

Konser ini pada awalnya akan digelar di Busan Ilkwang Special Stage, namun berganti ke Stadion Utama Busan Asiad dengan alasan keamanan dan logistik. Namun, perubahan lokasi ini masih memunculkan sederet permasalahan.

Permasalahan konser gratis BTS ini bahkan menjadi pemberitaan di TV Korea Selatan. Lagi-lagi dinilai ada hal yang akan menghalangi konser gratis BTS.

Kekhawatiran baru muncul karena kondisi Stadion Utama Busan Asiad. Pasalnya, sembilan panel atap stadion tertiup angin topan dua tahun lalu. Hingga saat ini, kondisi tersebut belum diperbaiki karena mahalnya biaya dan produksi panel hanya bisa dibuat di Jerman.


Perbaikan atap stadion tersebut telah direncanakan terjadi, namun baru Juni tahun depan. Stadion Utama Asiad sendiri terungkap dibangun dengan biaya 220 miliar won atau setara hampir 2,4 triliun rupiah yang dipersiapkan untuk tuan rumah Piala Dunia 2011.

Stadion ini telah sering rusak karena topan dana angin kencang. Struktur semi kubah dan dikelilingi oleh 96 atap tirai di mana 29 di antaranya telah rusak. Delapan panel rusak karena Topan Maemi, 6 pada Topan Megi di 2004, dan 9 panel rusak karena topan 2 tahun lalu.

Biaya perbaikan dari stadion ini terungkap mencapai 3,5 miliar won atau setara dengan 37,41 miliar rupiah. Akibat perbaikan yang baru dilakukan tahun depan, banyak yang khawatir bahwa orang-orang di seluruh dunia harus melihat stadion yang rusak kala menghadiri konser gratis BTS.

Hal ini dinilai cukup memalukan bagi Korea Selatan jika harus memperlihatkan kerusakan stadion yang cukup parah ke penggemar asing BTS. Meski stadion hanya bisa menampung 50 ribu orang, penggemar asal luar negeri juga diprediksi akan hadir.

Publik sendiri banyak yang mengungkapkan pilihan alternatif untuk menyembunyikan kerusakan. Misalnya saja dengan menutupi atap yang rusak dengan spanduk besar yang terkait dengan BTS dan pameran. Namun, keamanan tetap harus ditingkatkan.

(wk/alfa)

You can share this post!

Related Posts