Grab Uji Coba Fitur 'Quiet Ride' di Malaysia Kurangi Interaksi Driver-Penumpang
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi
Dunia

Nantinya, penumpang yang tidak suka berbasa-basi atau berbicara dengan pengemudi bisa memilih fitur tersebut dan pengemudi akan mendapat pemberitahuan setelahnya.

WowKeren - Tak semua orang suka bercakap-cakap dengan orang yang tidak dikenal ketika menggunakan angkutan umum. Grab telah menawarkan kepada penumpang mereka yang ada di Malaysia sebuah fitur baru bernama "Quiet Ride", namun fitur ini kini masih dalam tahap percobaan.

Sebagaimana diketahui, Grab telah memiliki fitur pesan otomatis ketika penumpang memesan layanan. Penumpang yang lebih menyukai perjalanan, tanpa basa-basi dan interaksi antar-manusia, hanya perlu membalas "Quiet Ride" sebagai tanggapan atas pesan otomatis di GrabChat.

Lalu, pihak pengemudi akan mendapat pemberitahuan terkait preferensi tersebut sehingga mereka tidak diperbolehkan mengobrol dengan penumpang. Media Malaysia melaporkan bahwa fitur tersebut diharapkan akan mulai diuji coba pada 7 Oktober mendatang.


Adapun fitur ini dikembangkan oleh Grab untuk menambah pengalaman pada para penumpangnya. Mereka menyadari bahwa betapa canggung dan stresnya percakapan selama perjalanan bagi penumpang dan pengemudi. Pasalnya, tidak semua orang suka mengobrol atau berbasa-basi dengan orang asing.

Pengguna forum Lowyat membagikan tangkapan layar dari aplikasi Grab dan memberikan informasi tentang bagaimana fitur tersebut berfungsi. Meski begitu, dengan memilih opsi Quiet Ride, tak serta merta penumpang dapat benar-benar tidak berkomunikasi sama sekali dengan mitra pengemudi. Penumpang harus terus mengantisipasi pertanyaan penting dari pengemudi, bahkan setelah opsi Quiet Ride dipilih, menurut Lowyat.net.

Pertanyaan yang dapat diantisipasi penumpang termasuk rute pilihan, pengaturan AC, atau pemutaran musik. Karena saat ini fitur tersebut masih dalam tahap percobaan, Grab belum mengumumkan kapan fitur itu akan secara resmi diluncurkan di pasaran.

Di Malaysia, uji coba fitur ini telah diperluas ke pengguna tambahan di Lembah Klang dan Penang, sementara itu telah dimulai di daerah lain termasuk Ipoh, Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuching, dan Melaka untuk pengguna tertentu. Fitur ini sebelumnya telah diuji coba di Filipina dan Vietnam.

(wk/zodi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait