Pamungkas Sempat Alami Half Deaf, 10 Potret Perjalanan Kariernya Sebelum Aksi Panggung Viral
Instagram/pamunqkas
Selebriti

Penyanyi Pamungkas langsung jadi topik hangat karena aksi panggungnya dianggap tidak pantas dipertontonkan. Berikut sederet perjalanan kariernya sebelum kejadian tersebut viral.

WowKeren - Sosok Pamungkas mendadak menjadi trending di jagat dunia maya, baik Twitter maupun kata kunci di Google pada 8 Oktober lalu. Usut punya usut, penyanyi berusia 29 tahun itu menerima kecaman publik karena aksi panggungnya yang dianggap tidak senonoh.

Hal ini bermula ketika Pamungkas memberikan fanservice untuk para penggemarnya di sela penampilan panggungnya. Ia terlihat mengambil ponsel milik fans dan berfoto selfie. Pamungkas kemudian tampak menggosokkan ponsel tersebut ke bagian alat vitalnya di depan banyak penonton. Aksi Pamungkas itu malah membuat sebagian penonton wanita histeris. Namun sayangnya, publik merasa aksi tersebut dirasa kurang pantas dipertunjukkan ke penonton.


Sejumlah netizen pun mulai menduga kalau Pamungkas sedang mabuk hingga tak sadar melakukan aksi panggung tersebut. Pamungkas pun segera buka suara. Sang penyanyi menegaskan jika dirinya tak dalam pengaruh alkohol maupun narkoba ketika melakukan aksi panggung tersebut.

Terlepas dari itu, Pamungkas adalah salah satu musisi Tanah Air yang memiliki ciri khas tersendiri. Ia telah mengalami jatuh bangun dalam menyusun kariernya sebagai penyanyi. Yuk, intip sederet potretnya di bawah ini!

(wk/raud)

1. Lahir Sebagai Anak Bungsu


Lahir Sebagai Anak Bungsu
Instagram/pamunqkas

Solois ini lahir dengan nama lengkap Rizki Rahmahadian Pamungkas pada 14 April 1993. Pamungkas merupakan anak bungsu dari pasangan Yoes Supangat, pendiri dari Oxygen Entertainment.

Kehidupan Pamungkas masa kecil diketahui tak mudah. Hal ini karena sang Ibu, Hanny mengalami delime saat melahirkannya karena diminta memilih untuk menyelamatkan dirinya sendiri atau Pamungkas. Untungnya, keduanya berhasil selamat meski Pamungkas harus hidup dengan usus pendek dan mengalami cangkok.

2. Sempat Alami Half Deaf


Sempat Alami Half Deaf
Instagram/pamunqkas

Pencangkokan usus ini ternyata berpengaruh pada pendengaran Pamungkas. Pasalnya, ia mengaku sempat mengalami mengalami gangguan pendengaran di telinga kirinya. Pamungkas disebut menderita half deaf atau separuh tuli hingga umur 18 tahun. Hal tersebut diduga karena Pamungkas mengalami tekanan dari infus saat menjalani pencangkokan usus.

3. Jatuh Cinta Ke Musik Sejak Dini


Jatuh Cinta Ke Musik Sejak Dini
Instagram/pamunqkas

Ketertarikan Pamungkas terhadap seni sudah terlihat pada usia dini. Pada usia 10 tahun. ia mengaku jatuh cinta ke musik dan enggan lanjut sekolah. Oleh karena itu, sang ayah mengajaknya untuk terjun ke bisnis keluarga dengan bekerja sebagai crew di event organizer dan manajemen artis tersebut.

Tak hanya itu, selebriti kelahiran tahun 1993 ini sudah mengambil les drum atas dorongan ibunya pada umur 8 tahun, Hal ini bertujuan agar half deaf-nya segera membaik. Pamungkas juga menjajal belajar piano dan gitar secara mandiri.

4. Kuliah di Jurusan Seni


Kuliah di Jurusan Seni
Instagram/pamunqkas

Dunia seni sepertinya memiliki daya tarik tersendiri bagi Pamungkas. Pelantun lagu "Flying Solo" ini sempat diterima di Institut Kesenian Jakarta maupun kesempatan belajar di jurusan musik Universitas Pelita Harapan. Namun, Pamungkas memilih untuk menimba ilmu Desain Komunikasi Visual di Universitas Paramadina pada tahun 2014.

5. Rintis Karier Musik di 'Islam Itu Indah'


Rintis Karier Musik di 'Islam Itu Indah'
YouTube/TRANS TV Official

Selama kuliah pun Pamungkas bukan tipe mahasiswa yang fokus belajar saja. Ia memutuskan untuk menjadi freelance program Trans TV yang berjudul "Islam Itu Indah" sebagai kru musik yang bertugas untuk nge-play bumper. Pamungkas kemudian menggantikan posisi vokalis yang sedang sakit selama 8 episode. Kala itu, ia menjadi backing vokal sekaligus pemain gitar di band program rohani tersebut.

6. Jadi Penyanyi Kafe


Jadi Penyanyi Kafe
Instagram/pamunqkas

Tidak hanya itu, Pamungkas juga sempat menjadi penyanyi kafe di Jakarta sejak tahun 2012. Pada masa itu ia mengaku sempat menerima kritikan karena suaranya dianggap tak bagus. Pamungkas menyebutkan jika drummer band-nya menyarankan dirinya untuk kembali latihan bernyanyi.

7. Resmi Debut Solois


Resmi Debut Solois
Instagram/pamunqkas

Artis asal Jakarta itu resmi memulai kariernya secara profesional sebagai penyanyi dengan merilis album pertama "Walk the Talk" pada 15 Juli 2018. Lagu "I Love You but I'm Letting Go" menuai reaksi positif dan membuat nama Pamungkas mulai dikenal publik Tanah Air.

8. Popularitas 'To The Bone'


Popularitas 'To The Bone'
Instagram/pamunqkas

Satu tahun kemudian, Pamungkas melakukan comeback dengan album "Flying Solo". Album ini sukses melambungkan nama Pamungkas melalui lagu "To The Bone" yang viral dimana-mana. Lagu ini juga membuat snag penyanyi meraih trofi Alternative Song of the Year di Indonesian Music Awards 2021.

9. Manggung Keliling Asia


Manggung Keliling Asia
Instagram/pamunqkas

Eksistensi Pamungkas sebagai musisi semakin diacungi jempol karena. Ia semakin sering diundang untuk tampil di acara TV maupun festival musik. Pada bulan Juli lalu, Pamungkas mengumumkan tur pertamanya di luar Indonesia, dimulai dari Thailand, diikuti oleh Malaysia, lalu Filipina, dan terakhir Singapura.

10. Sempat Hiatus Sementara


Sempat Hiatus Sementara
Instagram/pamunqkas

Sebelum menuai kesuksesan luar biasa selama 2 tahun terakhir, Pamungkas rupanya sempat memilih hiatus sementara. Sang solois mengumumkan vakum pada bulan Agustus 2020 lalu usai merilis album "Solipsism". Pasalnya Pamungkas merasakan tekanan karena banyak yang berekspektasi tinggi terhadap karyanya. Namun, ia melangsungkan comeback dengan merilis album "Solipsism 2" pada 3 Februari 2021.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait