Polisi Ungkap Alasan Tunda Konser Dewa 19 di JIS, Perizinan Hingga Berkaca Pada Kejadian Itaewon
Instagram/officialdewa19
Musik

Sebelumnya, pihak penyelenggara telah mengumumkan bahwa konser Dewa 19 yang sedianya digelar pada 12 November 2022 di JIS ditunda. Kini pihak kepolisian pun membeberkan alasannya.

WowKeren - Konser Dewa 19 dalam rangka peringati 30 tahun berkarya di industri musik Tanah Air yang sedianya digelar pada 12 November 2022 di Jakarta International Stadium (JIS) telah resmi ditunda. Meski begitu, konser ini akan digelar pada Februari 2023.

Mengenai penundaan konser Dewa 19, pihak kepolisian pun membeberkan alasannya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan menerangkan bahwa alasan pengunduran konser itu lantaran pihak polisi tidak ingin lagi ada kejadian pembeludakan penonton seperti yang ada di festival musik "Berdendang Bergoyang" pekan lalu.

Kemudian, kata Zulpan, Dewa 19 juga telah menjual tiket sebanyak 63 ribu, namun belum mengurus soal perizinan konser tersebut. "Kemarin kita lihat di Istora, 'Berdendang Bergoyang' itu penontonnya yang 20 ribu saja itu banyak sekali yang pingsan, ini (konser Dewa 19) 70 ribu dan tiket yang sudah terjual 60 ribu dalam waktu singkat," ujar Zulpan dalam keterangannya di Polda Metro Jaya, dilihat Kamis (3/11).

Zulpan lantas mengatakan bahwa pihaknya menyayangkan penjualan tiket konser Dewa 19 yang dilakukan lebih dulu. "Kan seharusnya izinnya keluar, baru tiketnya dijual. Ini izinnya belum keluar, tiketnya sudah dijual," tutur Zulpan.

Maka dari itu, Zulpan menerangkan bahwa pihak kepolisian khawatir bila nantinya konser Dewa 19 juga akan melebihi kapasitas seperti "Berdendang Bergoyang" jika tidak ada sama sekali perizinan. Selain berkacara pada festival musik dalam negeri, pihak kepolisian juga melihat kejadian mengenaskan di Itaewon, Korea Selatan, belum lama ini.

"Kita tidak ingin, contoh di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, gimana banyak korban. Polisi memandang untuk faktor keamanan dan keselamatan bagi penonton," terang Zulpan.

Seperti yang diketahui, setelah kondisi pandemi COVID-19 mulai dan semakin membaik, kegiatan dengan jumlah pengunjung kapasitas besar diizinkan kembali digelar. Meski begitu, masih tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait