Perempuan Tangguh, Enzy Storia dan 9 Artis Ini Jadi Tulang Punggung Keluarga
Instagram/enzystoria
Selebriti

Tak sedikit artis perempuan Indonesia yang harus bekerja keras, tak hanya untuk mencukupi kebutuhannya sendiri namun juga untuk menanggung biaya hidup keluarganya.

WowKeren - Jalan hidup yang dimiliki oleh seseorang tidaklah sama. Begitu pula dengan kesulitan yang harus dihadapi. Berbagai masalah bisa datang ke kehidupan seseorang sebagai ujian. Salah satunya adalah masalah finansial. Masalah yang satu ini bisa datang menghampiri siapa saja tanpa pandang bulu.

Memang, tak semua orang dilahirkan dalam keluarga yang kaya raya sehingga secara finansial kehidupan mereka aman dan tenteram. Ada juga orang-orang yang dilahirkan dalam keluarga serba terbatas sehingga perlu bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Meski begitu, tak menutup kemungkinan seseorang yang mulanya mapan secara finansial tiba-tiba bisa mengalami kesulitan ekonomi. Hal itu tak mengherankan mengingat roda kehidupan akan selalu berputar.


Berbicara soal finansial, tak sedikit artis perempuan Indonesia yang harus bekerja keras, tak hanya untuk mencukupi kebutuhannya sendiri namun juga untuk menanggung biaya hidup keluarganya. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang telah menjadi tulang punggung keluarganya sejak kecil karena kondisi perekonomian yang sulit.

Tentu saja, hal ini tidak disangka-sangka mengingat para figur publik kerap dianggap memiliki kehidupan yang mapan. Namun, tidak banyak yang tahu cerita di balik itu semua dan bagaimana perjuangan mereka merintis karier hingga bisa berada di posisi seperti yang sekarang ini. Berbagai rintangan harus mereka lalui untuk bisa meraih kesuksesan.

Untuk itu melalui artikel ini. tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk melihat artis wanita mana saja yang merupakan perempuan tangguh yang bekerja keras menjadi tulang punggung keluarga. Yuk, simak selengkapnya!

(wk/zodi)

1. Enzy Storia


Enzy Storia
Instagram/enzystoria

Enzy Storia dikenal lewat penampilannya dalam dua program NET. "Comedy Night Live" dan "Tonight Show". Saat mengobrol dengan Daniel Mananta, Enzy yang merupakan anak sulung dari dua bersaudara ini juga sempat bercerita mengenai perjalanan hidupnya dan masa-masa sulit yang pernah dialaminya.

Ia bahkan sempat tinggal di rumah petakan bersama ibu dan adiknya. Meski sempat mengalami masa-masa sulit, namun hal itu tak membuat Enzy merasa putus asa. Justru ia berusaha mencari hikmah di balik semua itu. "Dengan aku punya uang sekarang banyak hal yang bisa kulakukan. Aku bisa ngebantu orang, bisa berobat, bisa ngebantu adik aku kuliah," kata Enzy.

2. Nia Ramadhani


Nia Ramadhani
Instagram/ramadhaniabakrie

Siapa sangka, artis yang selama ini kerap memamerkan kehidupan glamor ini juga pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya? Sebelum menikah dengan pebisnis Ardi Bakrie, Nia Ramadhani merupakan tulang punggung keluarga. Saat mengobrol bersama Sandiaga Uno, ia mengenang masa-masa kecilnya ketika ia harus menari sana-sini.

"Dari umur tujuh tahun udah nari-nari, Trio Kwek Kwek yang 'Kutakut Mamaku Marah' (Jangan Marah), penarinya," katanya. Orang tua Nia bercerai saat usianya masih delapan tahun. Oleh sebab itu, ia bekerja keras untuk membantu ibu dan kakaknya. "Kan soalnya banyak yang aku tanggung kan, mama, kakak, jadinya ya sudah memang kehidupannya begitu, sekolah, syuting, sekolah, syuting," tambahnya.

3. Ayu Ting Ting


Ayu Ting Ting
Instagram/ayutingting92

Pedangdut Ayu Ting Ting yang kini dikenal memiliki kehidupan finansial yang mapan juga merupakan tulang punggung keluarganya. Selain dikenal sebagai penyanyi dan presenter, Ayu juga diketahui menggeluti berbagai macam usaha. Sang ibunda, Umi Kalsum, sempat membanggakan putrinya itu. Sejak kecil, Ayu adalah anak yang penurut dan patuh.

"Alhamdulilah y Allah cita2 ayah ibu pingin punya anak sukses berbakti patuh nurut alhamdulilah, menjadi tulang punggung buat kami sekeluarga," kata ibu Ayu lewat unggahan di akun Instagram. Umi Kalsum pun mendoakan agar Ayu selalu sehat dan keinginannya bisa terkabul.

4. Nunung


Nunung
Instagram/nunung63.official

Boleh dibilang, Nunung adalah sosok wanita yang sangat tangguh. Betapa tidak, ia merupakan tulang punggung keluarga yang harus menopang hidup puluhan anggota keluarganya. Hal itu membuat Nunung harus tetap bekerja keras meski usianya sudah setengah abad. Oleh sebab itu, ia mengakui bahwa ketika harus direhabilitasi karena tersandung kasus narkoba itu membuatnya tidak bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

"Itu kan sama sekali enggak ada pemasukan. Padahal aku tuh harus menghidupi hampir 50 (orang)," katanya belum lama ini. Kondisi itu pun memaksanya untuk memakai tabungan hari tua. Meski usianya tak lagi muda, ia tetap harus bekerja terutama untuk menyekolahkan anak-anaknya. "Anak-anak sekolah, kuliah, belum ada yang mentas (selesai)," ungkapnya.

5. Jessica Mila


Jessica Mila
Instagram/jscmila

Jessica Mila mengungkapkan bahwa ia memiliki keinginan untuk melanjutkan ke pendidikan kuliahnya ke jenjang S2 di luar negeri. Sayangnya, ia terpaksa harus menunda keinginannya tersebut. Hal itu lantaran Jessica merupakan tulang punggung keluarganya sehingga banyak yang harus ditanggungnya. Selain itu, masalah waktu juga menjadi persoalan baginya untuk menempuh pendidikan di luar negeri.

"Selain waktu dan karier mungkin sebenarnya kalau masalah biaya kalau dipaksain bisa aja. Tapi dari dulu sampai sekarang aku masih jadi tulang punggung keluarga juga," katanya. Ia sendiri merasa sayang jika harus meninggalkan keriernya di dunia hiburan. Sedangkan untuk kuliah S2 ia bisa melakukannya kapan saja.

6. Angel Karamoy


Angel Karamoy
Instagram/realangelkaramoy

Tak semua orang bisa menghabiskan waktu muda mereka dengan bersenang-senang. Bahkan, seorang artis seperti Angel Karamoy, harus melewati masa-masa sulit ketika dirinya masih remaja. Hal itu lantaran dia harus menjadi tulang punggung keluarga. Angel yang merupakan anak kedua dari enam bersaudara terpaksa menjadi tulang punggung keluarga selepas meninggalnya sang ayah.

Keluarganya sempat mengalami kesulitan dan adiknya terancam putus sekolah. Beruntung, dirinya pun tiba-tiba mendapat tawaran untuk bermain sinetron. "Jadi waktu itu ini sebenernya anugerah ya, akhirnya tiba-tiba dapat tawaran dari Multivision Plus untuk peran di sinetron Bidadari. Nah dari situ dapat uang bisa sekolahin (adik-adik)," katanya.

7. Nita Gunawan


Nita Gunawan
Instagram/nitagunawan09

Selebgram Nita Gunawan disebut-sebut memiliki wajah yang mirip salah satu artis kondang Tanah Air, Agnes Monica. Siapa sangka, jika Nita pernah mengalami masa-masa sulit ketika sang ayah berpulang saat dirinya masih SMA. Saat itu, keluarganya tidak memiliki tabungan yang cukup sehingga ia pun harus membantu ekonomi keluarga dengan bekerja.

Kondisi yang sulit itu membuat Nita tidak bisa melanjutkan ke jenjang kuliah. "Jadi aku punya adik cowok yang masih harus sekolah 'kan. Jadi aku mengalah, aku lulus SMA langsung kerja," katanya saat mengobrol di podcast Deddy Corbuzier. Wanita asal kudus tersebut mengatakan jika ia kemudian mulai bekerja dengan menjadi Pagar Ayu.

8. Zaskia Gotik


Zaskia Gotik
Instagram/zaskia_gotix

Zaskia Gotik selama ini dikenal sebagai sosok yang baik dan murah hati. Rupanya, penyanyi yang satu ini sudah bekerja untuk membantu perekonomian keluarga sejak masih SMP. Dengan kata lain, Zaskia tidak mampu menamatkan sekolahnya di jenjang SMP. "Karena kelas 2 SMP mau naik kelas 3 itu nyanyi setiap hari," katanya.

Karena sibuk menyanyi dari panggung ke panggung, ia akhirnya kelelahan sehingga membuatnya selalu telat datang ke sekolah. Ia pun akhirnya membuat keputusan. "Setelah itu aku ngerasa selalu telat dan diomelin. Jadi aku ambil keputusan, yasudah aku nyanyi aja deh mak, ngebantuin emak sama abah kerja," lanjut Zaskia.

9. Enno Lerian


Enno Lerian
Instagram/ennolerian_

Wanita yang dulu pernah dikenal sebagai artis cilik ini mengakui jika dirinya berasal dari keluarga sederhana. Sebelum dikenal seperti sekarang, Enno Lerian rupanya pernah berjuang hidup sebagai tulang punggung keluarganya. Ia bahkan pernah tinggal di kontrakan yang sempit. Meski sudah harus bekerja keras di usia yang masih muda, Enno mengaku bahagia karena bisa membantu keluarganya.

Pasalnya, dia sendiri merasa senang saat menyanyi di depan kamera. Sehingga, saat tampil di depan kamera untuk membawakan sebuah lagu ia sama sekali tidak menganggap itu sebagai beban pekerjaan. Dia mengatakan bahwa orang tuanya juga sangat mendukungnya. Bahkan, kedua orang tuanya rela meninggalkan pekerjaan mereka demi Enno.

10. Irish Bella


Irish Bella
Instagram/_irishbella_

Tak ketinggalan, Irish Bella juga merupakan tulang punggung keluarga. Bahkan, ia sempat mengakui jika dirinya tidak terlalu mempersoalkan masalah honor kala tampil di layar kaca. "Aku sendiri tulang punggung. Enggak mau mentingin itu (bayaran) juga, tapi karya enggak diurus, karena bagiku karya penting," katanya beberapa waktu lalu.

Kemampuan akting Irish Bella terbukti lewat berbagai peran yang dilakoninya. Tak hanya main di sinetron, namun ia juga membintangi sejumlah judul film. Memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model, ia kemudian terjun ke dunia akting lewat debutnya di sinetron "Tangisan Isabella". Judul film yang dibintanginya termasuk "Tiger Boy" dan "Love in Perth".

Nah, itulah tadi sederet artis Tanah Air yang juga berusaha membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Sebagai tulang punggung keluarga, mereka dituntut untuk tetap kuat dan tangguh. Kerja keras mereka patut diacungi jempol, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait