Devano Danendra Buka Pijat Refleksi, 10 Artis ini Juga Punya Bisnis yang Berawal Dari Hobi
Instagram/iamdevano
Selebriti

Selain bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang melakukannya, hobi juga bisa dijadikan sebagai ladang cuan dengan cara mendirikan bisnis yang berkaitan.

WowKeren - Membuka bisnis bisa menjadi salah satu opsi untuk meraup pundi-pundi uang. Sayangnya, membuka bisnis ini bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan, termasuk modal, peluang, dan bidang yang akan digelutinya. Namun, akan cukup menarik jika bisnis yang dibangun berawal dari sesuatu yang menjadi kegemaran atau hobi.

Menekuni hobi memang memerlukan waktu luang. Namun, hal ini bisa dijadikan sebagai ajang pelarian sesaat untuk melupakan sejenak masalah-masalah yang menghampiri. Dengan menjalankan hobi, bagi sebagian orang hal itu bisa membuat pikiran mereka menjadi lebih tenang sehingga bisa kembali mencoba menyelesaikan masalah yang ada.


Namun, selain bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang melakukannya, hobi juga bisa dijadikan sebagai ladang untuk mencari cuan. Sejumlah orang memutuskan untuk membuat hobi mereka menjadi sebuah usaha atau bisnis. Seperti yang dilakukan oleh salah satu artis Tanah Air Devano Danendra baru-baru ini yang membuka tempat pijat refleksi.

Keputusan untuk membangun bisnis itu berawal dari kecintaannya dengan hobi pijat sejak kecil. Lewat Instagram-nya, Devano mengaku seiring ia tumbuh, ia menemukan banyak cara dalam pijat memijat sehingga ia pun ingin membuka tempat pijat refleksi di usianya yang masih muda. Namun rupanya, tak hanya Devano artis yang mampu melihat peluang untuk menjadikan hobi mereka bisnis.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian melihat siapa saja artis yang membangun bisnis berawal dari hobi. Yuk, simak selengkapnya.

(wk/zodi)

1. Deddy Corbuzier


Deddy Corbuzier
Instagram/mastercorbuzier

Bukan hal yang sulit untuk menebak jika YouTuber kondang Deddy Corbuzier memiliki hobi berolahraga. Hal itu bisa terlihat jelas dari tubuhnya yang kekar dan berotot. Oleh sebab itu, tak mengherankan pula jika ia juga memiliki bisnis gym atau pusat kebugaran. Pusat kebugaran miliknya bernama Corbuzier Gym Osbond dan boleh dibilang cukup mewah.

Untuk membuka bisnis ini, Deddy disebut telah menghabiskan dana hingga Rp8 miliar. Tak ayal jika gym miliknya itu memiliki fasilitas lengkap. Lewat unggahan Instagram, Deddy kerap memamerkan aktivitasnya saat berada di gym yang luas itu. Tak hanya tempat berolahraga, Deddy juga menyiapkan ruangan untuk sauna di sana.

2. Liza Natalia


Liza Natalia
Instagram/lizanataliaofficial

Tak hanya dikenal sebagai artis dan penyanyi, Liza Natalia juga telah memutuskan untuk membuka pusat kebugaran di Jakarta Selatan. Liza sendiri diketahui memang menyukai olahraga Zumba. Oleh sebab itu, tak ayal jika dirinya merasa bahagia untuk bisa mengelola bisnis kebugaran dan senam zumbanya itu.

Tentu saja, sebelum membuka bisnisnya itu, ia sempat ragu. Namun ia mendapat dukungan dari rekan-rekannya sehingga membuatnya yakin untuk memulai. Tak hanya itu, Liza juga mempersiapkannya secara matang dengan mempelajari ilmu zumba sampai ke Amerika, Meksiko, dan negara-negara Eropa.

3. Raisa


Raisa
Instagram/titiktemucoffee

Kecintaan Raisa terhadap kopi membuatnya mendirikan sebuah kedai kopi di kawasan Seminyak, Bali. Kedai kopi yang bernama Titik Temu ini bertempat di lokasi yang strategis dan mengusung konsep outdoor yang unik dengan taman kecil yang menyejukkan mata. Sedangkan untuk suasana interiornya minimalis dan nyaman.

Dibuka sejak tahun 2016, kedai kopi ini juga menawarkan hiburan berupa live music. Tak ayal, kedai kopinya bisa menjadi pilihan untuk nongkrong santai. Tak hanya mendirikan, Raisa juga sesekali mengunjungi kedai kopi miliknya dan ikut meracik kopi untuk para pelanggan. Dua tahun kemudian, Raisa membuka cabang baru kedai kopi ini di Jakarta.

4. Rio Dewanto


Rio Dewanto
Instagram/riodewanto

Rio Dewanto merupakan sosok yang memiliki hobi mengoleksi sepatu. Hobi inilah yang melatarbelakangi dirinya untuk membuka bisnis jasa cuci sepatu. Selain karena hobi, Rio juga melihat jika memang ada peluang untuk bisnis tersebut. Menurutnya, belum banyak tempat di Jakarta yang menyediakan jasa yang bagus untuk mencuci sepatu.

Ia menambahkan bahwa sejak memiliki anak, ia sudah mulai mengurangi hobi untuk membeli sepatu. Namun meski demikian, ia tetap menyempatkan diri untuk membeli sepatu selama kurun waktu satu tahun. Beruntung, sang istri, Atiqah Hasiholan, rupanya juga merupakan penggemar sepatu. Sedangkan hal yang membuatnya tertarik mengoleksi sepatu adalah teknologi yang ditawarkan.

5. Derby Romero


Derby Romero
Instagram/ditonpremium

Derby Romero juga pandai memanfaatkan peluang dengan membuka bisnisnya yang berawal dari hobi. Membuka bisnis yang didasarkan pada hobi akan membuat orang yang bersangkutan menikmati dalam mengerjakan bisnisnya itu. Seperti Derby Romero yang yang memutuskan untuk membuka bengkel modifikasi bernama Flash Rabbit Costum Garage.

Adapun bengkel itu dibangunnya berdasarkan kecintaannya pada motor sejak ia masih kecil. Sejak dulu, ia memang sudah menggandrungi dunia otomotif. Oleh sebab itu seiring ia tumbuh besar, kecintaannya terhadap dunia otomotif, khususnya motor, terus meningkat. Hingga kemudian ia membangun bengkel motornya sendiri.

6. Lola Amaria


Lola Amaria
Instagram/lolas.cooking

Sejak tahun 2016 lalu, Lola Amaria telah membuka bisnis kuliner yang menyajikan menu makanan khas nusantara. Adapun hal itu berawal dari hobinya yang memang suka memasak. Saat sedang stres, Lola biasanya akan memasak. Tak hanya untuk dinikmati sendiri, namun juga dibagikannya ke teman-teman. Dari situ, banyak yang menyukai masakannya sehingga mendorongnya untuk membuka bisnis.

"Pertamanya karena hobi masak. Saya kalau stres itu biasanya masak. Coba-coba bawa hasil masakannya ke kantor," katanya beberapa waktu lalu. Sebelum membuka bisnisnya itu, Lola terlebih dahulu memantapkan racikan resep masakannya dengan menggunakan rempah-rempah dari nusantara. "Persiapannya setahun sebelum buka," lanjutnya.

7. Andien Aisyah


Andien Aisyah
Instagram/andienaisyah

Selain memiliki suara emas di dunia tarik suara, Andien Aisyah juga merupakan penyuka olahraga. Berangkat dari kecintaannya pada bidang itu, Andien pun membuka bisnis yang bergerak di bidang kebugaran. Di tempat olahraga itu, Andien menggunakan alat olahraga canggih yang didatangkan dari Jerman.

Tak seperti pusat kebugaran lainnya yang memiliki banyak peralatan, gym milik Andien ini menawarkan satu alat olahraga yang mampu memberikan hasil optimal dengan durasi latihan yang minim. "Cukup dengan 20 menit sudah bisa disetarakan dengan latihan di gym selama dua jam lho," katanya saat peluncuran 20FIT beberapa waktu lalu.

8. Ammar Zoni - Irish Bella


Ammar Zoni - Irish Bella
Instagram/ammarzoni

Hobi terhadap kuliner melatarbelakangi Ammar Zoni dan Irish Bella untuk membuka bisnis di bidang tersebut. Terlebih, tak sedikit artis Tanah Air yang sudah melebarkan sayap untuk menggeluti bisnis kuliner yang memang menjanjikan. Pasangan yang sudah menikah sejak tahun 2019 ini memiliki bisnis kuliner yang diberi nama Sate Maranggi.

Adapun rencana untuk membuka bisnis itu sudah mereka bicarakan sejak lama. Sempat bingung untuk membuka bisnis apa, keduanya kemudian memutuskan untuk membuka bisnis sate. "Bingung mau buka bisnis apa. Terus tiba-tiba kepikiran buka sate, karena memang kami suka makan sate," papar Ammar.

9. Raline Shah


Raline Shah
Instagram/ralineshah

Tak ketinggalan, ada model cantik Raline Shah yang juga membuka bisnis kopi lantaran kecintaannya terhadap minuman tersebut. Namun, ada satu hal berbeda yang menjadi ciri khas kafe kopinya itu, yakni ramah bagi para vegetarian. Itu juga menjadi salah satu alasan dirinya membuka kedai kopi tersebut.

Untuk susunya, Raline menggunakan susu alternatif dari gandum sehingga ramah bagi para vegetarian terutama untuk mereka yang memiliki alergi terhadap laktosit. Sebagai pecinta kopi, Raline menilai bahwa Indonesia memiliki biji kopi berkualitas yang tersebar di seluruh daerah. Ia pun mengaku bangga akan hal itu.

10. Zaskia Adya Mecca


Zaskia Adya Mecca
Instagram/zaskiadyamecca

Sudah jarang muncul di layar kaca, Zaskia Adya Mecca selain menjadi ibu rumah tangga juga sibuk menggeluti bisnisnya. Istri sutradara kenamaan Tanah Air Hanung Bramantyo itu kini lebih dikenal sebagai desainer dan pengusaha mode. Zaskia pun sudah memiliki brand untuk gayanya sendiri lewat Meccanism.

Adapun hal itu bermula dari kegemarannya untuk menciptakan gaya kasual yang praktis namun tetap elegan dan modis. Karena tak banyak lini pakaian yang dirasa cocok dengan gayanya, ia pun kerap melakukan padupadan beberapa merek pakaian. Dari situ, banyak yang kemudian tertarik dengan outfitnya sehingga menginspirasinya untuk membuka lini pakaiannya sendiri.

Nah, itulah tadi sederet artis yang mampu memanfaatkan peluang untuk mengubah hobi mereka menjadi bisnis. Apakah kamu juga tertarik untuk menjadikan hobimu sebagai ladang cuan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait