Sederet Karya Otis Pamutih 'Suami-Suami Takut Istri' yang Tutup Usia di Hari Ulang Tahun
Selebriti

Otis Pamutih sudah banyak wara-wiri layar kaca untuk menghibur para pemirsa di Tanah Air. Semasa hidupnya, Otis Pamutih telah menghasilkan sejumlah karya untuk menghibur para pemirsa.

WowKeren - Dunia hiburan Tanah Air tengah berduka dengan berpulangnya komedian "Otis Pamutih". Artis senior pemain sinetron komedi tersebut meninggal dunia pada Rabu (14/12). Menurut pengakuan salah satu rekan sitkomnya, Bang Tigor, Otis meninggal lantaran penyakit stroke. Ia juga menambahkan bahwa Otis meninggal di rumah sang adik, mengingat selama ini dia memang tinggal di sana atas keinginannya.

Sebagaimana diketahui, ia telah menderita penyakit tersebut sejak enam tahun yang lalu. Meninggal di usia 76 tahun, Otis Pamutih mengembuskan napas terakhirnya tepat di hari ulang tahunnya. Jenazah Otis langsung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cipinang Asem kawasan Kebon Pala, Jakarta Timur.


Isak tangis mengiringi pemakaman jenazah Otis yang dikebumikan di atas kuburan ayah dan adiknya. Hal tersebut lantaran sudah tidak tersedia lagi tempat kosong untuk makam almarhum. Sebelumnya, jenazah Otis telah disemayamkan di rumah duka yang terletak di kawasan Cililitan, Jakarta Timur.

Nama Otis Pamutih sudah sangat dikenal di dunia hiburan Tanah Air. Wajahnya sudah banyak wara-wiri layar kaca untuk menghibur para pemirsa di Tanah Air. Tentunya, kepergian Otis cukup mengejutkan bagi para penggemarnya. Semasa hidupnya, Otis Pamutih telah menghasilkan sejumlah karya untuk menghibur para pemirsa.

Untuk itu, melalui artikel ini tim WowKeren ingin mengajak pemirsa sekalian untuk melihat sederet karya Otis Pamutih semasa hidupnya. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Suami-Suami Takut Istri


Suami-Suami Takut Istri
YouTube/MVP Hits

Salah satu karya Otis yang paling dikenal semasa hidupnya adalah perannya dalam sitkom "Suami-Suami Takut Istri". Sitkom ini tayang dalam 649 episode selama Oktober 2007 hingga April 2010. Sitkom ini bercerita mengenai para suami yang tinggal di Kompleks Mitari namun takut pada istri-istri mereka.

Dalam sitkom ini, Otis berperan sebagai Sarmili, Ketua RT yang juga tunduk di bahwa dominasi istrinya, Sarmilla (diperankan oleh Aty Fathiyah). Tayang dengan durasi satu jam setiap episodenya, Sarmili dan kawan-kawan selalu sukses mengocok perut pemirsa lewat candaan-candaan mereka.

2. Jinny Oh Jinny


Jinny Oh Jinny
YouTube/MVP Hits

Salah satu sinetron lawas yang sempat populer di zamannya adalah "Jinny Oh Jinny". Sinetron besutan Multivision Plus ini ditayangkan dalam 226 episode yang mengudara mulai tahun 1997 hingga 2002. Sinetron ini dibintangi oleh Indra L. Bruggman sebagai Bagus dan Diana Pungky sebagai jin cantik yang menjadi teman Bagus.

Meski bukan pemeran tetap, namun penampilan Otis dalam sinetron ini dapat dilihat di episode "Pelaut Soto". Di episode ini, Otis berperan sebagai Pak Kumis yang berusaha mengelabui Jaka (Yusuf Surya) untuk mengajaknya naik kapal layar. "Pelaut Soto" merupakan episode ke-185 "Jinny oh Jinny".

3. Singgasana Brama Kumbara


Singgasana Brama Kumbara
IMDB

Sebelum namanya semakin terkenal berkat membintangi sitkom "Suami-Suami Takut Istri", debut Otis sebagai pemeran serial televisi dimulai dari "Singgasana Brama Kumbara". Sinetron ini tayang pada tahun 1995. "Singgasana Brama Kumbara" merupakan serial televisi yang mengangkat genre drama sejarah.

Sejumlah sinetron lain yang pernah dibintanginya juga termasuk "Hikmah" yang tayang selama tahun 2004. Di sini, ia memerankan Nasir. Selama hidupnya, Otis Pamutih telah membintangi belasan judul sinetron. Ia juga dikenal sebagai Haji Mabruk di "Aku Bukan Ustadz Reborn" yang tayang pada 2019.

4. Bajaj Bajuri


Bajaj Bajuri
Instagram/otispamutih_

Selain "Suami-Suami Takut Istri", wajah Otis Pamutih sangat dikenal oleh pemirsa layar kaca penggemar sinetron "Bajaj Bajuri". Tak tanggung-tanggung, sinetron ini tayang dalam tujuh musim dengan jumlah episode mencapai 1291. Sinetron ini dibintangi oleh Mat Solar dan Rieke Diah Pitaloka.

Di sitkom ini, Otis sempat berperan sebagai bintang tamu dalam salah satu episodenya. "Bajaj Bajuri" merupakan salah satu sitkom yang pernah sangat populer antara tahun 2002 hingga 2007. Sitkom yang diproduseri oleh Aris Nugraha ini telah menelurkan sejumlah acara terkait seperti "Bajaj Baru Bajuri" dan "Bajaj Bajuri the Movie".

5. Kecil-Kecil Jadi Manten


Kecil-Kecil Jadi Manten
YouTube/MVP Entertainment ID

Karya Otis Pamutih lainnya yang juga cukup dikenal publik adalah perannya sebagai Kakek Rohaye di sinetron "Kecil-Kecil Jadi Manten". Sinetron ini tayang pada tahun 2003 silam. Hingga kemudian dirilislah reborn dari sinetron ini pada tahun 2017 dengan judul "Kecil Kecil Mikir Jadi Manten".

Otis Pamutih menjadi satu-satunya pemain versi asli yang ikut bermain dalam versi reborn tersebut. Masih dengan peran yang sama, ia memerankan kakek Rohaye bernama Maruloh. Sinetron ini tayang dalam 174 episode dan dibintangi oleh Annette Edoarda, Anwar Sanjaya, Della Puspita, hingga Ali Zaenal.

6. Babe: Dari Leiden ke Bekasi


Babe: Dari Leiden ke Bekasi
YouTube/Trailer Things

Selain dikenal membintangi sinetron di layar kaca, Otis Pamutih juga menunjukkan kemampuannya di layar lebar Tanah Air. Selama kurun waktu tahun 2008 hingga 2019, ia telah membintangi empat judul film, salah satunya adalah "Babe: Dari Leiden ke Bekasi" yang tayang pada tahun 2019 silam.

Sementara itu, film lainnya yang pernah dibintanginya adalah "Suami-suami Takut Istri The Movie". Ini merupakan film perdana yang dibintangi oleh Otis Pamutih, sebelum kemudian melanjutkan karya filmnya di "Bulan di Atas Kuburan" yang tayang pada tahun 2015. Lalu ia juga berperan sebagai Bapak Rojali di "Humor Baper".

7. Para Pencari Tuhan


Para Pencari Tuhan
YouTube/Kinspira

Otis Pamutih juga dikenal lewat karyanya dalam sinetron populer "Para Pencari Tuhan". Sinetron ini tayang perdana pada September 2007 silam dan berlangsung sampai Mei 2022. Disutradarai oleh Deddy Mizwar, sinetron ini tayang khusus selama bulan suci Ramadan. Hingga kini, sudah ada 423 episode yang ditayangkan.

Di sinetron ini, Otis memerankan karakter figuran sebagai kepala preman selama Jilid Pertama tahun 2007. "Para Pencari Tuhan" ini sendiri tayang dalam 15 jilid. Sebagai informasi, "Para Pencari Tuhan" disebut oleh Majelis Ulama Indonesia sebagai rekomendasi untuk ditonton karena dianggap sesuai dengan nilai-nilai agama.

8. Ayu Anak Depok City


Ayu Anak Depok City
YouTube/MNCTV OFFICIAL

Selama tahun 2017, Otis Pamutih tak hanya berkarya lewat "Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten" namun juga "Ayu Anak Depok City", dan "3 Sempruuul Mengejar Surga 5". Dan yang tak kalah populer adalah perannya di "Jodoh Wasiat Bapak" sebagai Haji James. Di sinetron ini, penampilannya sebagai Haji James muncul dalam beberapa episode.

"Jodoh Wasiat Bapak" sendiri tayang dalam dua musim dengan 1042 episode. Sementara itu, di "Ayu Anak Depok City" Otis Pamutih memerankan karakter bernama Babe Somad. Di sinetron yang tayang di MNCTV ini, ia beradu akting dengan Ayu Ting Ting, Parvez Goman, dan (Miqdad Addausy.

9. Calon Bini


Calon Bini
YouTube/Framing Media

Sinetron "Calon Bini" yang tayang perdana sejak Mei 2011 lalu menjadi salah satu sinetron yang banyak ditonton oleh pemirsa di layar kaca. Terutama berkat chemistry yang sudah tidak diragukan lagi antara pasangan suami istri Vino G. Bastian dan Marsha Timothy. Di sinetron ini, Otis Pamutih memerankan ayah Nurlela yang bernama Rojak.

Ia mulai gundah lantaran putrinya tak kunjung mendapatkan jodoh. Usahanya untuk menjodohkan Nurlela yang tomboy dengan Jamal pun tak berjalan mulus. Ia justru menyukai Akbar (Vino), seorang pemuda yang cuek dan pasrah dengan keadaan. Sinetron ini tayang dengan durasi satu jam dengan 100 episode.

10. Bule Jadi Santri


Bule Jadi Santri
Instagram/otispamutih_

Nah, selain sinetron dan film, karya Otis Pamutih lainnya juga dapat dilihat dalam FTV. Ia masuk ke jajaran pemain "Bule Jadi Santri" yang tayang pada 2014 di MNCTV. Di sini, ia beradu akting dengan Anggika Bolsterli, Ria Irawan, dan Derry Drajat. Sinetron ini menceritakan kehidupan bule yang menjadi santri di sebuah pondok pesantren.

Perjalanannya untuk menuntut ilmu diwarnai oleh sedikit hubungan asmara dengan seorang gadis. Namun, hubungan mereka juga dihadapkan pada sejumlah masalah. Selain "Bule Jadi Santri", Otis juga pernah membintangi judul FTV lainnya seperti "Cermin Kehidupan: Bidadari Asyura" tahun 2016.

Nah, demikian tadi sederet karya Otis Pamutih yang telah menemani pemirsa layar kaca maupun layar lebar semasa hidupnya. Mana yang sudah kamu tonton?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru