Dari NCT Tokyo Hingga JYP LOUD, Intip Berbagai Proyek Grup Idol dari Agensi Besar di 2023
Musik

Di seluruh Korea, Jepang, Amerika serikat, dan Tiongkok, lebih dari sepuluh grup baru telah direncanakan untuk debut dari empat agensi besar yaitu SM, JYP, YG, dan HYBE. Tujuh di antaranya adalah boy grup.

WowKeren - Jika 2022 disebut sebagai tahunnya girl grup, 2023 digadang-gadang akan menjadi tahun di mana boy grup bersinar. Agensi-agensi hiburan terbesar seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, serta HYBE Labels juga tengah menggodok grup calon penerus generasi idol masa depan.

Menurut orang dalam di industri hiburan, agensi BIG 4 memiliki lebih banyak jadwal debut pendatang baru daripada sebelumnya. Di seluruh Korea, Jepang, Amerika serikat, dan Tiongkok, lebih dari sepuluh grup baru berencana untuk debut dari empat agensi besar, tujuh di antaranya adalah boy grup.

(wk/dewi)

1. SM Entertainment (NCT Tokyo, NCT Singapore, NCT Saudi, NCT Hollywood, New Boy Group)


SM Entertainment (NCT Tokyo, NCT Singapore, NCT Saudi, NCT Hollywood, New Boy Group)

SM Entertainmnet telah menyiapkan beberapa proyek baru untuk 2023. Dalam wawancaranya di "The CNBC Conversation" pada November 2022, pendiri SM Entertainment Lee Soo Man, mengatakan pihaknya merekrut dan menghasilkan bakat melalui sistem "Culture Technology" yang dia kembangkan, di mana calon penyanyi dan penari akan melewati empat tahap: casting, pelatihan, pemasaran/manajemen dan produksi.

Lee Soo Man menambahkan bahwa dia tertarik untuk membuat grup K-pop, NCT Singapore, jika ada kesempatan, tetapi tidak jelas apakah rencana tersebut sedang berjalan. Adapun rencana grup K-pop di masa depan, Lee Soo Man berencana untuk membuat grup atau subunit baru — NCT Saudi dan NCT Tokyo.

Terkait NCT Tokyo, penggemar meyakini bahwa membernya (atau setidaknya sebagian membernya) akan mencakup Sungchan dan Shotaro NCT serta tiga member SM ROOKIES yaitu Shohei,Eunseok, dan Seunghan. Jika mengikuti penamaan NCT 127 yang diambil dari letak Seoul di 127 derajat Bujur Timur, maka NCT Tokyo kemungkinan diberi nama NCT 139 atau NCT 140 mengingat kota Tokyo terletak di 139,8 derajat Bujur Timur.

Di sisi lain, menurut Research Center Report pada Juli 2022, SM Entertainment juga akan mendebutkan NCT Hollywood pada 2023. Menurut media Korea inews24 pada Juli 2022, agensi tersebut semula juga hendak mendebutkan boy grup baru di luar brand NCT pada akhir 2022, namun rencana ini nampaknya ditunda tahun depan. Dengan demikian, tiga proyek yang disiapkan MS untuk tahun depan adalah NCT Tokyo, NCT Hollywood, dan boy grup baru.

2. JYP Entertainment (LOUD, Project C, NiziU Boys Version, US Idol Group)


JYP Entertainment (LOUD, Project C, NiziU Boys Version, US Idol Group)

Pada Maret 2022, JYP Entertainment merilis laporan keuangan mereka dan juga mengungkapkan rencana mereka untuk tahun 2023. Dalam laporan tersebut, agensi yang merupakan salah satu perusahaan hiburan terkemuka di Korea Selatan ini mengungkapkan rincian grup yang akan mereka luncurkan di tahun mendatang.

Menurut laporan tersebut, JYP Entertainment berencana untuk mendebutkan satu boy grup Korea, satu boy grup Jepang, satu boy grup Tiongkok, dan satu boy grup Amerika pada tahun 2023. Dengan demikian, akan ada empat grup boy grup baru dari JYP tahun depan.

Sebelumnya ada rumor bahwa JYP Entertainment berencana untuk meluncurkan total empat grup idol baru melalui berbagai program, termasuk program audisi SBS "LOUD" pada tahun 2022 (yang kemudian ditunda hingga 2023). Sebelumnya dilaporkan bahwa agensi ini berencana untuk meluncurkan satu boy grup, grup idol Tiongkok Project C, dan akan meluncurkan NiziU versi cowok di Jepang dan grup di Amerika Serikat pada tahun 2022.

3. YG Entertainment (BABYMONSTER)


YG Entertainment (BABYMONSTER)

Pada 30 Desember 2022, YG Entertainment sukses menggemparkan dengan sederet laporan mengenai artis-artis di bawah naungan mereka. Agensi tersebut diketahui sudah dirumorkan akan segera mendebutkan grup idol wanita baru usai BLACKPINK sejak beberapa tahun terakhir. Grup idol wanita ini bahkan disebut-sebut akan memiliki nama BABYMONSTER.

Kini, YG Entertainment benar-benar memberikan konfirmasi resmi bahwa grup idol wanita baru akan segera debut tahun depan. Lewat teaser berjudul YG NEXT MOVEMENT, YG memperkenalkan girl grup baru mereka, BABYMONSTER.

Poster yang dirilis menunjukkan 7 siluet wanita yang dinilai mengindikasikan jumlah member debut di grup idol wanita baru ini. Hal ini berarti YG akhirnya melepaskan label selalu mendebutkan grup idol wanita dengan jumlah 4 orang. Sebelumnya, YG Entertainment diketahui mendebutkan 2NE1 dan BLACKPINK dengan jumlah member 4 orang saja.

4. HYBE Labels (&TEAM, Pledis New Boy Group, Girl Group 'I-LAND 2')


HYBE Labels (&TEAM, Pledis New Boy Group, Girl Group 'I-LAND 2')
HYBE Labels (&TEAM, Pledis New Boy Group, Girl Gro

Pada November 2022, HYBE Labels mengungkapkan daftar rencana mereka untuk 2023. Pertama, HYBE Labels Japan mendebutkan grup pertama mereka yang dibentuk melalui ajang kompetisi "&AUTIDION - The Howling, &TEAM", yang direncanakan untuk menjalani promosi di Jepang. Grup yang debut pada Desember 2022 ini sangat diantisipasi kiprahnya di 2023.

Sukses besar dengan SEVENTEEN Z(II), Pledis Entertainment kini bersiap mendebutkan boy grup barunya. Agensi yang juga menaungi fromis_9 tersebut digadang-gadang akan mendebutkan boy grup baru tahun ini.

Dengan demikian, ini akan menjadi boy grup pertama Pledis Entertainment setelah 7 tahun sejak mendebutkan SEVENTEEN pada 2015. Tiga tahun sebelumnya yakni pada 2012, agensi tersebut juga mendebutkan NU'EST. Ini cukup untuk membuat boy grup baru mereka menjadi salah satu yang ditunggu.

Selain itu, ajang survival "I-LAND 2" juga akan ditayangkan tahun ini dan menampilkan kompetisi dari peserta wanita untuk debut sebagai girl grup. Girl grup ini nantinya akan bernaung di bawah Belift Lab. Mengingat kesuksesan pendahulu mereka, ENHYPEN, antisipasi untuk girl grup jebolan "I-LAND 2" juga tak kalah besar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait