Filosofi Mendalam Kostum Phinisi Laksmi DeNeefe Suardana di Miss Universe 2022
Instagram/laksmideneefe
Selebriti

Laksmi tampil memukau dengan kostum kapal Phinisi di babak penjurian Miss Universe 2022. Akankah ia berhasil mengalahkan 86 finalis dari berbagai negara pada malam grand final, Sabtu (14/1) waktu Amerika?

WowKeren - Laksmi DeNeefe Suardana mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2022 yang digelar di New Orleans, Amerika Serikat. Ia pun telah menyelesaikan kompetisi preliminary atau tahap penjurian dengan tampil memesona mengenakan busana renang hingga kostum nasional kapal Phinisi.

Penampilan Laksmi saat berjalan di atas panggung dengan memakai kostum kapal Phinisi pun sempat dibagikan oleh akun Twitter resmi Miss Universe, Kamis (12/1). Dibalik kemegahan kostum tersebut, rupanya ada filosofi mendalam yang terkandung di dalamnya. Kostum ini memiliki nama "The Glory of Phinisi" atau Kemuliaan Phinisi.

Kostum yang dikenakan Putri Indonesia 2022 asal Bali itu terinspirasi dari semboyan para pelaut di Indonesia, yakni Jalesveva Jayamahe, Di Laut, Kita Menang. Di mana kostum tersebut sebagai penggambaran perjuangan para pelaut Indonesia, terutama orang Bugis yang dihormati sebagai pelaut dan ahli pembuat kapal.

"Sejak zaman kuno, mereka memainkan peran penting dalam perdagangan rempah-rempah dunia dan membantu membentuk surga budaya yang beragam, baik di laut maupun di darat," bunyi keterangan dalam akun Instagram @officialputeriindonesia.


Orang Bugis disebut sangat menganggap penting sebuah perdagangan. Salah satu yang menjadi ciri khas mereka adalah hal yang berhubungan dengan laut dan perdagangan. "Perdagangan dan perdagangan dianggap sangat penting dalam masyarakat mereka," sambungnya.

Selain kostum kapal Phinisi, Laksmi juga tampil menawan kala memakai gaun bertajuk air terjun. Filosofi gaun ini tak kalah indahnya dengan kostum kapal Phinisi sebelumnya. Kali ini, Laksmi membawa budaya Bali dalam gaun cantiknya.

"Gaun Air Terjun adalah simbol keindahan, kemurnian, dan energi air yang mempesona. Banyak air terjun dapat ditemukan di seluruh Bali dan air merupakan dasar agama Bali. Ini memberikan penyembuhan spiritual, pengetahuan dan kejelasan," ungkap akun Instagram @officialputeriindonesia.

Gaun itu tu terbuat dari kain berhias mewah dalam nuansa biru mutiara lembut dan abu-abu tiram dan jatuh ke tanah dalam pancaran cahaya yang berkilauan, seperti air terjun yang anggun. Dibuatnya gaun ini sebagai penghormatan kepada kekayaan alam Indonesia dan menjadi pengingat betapa pentingnya menjaga kelestarian air serta ekosistem alam.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait