Beda Budaya, Netflix Ubah Dialog Song Hye Kyo 'The Glory' di Terjemahan Inggris
Netflix
TV
Trending The Glory

Di negara-negara yang masyarakatnya akrab dengan budaya Buddha, dialog 'The Glory' dapat dengan mudah diterjemahkan. Namun sangat sulit untuk menafsirkannya dalam bahasa Inggris.

WowKeren - Pihak Netflix rupanya melakukan perjuangan khusus mengubah dialog dalam versi terjemahan Inggris "The Glory". Pasalnya ada beberapa dialog yang dipengaruhi budaya sehingga jika diterjemahkan secara langsung akan menyebabkan kebingungan bagi penonton.

Salah satunya pada adegan cekcok antara Moon Dong Eun (Song Hye Kyo) dan Lee Sa Ra (Kim Hieora) di gereja. Adegan itu baru-baru ini ramai menuai sorotan dari netizen karena Netflix menerjemahkan sangat berbeda dari dialog aslinya.

Dalam adegan itu, Lee Sa Ra dengan marah bertanya, "Terus kenapa? Kami bertemu lagi setelah tumbuh dewasa sehingga kamu akan melakukan semuanya untuk itu?" Moon Dong Eun menanggapinya berkata, "Hati-hati dengan kata-katamu, Sa Ra. Itu istilah Buddhis."

Dalam adegan ini, kata yang sebenarnya disebutkan Lee Sa Ra adalah "Yi-pan-sa-pan", sebuah istilah dalam agama Buddha yang berarti melakukan segalanya untuk sesuatu karena Anda tidak akan rugi. Namun Moon Dong Eun mengejek Lee Sa Ra yang beragama Kristen.


Beda Budaya, Netflix Ubah Dialog \'The Glory\' di Terjemahan Inggris

Source: Naver

Di negara-negara yang masyarakatnya akrab dengan aksara Tionghoa dan budaya Buddha, kata ini dapat dengan mudah diterjemahkan. Namun sangat sulit untuk menafsirkannya dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, Netflix menggunakan kata ganti lainnya.

Dialog "yi-pan-sa-pan" Lee Sa Ra diganti dengan kata kutukan dan menerjemahkan baris tersebut sebagai "Kamu tidak peduli karena kita semua sudah dewasa?" Jawaban Moon Dong Eun secara metaforis diungkapkan sebagai, "Kita berada di rumah Tuhan."

Netizen pun ramai meninggalkan komentar seperti, "Seperti 'Jjapaguri' di film 'Parasite'… Tidak mudah menerjemahkan kata-kata yang sulit dipahami karena perbedaan budaya" dan "Penerjemah pasti berpikir keras tentang bagian itu."

Sementara itu, "The Glory" baru ditayangkan bagian 1 dengan 8 episode saja dan masih belum diketahui akhir balas dendam Moon Dong Eun kepada para pembully. Netflix sudah memastikan bahwa "The Glory 2" akan dirilis pada 10 Maret mendatang.

(wk/amal)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait