Brave Girls Resmi Bubar, Begini 10 Perjuangan Panjangnya Jatuh Bangun Meniti Karier
Instagram
Selebriti

Brave Entertainment mengumumkan bahwa kontrak eksklusif dengan member Brave Girls telah berakhir pada Kamis (16/2). Sementara itu, grup ini melalui perjuangan yang tak mudah selama 11 tahun berkarya.

WowKeren - Industri hiburan Kpop sedang tidak baik-baik saja. Usai MOMOLAND diumumkan resmi bubar usai para member tidak memperpanjang kontrak dengan agensi. Hari ini, Kamis (16/2), Brave Girls juga mengumumkan disband. Seiring dengan berakhirnya aktivitas resmi mereka, Brave Girls akan merilis single digital "Goodbye" pada hari yang sama. Lagu itu merupakan penanda bahwa girl grup tersebut sudah bubar.

Sementara itu, Brave Girls merupakan girlband di bawah naungan Brave Brothers dan Brave Entertainment. Sejak pre debut, grup ini mencuri perhatian karena para membernya yang memiliki visual menawan dan menorehkan tinta emas.

Brave Girls debut pada tahun 2011 dengan formasi lima member. Grup ini juga telah melalui "bongkar pasang" member hingga berakhir dengan formasi yang sekarang. Perjuangan Brave Girls di dunia hiburan pun tak mudah selama 11 tahun berkarier. Simak berikut sederet potret perjuangan mereka meniti karier dari nol:

(wk/rosi)

1. Debut Formasi 5 Member


Debut Formasi 5 Member
Star Today

Debut di tahun 2011, Brave Girls memiliki lima member yakni Eunyoung, Seoah, Yejin, Yoojin, dan Hyeran. Grup ini debut lewat single "Do You Know?" dengan album "The Difference". Mereka kemudian melakukan penampilan debut mereka di KBS "Music Bank" dengan lagu promosi "So Sexy" dan "Do You Know".

2. Curi Perhatian Sejak Awal Karier


Curi Perhatian Sejak Awal Karier
Star Today

Di awal karier, Brave ternyata tak hanya disibukkan dengan kegiatan menyanyi namun juga sempat muncul sebagai cameo di drama. Grup ini sempat muncul di drama "Protect the Boss" dan "Mr. Idol" dengan "Chocolat". Pada 15 Desember 2011, Brave juga mendapat penghargaan Rookie of the Year dari Korea Culture Entertainment Awards. Bahkan Brave Girls tampil di acara KBS bertajuk "Let’s Go Dream Team!" sebagai tamu istimewa.

3. Formasi 7 Member


Formasi 7 Member
Brave Entertainment

Di tahun 2014, Brave Girls mengumumkan vakum hingga akhirnya aktif kembali di tahun 2016. Namun Brave Girls kembali dengan formasi baru yakni 7 member. Eunyoung, Seoah, dan Yejin memutuskan untuk keluar dan ada lima member baru yaitu Hayun, Minyoung, Yujeong, Eunji, serta Yuna. Grup ini pun resmi memulai formasi 7 member dengan anggota Yoojin, Hyeran, Hayun, Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna. Brave Girls merilis MV "High Heels" dan single "Yoo Hoo" di tahun 2016.

4. Hengkangnya Yoojin, Hyeran, dan Hayun


Hengkangnya Yoojin, Hyeran, dan Hayun

Secara mengejutkan, dua member asli Hyeran dan Yoojin juga memutuskan hengkang dari grup. Yoojin memutuskan untuk keluar dari grup setelah ia mendapatkan gelarnya di Teater dari Universitas Chung-Ang. Sementara itu, Hyeran hiatus karena masalah kesehatan. Yoojin dan Hyeran kemudian dikonfirmasi hengkang dari Brave Girls. Kelima member yang tersisa melanjutkan aktivitas promosi grup. Namun di tahun 2018, agensi mengumumkan bahwa Hayun juga cuti dari grup karena masalah kesehatan hingga akhirnya juga hengkang dari Brave Girls.

5. Comeback dengan Formasi 4


Comeback dengan Formasi 4
Instagram/bravegirls.official

Pada tahun 2018,grup ini merilis "Rollin'" versi aransemen ulang dari single dengan nama yang sama yang dirilis pada tahun 2017 sebagai hadiah dari penggemar. Agensi mengumumkan bahwa Brave Girls berpromosi sebagai 4 member yakni Minyoung, Yujeong, Eunji dan Yuna. Di tahun 2020, Brave Girls comeback dengan single digital bertajuk keenam "We Ride". Mereka terus berkarya dengan formasi 4 member.

6. Viralnya Lagu 'Rollin'


Viralnya Lagu 'Rollin'
Instagram/bravegirls.official

Pada Februari 2021, video kompilasi Brave Girls membawakan "Rollin'" menjadi viral di YouTube. Alhasil, "Rollin" mendapatkan lonjakan popularitas dan naik ke puncak tangga lagu real-time. Bahkan lagu tersebut sempat mengalahkan streaming lagu di tangga chart "Celebrity" IU. Tak sampai di sana, "Rollin" juga mencapai perfect all-kill (PAK) pertamanya setelah memuncaki chart harian dan real time. Lagu ini sendiri sebenarnya lagu lama yang dirilis pada tahun 2017 dan agensi gercep mempromosikan Brave Girls di acara musik TV. Grup ini pun mendapatkan piala pertama mereka usai 10 tahun berkarier di "Inkigayo".

7. Sempat Hampir Bubar


Sempat Hampir Bubar
Instagram/bravegirls.official

Perjalanan karier Brave Girls di dunia hiburan tak mudah. Karena kurang populer, grup terancam akan bubar. Yujeong mengungkapkan bahwa sebelum lagu "Rollin" menjadi viral, grup hampir dibubarkan karena ia dan Yuna telah pindah dari dorm. Para member juga mendapat ujaran kebencian dari haters. Yujeong bahkan sempat mendapat komentar jahat dan ancaman pembunuhan karena berat badannya. Hal ini diungkapkan olehnya ketika tampil dalam episode 14 Mei dari variety show KBS "Diet".

8. Deretan Prestasi


Deretan Prestasi
Instagram/bravegirls.official

Selama meniti karier di dunia hiburan, Brave Girls juga memenangkan serangkaian penghargaan. Grup ini meraih kemenangan atas Hot Trend Award dan Best Artist Award kategori Singer dari Asia Artist Awards 2021. Di tahun 2021 bertepatan dengan viralnya lagu "Rollin", Brave Girls mengantongi banyak penghargaan seperti Popular Star Award, Hot Icon, CF Star of the Year, Artist of the Year (Bonsang), Female Popularity Award dan masih banyak lagi lainnya.

9. Umumkan Gelar Tur Amerika Serikat


Umumkan Gelar Tur Amerika Serikat
Instagram/bravegirls.official

Salah satu lagu Brave Girls yang juga gak kalah viralnya adalah "Chi Mat Ba Ram" yang merupakan bagian dari EP "Summer Queen". Brave Girls juga terus mengeluarkan banyak karya bahkan diumumkan menggelar tur di Amerika Serikat pada Juli 2022. Brave Girls sempat merilis single baru yang menginterpretasikan ulang Brown Eyed Girls yang bertajuk "How Come".

10. Resmi Umumkan Bubar


Resmi Umumkan Bubar
Instagram/bravegirls.official

Pada 15 Februari 2023, terungkap bahwa Brave Girls berencana merilis lagu baru "Goodbye", yang menimbulkan spekulasi bahwa grup tersebut berniat bubar setelah kontrak mereka berakhir. Pada hari yang sama, kemudian dikonfirmasi oleh Brave Entertainment bahwa grup tersebut akan dibubarkan setelah keempat anggotanya memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan perusahaan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru