Kenal Dekat: Putri Marino, Aktris Serba Bisa yang Langsung Gaet Piala Citra dari Film Perdananya
Instagram/putrimarino
Selebriti

Intip perjalanan panjang Putri Marino di dunia hiburan Indonesia, mulai dari menjadi presenter acara travelling hingga sukses sebagai aktris papan atas yang telah memenangkan dua Piala Citra!

WowKeren - Putri Marino dikenal sebagai salah satu aktris cantik dan serba bisa di Indonesia. Akting aktris berdarah Bali-Italia ini tak perlu diragukan lagi, karena ia berhasil memenangkan penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik dari ajang Festival Film Indonesia lewat film debutnya yang berjudul "Posesif". Putri menjadi aktris kedua dalam sejarah perfilman Indonesia yang memenangkan Piala Citra tersebut untuk film perdananya, setelah Christine Hakim pada tahun 1974 untuk film "Cinta Pertama".

Meski kini telah menjadi aktris tenar yang memenangkan dua Piala Citra, Putri harus melewati jalan panjang sebelum bisa terjun ke dunia akting. Ia mengaku sudah bolak-balik ikut casting film sebelum membintangi "Posesif". Sayangnya, Putri kerap mendapat penolakan karena alasan logat Bali hingga jumlah followers yang sedikit. Meski kerap ditolak, Putri pantang menyerah dan terus berusaha untuk berkarya di dunia akting.


Tak hanya berakting di film, Putri juga membintangi sejumlah web series. Salah satu web series Putri yang paling banyak disorot adalah "Layangan Putus" yang mengisahkan tentang seorang istri korban perselingkuhan. Salah satu adegan emosional Putri di "Layangan Putus" bahkan sempat viral di media sosial.

Selain karya dan prestasinya di dunia akting, kehidupan pribadi Putri juga menuai perhatian. Putri diketahui telah menikah dengan aktor tampan Chico Jericho pada 2018 dan dikaruniai seorang putri bernama Surinala Carolina Jarumilind. Meski demikian, rumah tangga Putri dan Chicco sempat diterpa sejumlah kabar tak sedap.

Ingin tahu rumor apa yang menimpa rumah tangga Putri dan Chicco? Penasaran dengan perjalanan Putri di dunia akting? Cari tahu jawabannya lewat profil dan riwayat hidup Putri Marino berikut ini ya!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Instagram/putrimarino

Nama Selebriti: Putri Marino

Nama Asli: Ni Luh Dharma Putri Marino

Tanggal Lahir: 4 Agustus 1993

Tempat Lahir: Denpasar, Bali

Tinggi Badan: 173 cm

Gender: Wanita

Zodiak: Leo

Agensi: KITE Entertainment

Kewarganegaraan: Indonesia

Pekerjaan: Aktris

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Hitam

Nama Ayah: Francesco Marino

Nama Ibu: Marianna Rupadmi

Nama Saudara:

  1. Selly Ambar Marino (Adik)
  2. Sitha Marino (Adik)

Pendidikan:

  1. Universitas Mercu Buana

Nama Suami: Chicco Jerikho

Nama Anak:

  1. Surinala Carolina Jarumilind

Terkenal sejak: Menjadi presenter “My Trip My Adventure” (2013)

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: putrimarino

2. Hasil Karya


Hasil Karya
Instagram/putrimarino

Film

  1. Posesif” sebagai Lala Anindhita (2017)
  2. Mau Jadi Apa?” sebagai Putri (2017)
  3. Jelita Sejuba: Mencintai Kesatria Negara” sebagai Syarifah (2018)
  4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” sebagai Lembayung muda (2018)
  5. Menunggu Pagi” sebagai Nina (2018)
  6. Terima Kasih Cinta” sebagai Eva Meliana Santi (2019)
  7. Losmen Bu Broto” sebagai Jeng Pur (2021)
  8. One Nigt Stand” sebagai Lea (2021)
  9. Cinta Pertama, Kedua & Ketiga” sebagai Asia (2022)
  10. The Big 4” sebagai Dina (2022)

Web Series

  1. Axelerate the Series” sebagai Putri (2016)
  2. Layangan Putus” sebagai Kinan Aripurnami (2021)
  3. Gadis Kretek” sebagai Arum (2023)

Acara Televisi

  1. My Trip My Adventure” sebagai pembawa acara (2013)

Buku

  1. ”Poem PM” (2019)

3. Penghargaan


Penghargaan
Instagram/putrimarino

Festival Film Bandung

  1. 2018: Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop (nominasi)
  2. 2022: Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop, Pemeran Utama Wanita Terpuji Serial Web

Festival Film Indonesia

  1. 2017: Pemeran Utama Wanita Terbaik
  2. 2022: Pemeran Pendukung Wanita Terbaik

Festival Film Tempo

  1. 2017: Aktris Utama Pilihan (nominasi)
  2. 2021: Aktris Pendukung Pilihan

Festival Film Wartawan Indonesia

  1. 2022: Aktris Utama Terbaik - Genre Film Drama (nominasi)

Indonesian Movie Actors Awards

  1. 2018: Pendatang Baru Terbaik, Pendatang Baru Terfavorit (nominasi), Pemeran Utama Wanita Terbaik (nominasi), Pemeran Utama Wanita Terfavorit (nominasi)
  2. 2022: Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terfavorit (nominasi), Pemeran Utama Wanita Terbaik (nominasi), Pemeran Utama Wanita Terfavorit (nominasi)

Piala Maya

  1. 2017: Aktris Pendatang Baru Terpilih
  2. 2022: Aktris Pendukung Terpilih, Aktris Utama Terpilih (nominasi)

4. Trivia


Trivia
Instagram/putrimarino
  1. Pernah jadi fashion designer sebelum mendalami dunia akting
  2. Kakak dari aktris muda Sitha Marino
  3. Sempat ditolak saat casting film karena jumlah followers medsos masih sedikit
  4. Memiliki hobi fotografi karena tertular Adipati Dolken
  5. Penggemar Chicco Jerikho sejak jaman SMP dan kini sukses jadi istri
  6. Sengaja tak mau adu akting dengan Chicco sang suami karena takut kikuk
  7. Sukses turunkan berat badan hingga 10 kg pasca melahirkan lewat senam Zumba
  8. Hobi menulis puisi dan membagikannya ke media sosial
  9. Puisi karya Putri sudah diterbitkan dalam buku “Poem PM”
  10. Ngaku tak mau terbitkan buku lagi karena pernah dihujat netizen sok romantis
  11. Aktris kedua setelah Christine Hakim yang memenangkan Piala Citra tersebut untuk film perdananya
  12. Latihan fisik hampir 3 bulan demi perannya di film “The Big 4”
  13. Belum tertarik bintangi film horor kecuali garapan Joko Anwar
  14. Ditunjuk menjadi Duta Festival Film Indonesia 2023
  15. Jadi wakil Indonesia di Festival Film Cannes 2023 bersama Cinta Laura

5. Riwayat Hidup


Riwayat Hidup
Instagram/putrimarino

Ni Luh Dharma Putri Marino atau yang lebih dikenal sebagai Putri Marino lahir di Denpasar, Bali, pada 4 Agustus 1993. Ia merupakan putri sulung dari tiga bersaudara. Ayah Putri adalah seorang pria asal Italia bernama Francesco Marino, sedangkan ibunya yang bernama Marianna Rupadmi berasal dari Bali.

Sebelum terjun ke dunia hiburan, Putri bekerja sebagai seorang fashion designer di Bali. Namun suatu hari, Putri berpikir ingin mencoba hal baru sehingga ia nekat ikut casting di Jakarta.

”Dua tahun lalu masih di Bali sebagai fashion designer, tiap hari kerjaannya nge-design baju. Terus ketemu sama suplier kain,” terang Putri pada 2017 lalu. “Aku pengen belajar hal baru, aku pengen keluar dari zona nyamanku. Ya udah berangkat dari situ ya udah deh coba berangkat ke Jakarta buat casting, kebetulan ada temen aku yang yang udah terjun ke dunia hosting presenter.”

Putri kemudian dipercaya menjadi pembawa acara “My Trip My Adventure” sejak 2013. Selain itu, ia juga sempat ikut casting beberapa judul film namun kerap gagal. Salah satu alasannya adalah karena Putri memiliki logat Bali yang kental. Selain itu, Putri juga pernah ditolak gegara jumlah followers-nya di media sosial masih sedikit.

”Aku tuh sebenarnya sebelum ‘Posesif’ udah sering banget casting, Ko. Casting film. Banyak banget, sering banget, dan enggak pernah dapet,” ungkap Putri di hadapan Ernest Prakasa. “Casting, terus yang mereka bilang kayak, ‘Putri logatnya Bali banget ya’.”

Pada akhirnya, Putri berhasil mendapatkan peran di “Posesif”. Tak tanggung-tanggung, Putri langsung mendapat peran utama di film pertamanya dan beradu akting dengan Adipati Dolken. Lucunya, Putri sendiri tidak mengetahui dirinya akan memerankan karakter utama di film tersebut saat pertama kali casting.

”Jadi lu dengan lugunya ikutan casting, lu enggak tahu kalau Lala itu adalah sentral filmnya? Lu enggak tahu?” tanya Ernest. “Enggak tahu. Datang, casting, diterima, oh ya udah oke. Waktu baca (naskah), kok Lala-nya banyak ya?” sahut Putri.

Meski baru pertama kali main film lewat “Posesif”, Putri langsung menyabet penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik dari Festival Film Indonesia 2017. Ia meraih Piala Citra mengalahkan Dian Sastro hingga Adinia Wirasti.

Nama Putri semakin banyak dikenal usai membintangi “Posesif” hingga kebanjiran tawaran main film. Ia mulai fokus ke dunia akting dan membintangi film berbagai genre, mulai dari “Jelita Sejuba: Mencintai Kesatria Negara” yang bergenre drama hingga film sejarah “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta”.

Pada 2021, Putri kembali mencuri perhatian lewat aktingnya di web series “Layangan Putus”. Web series tersebut diangkat dari curhatan viral di media sosial yang juga diadaptasi menjadi novel berjudul sama. Putri berperan sebagai Kinan, seorang istri yang diselingkuhi oleh suaminya. Salah satu adegan “Layangan Putus” dimana Putri meluapkan emosinya pada Aris sang suami (diperankan Reza Rahadian) sempat viral di media sosial.

Putri mengaku ucapannya dalam adegan viral tersebut merupakan salah satu improvisasinya sebagai aktris. “Jadi sebenernya kata-kata ‘It’s my dream, not her, penthouse’ itu juga enggak ada di script. Memang banyak yang tiba-tiba keluar gitu saja karena ngeliat mukanya Mas Aris,” beber Putri.

Berkat “Layangan Putus”, Putri diganjar penghargaan Pemeran Utama Wanita Terpuji Serial Web dari Festival Film Bandung 2022. “Layangan Putus” sendiri memenangkan penghargaan internasional The Special Award for Foreign Drama dari Tokyo Drama Awards 2022.

Sukses dengan “Layangan Putus”, Putri menantang diri dengan membintangi film laga pertamanya lewat “The Big 4”. Dalam film yang rilis di Netflix pada 2022 itu, Putri berperan sebagai seorang polisi wanita alias polwan bernama Dina. Untuk memerankan karakter Dina, Putri harus latihan fisik berbulan-bulan serta belajar untuk memegang senjata.

”Lebih ke belajar nembak. Postur badan polisi seperti apa. Dan memang benar di film manapun belum pernah megang pistol atau senjata apapun. Di sini pertama kali,” terang Putri.

Selain mendalami dunia akting, Putri juga pernah menulis buku. Ia merilis buku “Poem PM” yang berisi kumpulan puisi yang ditulisnya pada 2019 lalu. “ Buku ini adalah sebuah perjalanan untuk menemukan damai...dan selama proses menulis buku ini, aku sadar....bahwa sebenarnya perdamaian paling susah di semesta ini adalah perdamaian dengan diri sendiri... " #bukupoempm,” jelas Putri soal buku puisinya.

Dari sisi kehidupan pribadi, Putri merupakan salah satu selebriti yang sangat menjaga privasinya. Meski begitu, ia dikabarkan sempat menjalin hubungan asmara dengan sesama presenter “My Trip My Adventure” yang bernama David John Schaap. Hal ini terungkap ketika David menjadi bintang tamu di program “Ngopi Dara”.

Ketika Jessica Iskandar selaku host bertanya apakah mereka terlibat cinlok (cinta lokasi), David pun membantah. “Enggak, udah lama, dari sebelum dia terkenal juga udah (pacaran),” tutur David. Namun David enggan memberi keterangan lebih lanjut soal hubungannya dengan Putri. Ia justru mendoakan Putri membangun keluarga bahagia bersama suaminya.

Sementara itu, Putri kini telah membangun rumah tangga bersama Chicco Jerikho selama 5 tahun. Kabar pernikahan Putri dan Chicco sempat mengejutkan banyak pihak karena mereka berdua hanya pacaran selama tiga bulan. Menurut Chicco, perkenalannya dengan Putri berawal dari bangku kosong di sebuah premiere film. Chicco yang melihat kursi sebelah Putri kosong saat itu langsung menghampiri dan mengajaknya mengobrol. Selama acara, Chicco merasa nyambung ngobrol dengan Putri soal film.

”Gimana ya, kayak nemu yang pas saja. Pertama kali ketemu itu pas premiere film terus akhirnya ngobrol, diajak ngobrol enak, pas diajak jalan enak, chemistry-nya nyambung,” terang Chicco. Akhirnya, Chicco memberanikan diri untuk melamar Putri meski hubungan mereka baru seumur jagung.

Putri sendiri mengaku mantap menerima lamaran Chicco karena merasa sang aktor merupakan sosok lelaki yang dicarinya selama ini. “Menurut aku, Chicco itu sosok laki-laki yang memang sangat bertanggung jawab. Memang sosok laki-laki yang seperti ini yang dicari selama ini,” jelas Putri.

Keduanya kemudian menggelar upacara pernikahan tertutup di sebuah hotel di Nusa Dua, Bali, pada 3 Maret 2018. Setelah itu, Putri melahirkan anak pertama mereka yang diberi nama Surinala Carolina Jarumilind pada 24 September 2018. Sayangnya, Putri sempat dibanjiri komentar nyinyir netizen terkait kelahiran sang buah hati.

Sejumlah netizen menilai persalinan Putri terlalu cepat, hanya 6 bulan setelah ia menikah. Akibatnya, muncul gosip Putri hamil duluan sebelum menikahi Chicco. Meski begitu, Chicco tak ambil pusing soal gosip tersebut. “Kita enggak mau bicara lebih panjang lagi (soal gosip kehamilan Putri Marino),” ujar Chicco pada awak media.

Selain soal usia kehamilan, rumah tangga Putri dan Chicco juga sempat diterpa gosip miring. Pasangan aktor itu diisukan cerai hanya karena jarang mengumbar kemesraan di media sosial. Putri sendiri sudah angkat bicara dan membantah isu tersebut. Ia menjelaskan alasannya jarang mengunggah momen bersama suaminya di media sosial.

”Karena enggak sering posting foto bareng (digosipin renggang)? Aku dan Chicco bukan tipe yang harus posting foto bareng tiap jam atau tiap hari, itu enggak (harus),” tegas Putri pada Januari 2023 lalu.

Putri memastikan bahwa hubungannya dengan Chicco baik-baik saja meski jarang terlihat bersama di media sosial. Ia dan Chicco bahkan menertawakan isu miring tersebut. “Kadang suka ketawa-ketawa sendiri, ini kita diisuin kayak begini gara-gara enggak pernah posting foto bareng,” kata Putri.

Terlepas dari gosip dan isu miring yang pernah menimpa rumah tangganya, Putri terus memberikan dukungan pada suami dalam kegiatan positif. Salah satunya, saat Chicco menggalang dana untuk membangun rumah singgah di Denpasar dengan ikut lari New York Marathon pada 2019 lalu.

"Kalau ikut sih pasti ikut buat support suami juga. Ini kan kalau aku lihat sih mulia banget sih ya, berlari untuk berbagi ke orang. Berlari bukan untuk diri sendiri, tapi berlari untuk membangun rumah singgah di Bali," papar Putri. "Jadi benar-benar support banget sih, karena pasti lari untuk berbagi ini lebih berat ya dibandingkan lari buat diri sendiri."

Kini, Putri diketahui tengah sibuk mempersiapkan web series terbarunya yang berjudul "Gadis Kretek". Serial yang akan tayang di Netflix ini turut dibintangi oleh Dian Sastro, Ario Bayu, hingga Arya Saloka dan dijadwalkan tayang tahun ini. Jika kamu ingin tahu lebih banyak soal Putri Marino, cari tahu kabar terbarunya dalam laman profil berikut ini!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait