Adinia Wirasti Profile
Adinia Wirasti Profile Photo

Adinia Wirasti

Profesi
Aktris, model
Tgl Lahir
Jan 19, 1987
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Aktris, model
Populer
Berperan sebagai Carmen dalam film "Ada Apa dengan Cinta?" (2002)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Tinggi Badan
176
Kewarganegaraan
Indonesia
Saudara
Sara Wijayanto (model/penyanyi, kakak perempuan), Wisnu Hardana (kakak laki-laki)
Populer Sejak
Berperan sebagai Carmen dalam film "Ada Apa dengan Cinta?" (2002)

Adinia Wirasti mengawali karirnya di dunia modelling. Sejak kecil, aktris yang akrab disapa Asti ini memang terkenal tomboy. Oleh karena itu sang Ayah memasukkannya ke sekolah modelling.

Karirnya bermula saat mendapat tawaran "Ada Apa Dengan Cinta?" (AADC) di 2002. Ia mendapat peran sebagai Carmen dan beradu akting dengan Dian Sastro, Titi Kamal, Ladya Cheryl dan Sissy Priscillia.

Sukses dengan AADC, Asti kemudian mendapat peran dalam film "Tentang Dia" (2005). Dalam film besutan Rudy Soedjarwo ini, Asti memerankan sosok Rudi yang tomboy dan tertutup. Berkat film ini Asti berhasil meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2005.

Asti semakin mantap terjun ke dunia layar lebar dengan membintangi sejumlah film seperti "Dunia Mereka" dan "Ruang" pada 2006. Setahun kemudian aktris penggemar seni wayang ini didapuk oleh Riri Riza untuk menjadi pemeran utama dalam film "3 Hari Untuk Selamanya" bersama Nicholas Saputra.

Setelah itu, Asti vakum dari dunia layar lebar. Namun ia menampik meninggalkan dunia akting yang telah membesarkan namanya tersebut. Ia tetap menekuni seni peran dengan terlibat dalam beberapa Film Televisi (FTV) dan menjadi model video klip lagu Titi DJ, "Tak Ada Ujungnya".

Setelah vakum hampir selama 4 tahun, Asti kembali ke dunia layar lebar. Tak tanggung-tanggung ia langsung bermain dalam dua film yakni "Jakarta Maghrib" dan "Arisan! 2" pada 2011. Berkat film "Jakarta Maghrib", Asti meraih Piala Indonesia Movie Awards 2012 kategori Pasangan Terbaik bersama Reza Rahardian.

Asti meraih puncak popularitasnya dengan menyabet penghargaan tertinggi Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik 2013 lewat film "Laura & Marsha". Dalam film garapan Inno Maleo ini, Asti beradu akting Prisia Nasution untuk memerankan 2 sahabat yang sedang terlibat konflik.

"Ini perjalanan yang cukup panjang dari "AADC", akhirnya bisa dapet lagi Piala Citra," sahut Asti, 7 Desember 2013. "Jadi aku sama sekali nggak nyangka."