Rasa Gatal, Nyeri dan Muncul Sensasi Terbakar Pada Bekas Gigitan
Pexels
Health

Marak lagi kasus kematian karena gigitan hewan rabies. Yuk, cari tahu beberapa gejala yang biasa muncul ketika manusia terjangkit virus rabies agar tak terlambat ditangani.

WowKeren - Perhatikan pula bekas luka gigitan pada tubuh Anda. Jika luka bekas gigitan terasa gatal, panas dan nyeri kemungkinan besar Anda tertular virus dari hewan rabies. Itu mengapa, para dokter biasanya menyarankan agar luka dibasuh dengan air bersih kemudian dicuci dengan sabun.

Setelah membasuh bersih luka, segera pergi ke dokter. Mereka biasanya akan segera memberi Anda suntikan vaksinasi rabies. Beberapa rumah sakit juga akan memberi antibodi pada luka jika Anda belum pernah divaksin sebelumnya.

Usai gejala awal muncul, efek virus rabies akan berlanjut. Di tahap ini gejala akan berkembang menjadi parah. Gejala lanjutan rabies biasanya digolongkan menjadi dua bagian yakni tipe agresif dan paralatik. Di tahap paralatik virus sudah mulai merusak otak dan sumsum tulang belakang yang kemudian bisa menyebabkan kematian mendadak.

CDC mengklaim gejala lanjutan ini terjadi 2 sampai 10 hari. Gejala ini bisa berakibat fatal jika tak ditangani dengan tepat. Pasalnya, di tahap ini, pasien memerlukan perawatan serius. "Periode akut penyakit biasanya berakhir setelah 2 sampai 10 hari. Begitu tanda-tanda klinis rabies muncul, penyakit ini hampir selalu berakibat fatal dan pengobatan biasanya bersifat suportif," kata pakar dari CDC.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait