Lee Do Hyun Gabung Angkatan Udara, 11 Seleb Pria Ini Justru Dibebaskan Wamil Karena Alasan Tertentu
Instagram/____kimwoobin/chaejh_
Selebriti

Wamil wajib dilakukan untuk pria Korea Selatan tak terkecuali selebriti. Namun mereka dapat dibebaskan dengan beberapa alasan, mulai ari masalah kesehatan, ekonomi hingga kelebihan berat badan.

WowKeren - Lee Do Hyun akan segera menjalani wajib militer atau wamilnya pada 14 Agustus mendatang yang juga dibenarkan oleh. Yuehua Entertainment selaku agensi. Bahkan pacar Lim Ji Yeon ini membawa kabar bahagia akan bergabung dengan Republic of Korea Air Force (ROKAF) atau Angkatan Udara Korea, salah satu bidang yang sangat jarang dimasuki oleh selebriti Korea. Sebelum Do Hyun, tercatat ada Jo In Sung dan Yoo Yeon Seok yang pernah bergabung dalam bidang ini.

Diketahui, wamil wajib dilakukan untuk pria Korea Selatan dengan patokan usia 18-28 tahun. Lama waktu menjalani wamil sekitar 2 tahun lamanya Hal tersebut juga bergantung pada posisi penempatan yang dibedakan pada angkatan darat, laut atau udara.

Dikatakan program wamil ini sudah digalakkan oleh Korea Selatan sejak tahun 1957 lalu. Semua pria di negeri Ginseng itu diwajibkan ikut wamil sehingga para aktor maupun idol tak terkecuali. Akan tetapi akan ada kondisi tertentu yang membuat mereka dibebaskan wamil. Masalah fisik hingga prestasi menjadi salah satu alasan para selebriti pria berikut ini dibebaskan dari kewajiban mereka. Simak siapa saja:

(wk/rosi)

1. Chae Jong Hyeop


Chae Jong Hyeop
Instagram/chaejh_

Aktor Chae Jong Hyeop telah dibebastugaskan dari wamil karena menderita epilepsi. Ia sempat pingsan kala berada di Afrika Selatan hingga dilarikan ke UGD kala usianya 20 tahun. Jong Hyeop kemudian menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan masuk kategori kelas 4 atau masuk layanan tambahan. Namun setelah menjalani pemeriksaan kembali 4 tahun setelahnya, Jong Hyeop malah masuk ke kelas 5 hingga akhirnya dibebaskan dari wamil sebagai tentara aktif.

2. Jo Jung Suk


Jo Jung Suk
JS Company

Jo Jung Suk dibebaskan dari wamil karena masalah ekonomi di mana ia merupakan kepala keluarga. Ayahnya meninggal sejak tahun 2000 silam saat dirinya masih muda. Jung Suk menjadi tulang punggung keluarga menafkahi ibunya. Menurut laporan yang beredar, suami Gummy itu dulu keluar dari universitas dan memasuki industri akting untuk mendapatkan lebih banyak uang.

3. Jung Woo Sung


Jung Woo Sung
Instagram/tojws

Calon peserta pelatihan harus memenuhi persyaratan akademik untuk mengikuti wajib militer, sayangnya Jung Woo Sung tidak memilikinya kala itu. Dikatakan bahwa, pria harus memiliki ijazah sekolah menengah untuk mendaftar wajib militer hingga tahun 2020. Woo Sung yang tumbuh dalam keadaan sulit dan akhirnya putus sekolah sehingga ia gak punya ijazah yang diperlukan. Kini usianya sudah menginjak setengah abad dan peraturannya telah dicabut.

4. Yoo Ah In


Yoo Ah In
Instagram/hongsick

Yoo Ah In dibebaskan dari wajib militer karena masalah kesehatan. Kabarnya, bestie Song Hye Kyo ini didiagnosis menderita tumor tulang pada 2015. Ia juga mengalami cedera otot bahu saat syuting dua film laga "Tough as Iron" dan "Venetian" masing-masing pada 2013 dan 2015. Dituding sengaja menunda wamil hingga usia 31 tahun agar bisa dibebaskan, agensi pun buka suara memastikan bahwa karena masalah kesehatan yang membuat Ah In gak bisa berangkat.

5. Simon Dominic


Simon Dominic
Instagram/simondominic_

Pelatihan militer membutuhkan penglihatan yang baik. Alhasil Simon Dominic (Simon D) yang punya cedera pada mata kiri dibebaskan wamil. Rapper dibawah naungan AOMG itu ternyata sempat mengalami kecelakaan saat kecil yang mana berdampak pada penglihatannya. Retina mata kiri Simon mengalami kerusakan yang bahkan hampir membuatnya kehilangan penglihatan sebelah.

6. Park Hae Jin


Park Hae Jin
OSEN

Park Hae Jin terhindar dari memenuhi tugas militer dua tahun pada tahun 2004. Pengacara sang aktor mengatakan pada tahun 2010 bahwa ia menerima pembebasan karena perjuangannya dengan depresi dan fobia sosial. Dalam sebuah wawancara, Hae Jin mengungkapkan dirinya menderita depresi sejak masih muda dan terus rawat jalan. 

7. Kim Woo Bin


Kim Woo Bin
Instagram/____kimwoobin

Seperti yang diketahui, pada sekitar pertengahan tahun 2017 yang lalu, Kim Woo Bin didiagnosa menderita kanker nasofaring. Pacar Shin Min A ini pun dibebaskan dari tugas wamil karena hasil tes kesehatannya berada pada grade 6 yang menunjukkan bahwa yang terkait dibebaskan dari wamil karena sebuah penyakit, atau ketidakmampuan mental dan/atau fisik. Aktor "Black Night" ini bahkan lama vakum di dunia entertainment demi fokus menjalani pengobatan.

8. Seo In Guk


Seo In Guk
Instagram/seo_cccc

Seo In Guk awalnya mendaftar wajib militer pada Maret 2017. Namun gak lama kemudian, ia dibebaskan dari wajib militer karena cedera pergelangan kaki yang parah. Terungkap bahwa aktor "Doom at Your Service" ini menderita Osteochondritis dissecans, yang merupakan kondisi sendi. Alhasil In Guk menerima peringkat kesehatan tingkat 5, yang membuatnya dibebaskan dari militer.

9. Son Heung Min


Son Heung Min
Instagram/hm_son7

Son Heung Min adalah salah satu pesohor terkenal karena prestasinya, Di Asian Games 2018, Korea Selatan memenangkan medali emas di sepak bola putra, yang mana Heung Min masuk di dalamnya. Wajib militer dibebaskan dari atlet yang memenangkan medali emas di Asian Games, pesepakbola tampan itu gak harus pergi bertugas di militer.

10. Kang Ho Dong


Kang Ho Dong

Berat badan ternyata juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang terkecualikan wamil. Sebut saja MC Kang Ho Dong yang pernah menjadi pegulat sehingga punya berat badan yang berlebih. Ho Dong memiliki berat sekitar 130 kilogram, sehingga ia harus menyerah untuk bertugas di militer.

11. Woo Hyun


Woo Hyun

Aktor senior Woo Hyun memiliki reputasi yang baik di kalangan masyarakat Korea Selatan. Bintang drama "Sweet Home" ini pernah menerima hukuman penjara saat berpartisipasi dalam Gerakan Demokrasi Gwangju yang merupakan peristiwa berdarah di negara tersebut. Hingga saat ini, ia masih dihormati oleh penonton Korea sebagai “Orang Suci” karena kontribusinya yang besar bagi negara.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait