Ramai Fenomena Artis Jualan di TikTok, Melaney Ricardo: Gue Cari Makan dengan Ngomong
Instagram/melaney_ricardo
Selebriti

Belakangan ini para selebriti Tanah Air getol berjualan secara live streaming di TikTok hingga e-commerce. Fenomena ini pun disebut-sebut membuat pasar tradisional sepi pembeli.

WowKeren - Para selebriti Tanah Air belakangan ini kerap melakukan jualan secara live streaming lewat TikTok hingga e-commerce. Berbagai benda mulai dari ponsel, baju, skincare hingga sembako dijual oleh mereka. Imbas aksi para selebriti ini pun kabarnya membuat pasar-pasar menjadi sepi pembeli.

Fenomena artis jualan live tak ayal menjadi perbincangan publik. Kasus tersebut bahkan menjadi sorotan anggota DPR hingga Kementerian Perdagangan. Pemerintah berencana untuk melarang berjualan di TikTok.

Menanggapi hal ini, Melaney Ricardo turut angkat bicara. Ia memberikan kritik pedas tentang larangan artis berjualan secara live. Menurut Melaney, para penjual seharusnya sudah bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Banyak yang bilang ah sekarang udah nggak laku ya pada jualan, sangat salah sih sebenarnya. Gigi (Nagita Slavina) sama Raffi (Raffi Ahmad) kurang laku apa?" kata Melaney dalam tayangan "Rumpi: No Secret" Trans TV baru-baru ini. "Menurut aku hanya orang-orang yang terus adjust dengan perubahan zaman bisa survive."

Diakui Melaney, bukan hal yang mudah bagi seorang artis atau content creator melakukan live streaming nyaris tiap hari. Istri Tyson Lynch ini pun mengaku tidak bisa melakukan hal tersebut.


"Balik lagi live TikTok bukan hal mudah lo. Gue bisa dibilang, gue jago ngomong, dari beberapa tahun lalu gue cari makan dengan ngomong, jadi penyiar radio. Tapi, gue nggak mau live tiap hari," imbuh Melaney. "Gue bilang sama manajer gue, lo jangan suruh gue live tiap hari. Lo jangan suruh gue live berapa jam."

Melaney menjelaskan bahwa aktivitas live yang dilakukannya sempat berdampak kepada anak-anaknya. Kini, ia pun mulai mengatur jadwal untuk live.

"Oke konsistensi penting, tapi gue butuh waktu untuk gue, anak-anak gue, karena anak gue sempat stres," lanjut Melaney. "Gue bilang oke kita live jam segini, tapi gue tetap ada waktu nidurin anak, antar anak ke sekolah."

Hal senada turut disampaikan Feni Rose. Feni menyoroti adanya perubahan cara konsumen berbelanja.

"Ini kan masalahnya sebenarnya apa? Kalau menurut aku. Kalau tadi kan katanya UMKM, toko offline merasa terganggu dengan live. Sebenarnya yang live kan juga bukan cuma artis, orang biasa juga. Bahkan ya yang penjualannya besar itu orang biasa bukan artis," timpal Feni. "Mereka memang rajin bikin konten. Tapi itulah dunia digital sekarang seperti itu. Karena sekarang kebiasaan orang berbelanja juga sudah berubah, agak berbeda."

Baik Melaney maupun Feni pun meminta agar pemerintah bisa membuat aturan dagang di media sosial secara jelas. Hal yang sama pun pernah disampaikan oleh Ruben Onsu belum lama ini.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait