Fasilitas Sound Check di Konser SEVENTEEN, NCT Dream, dan TXT Tuai Kontroversi
X/pledis17_NOONA/NCTsmtown_DREAM/TXT_bighi
Musik

Belakangan ini muncul berbagai kontroversi perihal diadakannya fasilitas sound check di konser para idol K-Pop. Seorang pejabat HYBE memberikan pendapatnya terkait kehebohan ini.

WowKeren - Salah satu keuntungan membeli tiket konser VIP idol K-Pop adalah mendapatkan fasilitas untuk menikmati sound check alias sesi latihan. Namun, tentunya para penggemar harus membayar lebih untuk mendapatkan tiket VVIP.

Itu sebabnya, belakangan ini banyak muncul kontroversi seputar sound check seat di konser beberapa idol grup. Sebut saja SEVENTEEN (II), NCT Dream, hingga TXT. Namun, ketiga grup ini hanya menjadi contoh dari sekian banyaknya konser idol K-Pop yang juga menyediakan fasilitas sound check.

Kontroversi ini berisi tentang kritik bahwa agensi memberikan beban tambahan kepada penggemar sebesar 40.000 hingga 50.000 won atas nama sound check. Menurut pengamatan pada Jumat (19/4), harga konser solo grup idol berkisar antara 198.000 won dan 154.000 won. Terlepas dari ukuran tempat atau tanggal operasional, kisaran harga tiket konser ditetapkan padau kisaran kurang dari 200.000 won.

Misalnya konser SEVENTEEN yang akan diadakan pada tanggal 27 dan 28 April 2024 di Stadion Piala Dunia Seoul, menjual kursi VIP seharga 198.000 won, kursi R (reguler) seharga 154.000 won, dan kursi S seharga 132.000 won. Stadion yang digunakan untuk venue konser dapat menampung sekitar 66.000 penonton.

Selanjutnya ada konser NCT Dream yang diadakan di Gocheok Sky Dome selama tiga hari pada awal bulan Mei, menjual tiket dengan harga yang tidak jauh berbeda seperti konser SEVENTEEN. 198.000 won untuk kursi VIP dan 154.000 won untuk kursi reguler.


Harga tiket untuk konser TXT yang akan diadakan pada tanggal 3 hingga 5 Mei di KSPO DOME (Stadion Senam Olimpiade) masih sama kaulifikasinya seperti konser SEVENTEEN dan NDT Dream. Gedung konser TXT ini dapat menampung 14.000 penonton, dan ukurannya mirip dengan venue konser NCT Dream.

Dulu harga semua kursi sama, jadi jika berhasil membeli tiket, penonton bisa membeli kursi depan. Namun, kini penggemar berpendapat kursi depan hanya bisa dinikmati oleh pembeli tiket VIP. Hal inilah yang menjadi perdebatan di kalangan fans K-Pop.

Salah seorang pejabat HYBE berujar bahwa mereka mulai mengoperasikan kursi sound check dalam proses mempertimbangkan cara untuk mendiversifikasi pengalaman penonton seiring dengan berkembangnya basis penggemar domestik dan internasional. Ia seolah ingin menegaskan bahwa fasilitas ini diadakan karena permintaan dari fans sendiri.

"Melihat sound check sudah menjadi sistem umum untuk pertunjukan di luar negeri. Kami mencerminkan permintaan penggemar yang ingin melihat artis berlatih, dan kami mempersiapkannya sehingga penggemar dapat menikmati penampilan artis dalam berbagai cara," ujarnya.

Pejabat industri hiburan lainnya mengatakan, "Harga tiket ditentukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti ukuran tempat, periode pertunjukan, dan jumlah kursi yang dioperasikan. Ini bervariasi tergantung pada konsep dan skala pertunjukan. Pada dasarnya, kami berencana untuk memastikan bahwa kalian dapat melihat performa terbaik dari kursi mana pun, dan mempertimbangkan berbagai faktor. Harga ditentukan dengan mencerminkan hal tersebut."

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru