Pengumuman Debut Hingga Comeback Red Velvet Diduga Jadi Pengalihan Isu
Instagram/redvelvet.smtown
Musik

Red Velvet dijuluki sebagai damage control oleh para penggemar. Hal itu dikarenakan Irene dkk disebut-sebut kerap dijadikan sebagai tameng untuk menutupi skandal para artis SM Entertainment.

WowKeren - Red Velvet disebut-sebut sering dimanfaatkan oleh SM Entertainment untuk menjadi tameng agensi. Topik ini ramai dibahas oleh netizen di berbagai platform media sosial, setelah pengumuman comeback Red Velvet pada bulan ini diumumkan di tengah rumor panas yang menyeret nama Haechan dan Johnny NCT.

Tak ayal, fans bersama para netter berusaha menggali kebenaran dari rumor ini. Setelah ditelisik, rupanya hal semacam ini sudah terjadi pada Red Velvet sebanyak lima kali. Entah suatu kebetulan atau memang sudah direncanakan, tapi pengumuman comeback grup tersebut selalu tidak berselang lama dengan berbagai skandal yang terjadi pada artis SM.

1. Rumor Sulli f(x) tahun 2014

Dugaan pengalihan isu ini kabarnya telah terjadi sejak debut Red Velvet di tahun 2014 silam. Irene dkk resmi diumumkan debut pada tanggal 28 Juli. Pengumuman ini hanya berselang tiga hari dari pemberitahuan hiatus mendiang Sulli yang saat itu masih menjadi member f(x).

Kala itu, Sulli diumumkan hiatus setelah terus-menerus menerima komentar jahat, rumor kencan, dan bahkan tuduhan kehamilan selama beberapa waktu. "Sulli sangat lelah baik secara mental maupun fisik karena komentar jahat yang terus menerus dan rumor yang tidak benar, mengeluh kesakitan, dan telah memberitahu perusahaan bahwa dia ingin istirahat dari aktivitas hiburan untuk sementara waktu," ujar SM pada saat itu.

2. Jessica Jung Keluar dari SNSD

Pada saat itu, Red Velvet diumumkan akan melakukan comeback pertama dengan merilis single "Be Natural", sebuah remake dari lagu mantan girl grup SM Entertainment S.E.S. dengan nama yang sama. Padahal, grup tersebut baru saja menyelesaikan promosi "Happiness".

Pengumuman itu segera memicu klaim "menutup-nutupi" karena bertepatan dengan keluarnya Jessica Jung dari SNSD secara dramatis di tahun 2014. Jessica mengumumkan di akun Weibo-nya bahwa ia telah "dipaksa keluar dari grup" pada tanggal 30 September, sedangkan pengumuman "Be Natural" Red Velvet menyusul pada tanggal 7 Oktober.

3. Hengkangnya Tao dari EXO

Pada awal bulan Maret tahun 2015, Tao dikabarkan ingin meninggalkan EXO karena persyaratan kontrak yang tidak adil. Sebuah halaman gosip di Weibo memulai rumor tersebut pada malam tanggal 2 Maret yang menyatakan bahwa Tao membatalkan kontraknya dengan SM Entertainment dan menandatangani kontrak dengan Huayi Brothers. Ia juga akan membintangi versi film "My Sunshine".

Hanya beberapa hari setelah rumor mencapai puncaknya, SM mengumumkan bahwa Red Velvet akan mendapatkan member baru, Yeri. Penambahan Yeri diumumkan pada 11 Maret, bersamaan dengan pengumuman mini album pertama Red Velvet yang bertajuk "Ice Cream Cake".

4. Skandal Tiffany SNSD

Tiffany sempat terlibat skandal besar pada akhir Agustus 2016 setelah memposting foto dirinya bersama Sooyoung dan Yuri kala menghadiri pesta usai Konser Keluarga SMTown sehari sebelum Hari Kemerdekaan Korea. Tanggal tersebut merupakan hari libur untuk merayakan kemerdekaan Korea dari pemerintahan kolonial Jepang pada tahun 1910-1945. Meski postingan itu telah dihapus, tapi Tiffany tetap mendapat sorotan karena menggunakan filter bendera matahari terbit yang merupakan simbol imperialisme Jepang di cerita Snapchat-nya.

Tak jauh berbeda dengan kejadian-kejadian sebelumnya, pengumuman comeback Red Velvet menyusul beberapa hari setelahnya. Girl grup ini merilis teaser pertama mereka untuk "Russian Roulette" pada tanggal 1 September dan meluncurkan mini album ketiga pada tanggal 7 September.

5. Kontroversi Haechan dan Johnny NCT

Terakhir yang tak kalah menghebohkan, Red Velvet diumumkan akan comeback pada bulan Juni ini. Pengumuman ini dibagikan di tengah rumor panas Haechan dan Johnny yang dituding terlibat dalam pesta seks di Jepang.

Sesaat setelah pengumuman comeback ini dibagikan, para penggemar Red Velvet langsung teringat dengan kejadian-kejadian sebelumnya. Seorang fans bahkan telah menduga akan adanya pengumuman comeback ini setelah rumor miring tentang Haechan dan Johnny meledak.

Tak heran jika penggemar menjuluki Red Velvet sebagai damage control atau pengendali kerusakan. Bagaimana menurut kalian?

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait