EXO-CBX Geram lantaran SM Tuntut Jatah Royalti 10 Persen dari Aktivitas Individu
iMBC
Musik

Chen, Baekhyun, dan Xiumin akan kembali mengambil jalur hukum apabila SM Entertainment tidak memenuhi perjanjian yang telah mereka sepakati sebelumnya, serta terus menuntut untuk meminta bagian 10 persen.

WowKeren - Tiga member EXO-CBX, yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin tampaknya mulai naik pitam dengan perilaku semena-mena yang ditunjukkan oleh SM Entertainment. Dalam konferensi pers darurat yang diadakan pada sore hari ini, Senin (10/6), pengacara yang mewakili ketiganya membongkar bahwa SM telah meminta bagian 10 persen dari aktivitas individu mereka. Padahal, SM tidak pernah menepati janji yang telah disepakati sebelumnya.

INB100 mengklaim bahwa ketiga artis mereka tertipu dalam proses mencapai kesepakatan dengan SM mengenai aktivitas grup EXO. Pengacara Lee Jae Hak, perwakilan hukum dari Lin Law Firm memberikan pernyataan tegas.

"Negosiasi dengan SM atas nama tiga anggota Chenbaekxi pada paruh pertama tahun lalu gagal, dan kami telah mengambil tindakan tindakan hukum, termasuk mengakhiri kontrak eksklusif kami, sejak bulan Juni tahun lalu," ungkapnya dalam konferensi pers yang diadakan di wisma Hotel Shilla, Jung-gu, Seoul. "Banyak warga dan penggemar akan mengingat bahwa setelahnya, kedua belah pihak melakukan negosiasi ulang dan menyelesaikan situasi dengan pernyataan resmi."

Ia melanjutkan, "Meskipun telah ada kesimpulan dari negosiasi sebelumnya, SM telah mengubah posisinya dan gagal memenuhi biaya distribusi album sebesar 5,5 persen yang dijanjikan untuk dijamin, dan menuntut 10% penjualan dari aktivitas pribadi artis, seperti penjualan album individu dan iklan. Kami meminta tindakan yang adil. Oleh karena itu, kami meminta SM untuk berhenti menuntut 10 persen penjualan dari artis karena SM telah gagal memenuhi persyaratan perjanjian yang dijanjikan tahun lalu."


Mengenai tingkat penerimaan distribusi yang merupakan inti dari konflik dengan SM, Baekhyun dkk bernegosiasi dengan percaya pada persyaratan SM untuk menjamin tingkat penerimaan. Setela penandatanganan pernjanjian, ketiganya sempat mencabut semua tuntutan hukum, berharap SM akan memenuhi janji yang telah disepakati setelah mereka masing-masing juga menyerahkan sejumlah besar deposit di perpanjangan kontrak.

Sayangnya, SM tidak mengabulkan janji yang telah mereka sepakati. Agensi raksasa itu justru menagih 10 persen penjualan dari aktivitas individu Baekhyun dkk, dengan dalih sebagai royalti. Atas permintaan ini, pengacara Lee menegaskan bahwa tuntutan tersebut tidak wajib dipenuhi oleh kliennya, di saat SM belum memenuhi janjinya.

"10 persen dari penjualan yang disebutkan di sini tidak wajib dibayarkan kepada SM karena CBX mendirikan perusahaan baru sebagai labelnya sendiri dan secara mandiri meningkatkan penjualan melalui penjualan album dan konser atas namanya sendiri. SM berkontribusi pada aktivitas ini Karena tidak ada hubungannya, itu tidak ada hubungannya dengan SM. Bahkan dari segi jumlah, itu adalah 10 persen dari penjualan, bukan 10 persen dari keuntungan, dan SM mengklaim bahwa klausul dalam perjanjian ini seharusnya. Karena kami berjanji akan menjamin hasilnya," jelasnya.

Pengacara Lee menambahi, "Mohon diketahui bahwa SM gagal memenuhi tingkat pendapatan album yang dijanjikan dalam perjanjian tahun lalu. Karena memang benar bahwa SM gagal memenuhi ketentuan perjanjian di atas, maka SM tidak akan lagi menuntut pembayaran sebesar 10 persen dari penjualan yang dilakukan Chenbaeksi atas nama pribadinya. Namun setelah penandatanganan perjanjian, Chenbaeksi bersedia melakukan negosiasi dan membayar penggunaan aset konten milik grup EXO, Chenbaeksi, dan SM data penyelesaian, namun SM hanya menampilkan data yang telah disiapkan dalam bentuk yang sudah ada dan masih belum menyediakan data penyelesaian dan data pendukung."

Di akhir, pengacara Lee mewanti-wanti agar SM segera memberikan data penyelesaian kontrak eksklusif yang ada, seperti yang telah dijanjikan tahun lalu. Apabila permintaan Baekhyun dkk tidak dipenuhi, maka mereka tak akan segan kembali aktif mengambil tindakan hukum.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait