Aaliyah Profile
Aaliyah Profile Photo

Aaliyah

Nama Asli
Aaliyah Dana Haughton
Tgl Lahir
Jan 16, 1979
Lahir di
Brooklyn, New York, AS
Populer
merilis album "Age Ain't Nothing but a Number" (1994)
Tempat Lahir
Brooklyn, New York, AS
Tinggi Badan
171.5
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Michael Haughton
Ibu
Diane Haughton
Saudara
Rashad Haughton (lahir 6-Agt-77)
Suami/Istri
R. Kelly (penyanyi, 30-Agt-94 - 7-Feb-95, dibatalkan)
Kekasih
Damon Dash
Populer Sejak
merilis album "Age Ain't Nothing but a Number" (1994)

Aaliyah Dana Haughton mulai menemukan bakat menyanyinya saat ia berusia dini. Sejak kecil ia sudah didaftarkan ibunya mengikuti les vokal dan sering menyumbangkan suaranya dalam acara-acara pernikahan, amal maupun paduan suara gereja di kotanya. Saat masuk ke sekolah dasar, ia berkesempatan untuk tampil dalam drama musikal sekolah berjudul "Annie". Dari situlah Aaliyah mendapatkan pencerahan tentang masa depannya dan memutuskan ingin menjadi seorang entertainer.

Aaliyah ditemani pamannya, Barry Hankerson, yang menikah dengan penyanyi kenamaan Gladys Knight, pergi ke New York dan bekerja sama dengan sebuah label untuk mengikuti berbagai audisi. Kesempatan pertamanya hadir saat ia berusia 9 tahun lewat acara TV "Star Search". Setelah itu, ia terus mengikusi audisi di berbagai label rekaman dan tampil di konser Gladys di usia 11 tahun.

Setelah menandatangani perjanjian distribusi dengan Jive Records, Barry mendirikan label rekaman Blackground Records. Aaliyah direkrutnya di usia 12 tahun. Barry lalu mengenalkannya dengan R. Kelly yang kemudian bertindak sebagai mentornya dalam bernyanyi. Tiga tahun kemudian, Aaliyah debut dengan album "Age Ain't Nothing But a Number" (1994) yang diproduseri langsung oleh R. Kelly. Album ini sukses terjual lebih dari 3 juta copy di Amerika Serikat dan mendapat 2 sertifikat platinum dari RIAA (Recording Industry Association of America).

1996, Aaliyah meninggalkan Jive Records dan bergabung bersama Atlantic Records. Di usianya yang ke-17 ini ia merilis album "One In Million" yang diproduseri oleh Timbaland, Missy Elliott dan banyak lagi. Missy ikut berduet dengannya untuk lagu "Beats 4 da Streets". Album ini mendapatkan reaksi postif dari fans dan terjual lebih dari 8 juta copy di seluruh dunia sampai 2008.

Selain album pribadi, Ia juga mengisi soundtrack film animasi "Anastasia" (1997) dengan lagu "Journey To The Past". Ia tampil di acara Academy Awards Ceremony 1998 membawakan lagu ini dan menjadi penyanyi termuda pernah menyanyi di sana. Aaliyah mendapat nominasi Grammy Award pertamanya saat menyanyikan "Are You That Somebody" bersama Eddie Murphy untuk soundtrack film "Dr. Dollitle".

Selain itu, Aaliyah juga menjajal kemampuannya menjadi produser video klip singlenya sendiri yang juga menjadi soundrack film "Romeo Must Die", "Try Again" (2000). Ia mengeluarkan album ketiga, "Aaliyah" (2001), yang mencapai puncak nomor 2 Billboard. Album yang mengusung "We Need a Revolution" sebagai lagu andalan ini terjual lebih dari 2,6 juta copy sampai Desember 2009.

Sebagai lulusan sekolah jurusan akting, Aaliyah mencoba kemampuan aktingnya dengan bermain dalam serial "New York Undercover" (1997). Ia memulai debut filmnya dalam "Romeo Must Die" (2000) yang dibintanginya bersama aktor beladiri Asia Jet Li. Film ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dan debut di peringkat 2 box office saat rilis.

Di film keduanya, "Queen of the Damned", dia menjadi pemeran utama memerankan seorang vampir bernama Queen Akasha. Aaliyah mendapatkan peran sebagai Zee di film "The matrix Reloaded" (2001). Ia meninggal sebelum syuting dirampungkan. Peran ini kemudian dilanjutkan oleh Nona Gaye.

Aaliyah beberapa kali mendapatkan penghargaan baik di bidang musik maupun akting. "One in A Million" menjadi Top R&B Single of the Year di Billboard Music Awards 1996. Ia menjadi Favorite Soul/R&B Female Artist di American Music Award pada 1999 dan 2002. Single "Try Again" juga membawanya menjadi Best Female Star dan Best Video di MTV Video Music Awards 2000. Di bidang akting, ia menyabet Best Actress berkat film "Queen of the Damned" (2002).

Dalam kehidupan pribadinya, Aaliyah pernah diterpa skandal di 1995 saat bekerja sama dengan R. Kelly. Sebuah tabloid gosip menyebarkan foto sertifikat pernikahan Aaliyah dengan R. Kelly yang menyatakan mereka menikah pada 31 Agustus 1994. Aaliyah yang saat itu masih berusia 15 tahun ditulis berumur 18 tahun. Pernikahan ini dibatalkan oleh orangtua Aaliyah pada Februari 1995. Sementara Aaliyah dan R. Kelly terus membantah kabar ini dan menyatakan mereka tidak pernah menikah.

2001, ia bertunangan dengan pendiri Roc-A-Fella Records, Damon Dash. Mereka berencana menikah setelah premiere film "The Matrix Reloaded". Namun ia mengalami kecelakaan saat kembali dari syuting video klip "Rock The Boat" yang menjadi lagu ke-3 dari album "Aaliyah". Pesawat yang ditumpanginya jatuh di Bahama dalam perjalanan menuju Florida, 25 Agustus 2011. Aaliyah dan 8 orang lainnya termasuk pilot tewas seketika dalam peristiwa mengerikan tersebut. Aaliyah meninggal di usia 22 tahun dan dimakamkan di New York 31 Agustus 2001.

Aaliyah Lirik Lagu