Ashton Kutcher Profile
Ashton Kutcher Profile Photo

Ashton Kutcher

Profesi
Aktor, produser, presenter
Nama Asli
Christopher Ashton Kutcher
Tgl Lahir
Feb 7, 1978
Lahir di
Cedar Rapids, Iowa, AS
Profesi
Aktor, produser, presenter
Populer
Berperan sebagai Michael Kelso di sitcom TV Fox "That '70s Show" (1998-2006)
Tempat Lahir
Cedar Rapids, Iowa, AS
Tinggi Badan
184
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Coklat
Warna Mata
Coklat
Ayah
Larry Kutcher
Pekerjaan Ayah
Pekerja pabrik
Ibu
Dianne Portwood
Pekerjaan Ibu
Karyawan P&G
Pendidikan
  • Bersekolah di Cedar Rapids Washington High School
  • Lulus dari Clear Creek Amana High School (1996)
  • Pernah kuliah di University of Iowa jurusan Biochemical Engineering
Saudara
Tausha Kutcher (kakak perempuan), Michael Kutcher (saudara kembar)
Suami/Istri
Demi Moore (aktris, 24-Sep-05 - 26-Nov-13), Mila Kunis (aktris, sejak 04-Jul-15)
Kekasih
January Jones (aktris, 1998 - 2001), Ashley Scott (aktris, 2001 - 2002), Monet Mazur (aktris, 2002), Brittany Murphy (aktris, 2002 - 2003), Amy Smart (aktris, 2003)
Anak-anak
Wyatt Isabelle Kutcher (perempuan, L. 30-Sep-14), Dimitri Portwood Kutcher (laki-laki, L. 30-Nov-16)
Populer Sejak
Berperan sebagai Michael Kelso di sitcom TV Fox "That '70s Show" (1998-2006)

Christopher Ashton Kutcher atau yang akrab disapa Ashton Kutcher lahir di Cedar Rapids, Iowa, 7 Februari 1978. Ashton merupakan putra pasangan pekerja pabrik Larry Kutcher dan Diane Finnegan. Ashton memiliki seorang saudara kembar bernama Michael dan kakak perempuan bernama Tausha.

Beranjak remaja, Ashton tumbuh menjadi pemuda yang berbakat dan menjadi anggota tim football. Sayangnya situasi berubah ketika Ashton mengalami tekanan jiwa akibat kesedihan atas penderitaan Michael yang mengidap penyakit jantung. Perangai Ashton pun berubah. Dari remaja tampan yang berperilaku baik-baik berubah menjadi pemuda depresi dan kerap melakukan perbuatan kriminal. Di usia 13 tahun, Ashton pernah mencoba meloncat dari balkon sebuah rumah sakit.

Tekanan jiwa yang dialami Ashton semakin memburuk ketika orang tuanya bercerai saat dia berusia 16 tahun. Ashton pun mulai terjerumus dalam tindakan kriminal. Dia pernah ditangkap karena mencuri uang di sekolahnya. Dia pun terpaksa harus menjalani hukuman 3 tahun masa percobaan dan 180 jam melakukan kerja sosial. Tak hanya sekedar kehilangan beasiswa sekolahnya, peristiwa itu membuat Ashton dikucilkan oleh teman-teman sekolahnya.

Agustus 1996, Ashton melanjutkan pendidikan di jurusan biokimia di Universitas Iowa. Keputusan tersebut diambil Ashton karena dia terinspirasi untuk menemukan obat yang dapat menyembuhkan Michael. Namun, rupanya ketika dia memenangkan sebuah kompetisi model, Ashton tergoda untuk mengalihkan cita-citanya. Dia pun memutuskan keluar dari universitas untuk mengejar karir di bidang modeling. Rupanya dia cukup sukses sebagai model. Ashton pernah menjadi model iklan produk Calvin Klein dan Pizza Hut. Selain itu, dia juga kerap melakukan pemotretan di Paris dan Milan.

Setelah puas menjadi model, Ashton mulai merambah dunia akting. Tahun 1998, Ashton berhasil memulai debutnya sebagai aktor di sitkom TV FOX, "That '70s Show" (1998-2006). Dalam film pertamanya itu, Ashton berperan sebagai Michael Kelso, pemuda tampan namun sedikit bodoh. Nama Ashton mulai melejit ketika dia terpilih membintangi film komedi "Dude, Where's My Car" (2000) dan film thriller "The Butterfly Effect". Kemampuan aktingnya semakin diakui ketika Ashton sukses menghidupkan karakter penjaga pantai Jake Fischer di film "The Guardian". Beberapa film terkenal yang dibintangi Ashton diantaranya, "Just Married", "Bobby", "What Happens in Vegas...", "Spread", "Valentine's Day" dan "Killers".

Ketenaran Ashton sebagai aktor tentu saja juga didukung dengan berita seputar kehidupan pribadinya. Aktor yang kini berusia 32 tahun ini dikenal sebagai pria playboy. Dia pernah menjalin kasih dengan beberapa aktris seperti January Jones (1998 - 2001), mendiang Brittany Murphy (2002 - 2003) dan Amy Smart (2003). Tak lama setelah putus dari Amy, Ashton menjalin kasih dengan mantan istri Bruce Willis, Demi Moore. Perbedaan usia yang terpaut 16 tahun tak membuat Ashton merasa minder. Dua tahun kemudian, Ashton mengakhiri masa lajang dan menikahi Demi pada 24 September 2005. Meski pernikahan yang telah berjalan hampir lima tahun tersebut belum dikaruniai momongan, Ashton dan Demi selalu tampak mesra. Ashton juga sangat dekat dengan anak-anak Demi dan Bruce yakni Rumer Willis (6 Agustus 1988), Scout LaRue (20 Juli 1991), Tallulah (3 Januari 1994).