Fernando Torres Profile
Fernando Torres Profile Photo

Fernando Torres

Nama Asli
Fernando Jose Torres Sanz
Tgl Lahir
Mar 20, 1984
Lahir di
Madrid, Spanyol
Populer
Mencetak gol tunggal untuk Spanyol di Euro 2008
Tempat Lahir
Madrid, Spanyol
Tinggi Badan
185.5
Kewarganegaraan
Spanyol
Ayah
Jose Torres
Ibu
Flori Sanz
Populer Sejak
Mencetak gol tunggal untuk Spanyol di Euro 2008

Fernando Torres merupakan pemain sepakbola berkebangsaan Spanyol yang dijuluki El Nino ("Anak Laki-Laki"). Ketertarikannya pada bidang sepak bola memang sudah diperlihatkan sejak kecil. Ia kemudian bergabung dengan klub Parque 84 saat berusia 5 tahun. Torres mulai berlatih sepakbola dengan bermain di posisi kiper. Namun selang dua tahun kemudian, ia memilih menjadi penyerang usai terinspirasi dari kartun kesukaannya, Kapten Tsubasa.

Saat berusia 10 tahun, Torres mulai bertanding sepakbola sungguhan dengan bergabung bersama Rayo 13. Ia berhasil melesakkan 55 gol dalam waktu semusim bersama Rayo 13. Penampilannya yang memukau membuat El Nino dikontrak Atletico Madrid saat berumur 11 tahun.

Torres berhasil masuk tim senior Atletico Madrid setelah membela tim junior selama 6 tahun. Ia memulai debutnya dengan bertanding melawan Leganes dan mencetak gol pertamanya saat bermain bersama Albacete seminggu setelahnya. Torres kian bersinar di Atletico Madrid dengan berhasil mengkoleksi 21 gol di musim 2003-2004. Bahkan ia menjadi pahlawan bagi klubnya saat melawan klub-klub raksasa Spanyol dengan berhasil mencetak gol ke gawang Real Madrid dan Barcelona. Sepanjang karirnya bersama Atletico Madrid, Torres berhasil mengumpulkan 75 gol dalam 174 penampilannya.

Sayangnya Torres harus mengakhiri kebersamaan dengan Atletico Madrid usai dipinang klub raksasa Liverpool dengan nilai transfer 37 juta Poundsterling (sekitar Rp 7 miliar). Angka tersebut disebut-sebut sebagai transfer termahal dalam sejarah Liverpool. Meski terbilang mahal, namun Torres berhasil membuktikan bahwa ia layak dengan berhasil menyumbang 20 gol dalam musim pertamanya bersama Liverpool. Torres terus menunjukkan performa gemilangnya bersama Liverpool. Selama 4 musim bergabung dengan Liverpool, Torres berhasil mengumpulkan 81 gol dalam 142 pertandingan.

Torres bergabung dengan Chelsea pada 2011. Saat itu kepindahan Torres ke Chelsea menjadi pemberitaan besar-besaran di Inggris karena mencetak rekor transfer terbesar dalam sejarah dengan nilai 50 juta euro (sekitar Rp 1 triliun). Torres memulai debutnya bersama Chelsea saat melawan mantan klubnya, Liverpool, Februari 2011. Ia mencetak gol pertamanya saat melawan West Ham United, 3-0. Karir Torres semakin meroket saat ia berhasil meloloskan Chelsea ke babak final Liga Champion UEFA 2012 usai mengalahkan tim raksasa Spanyol, Barcelona. Sepanjang karirnya bersama Chelsea, Torres berhasil menorehkan 42 gol dalam 156 pertandingan.

Torres juga turut bergabung dengan Tim Nasional Spanyol. Ia memulai debut internasionalnya saat memenangkan Spanyol dalam Turnamen Algarve, 2001. Torres berhasil menjadi top scorer dalam final UEFA European U-19 dan mengantarkan Spanyol menjadi pemenangnya. Karirnya di FIFA World Cup dimulai dengan mencetal gol pertama saat melawan Ukraina di Piala Dunia 2006. Namanya semakin dielu-elukan oleh masyarakat Spanyol usai mencetak gol tunggal dalam final Euro 2008 melawan Jerman dan membawa Spanyol menjadi pemenangnya. Ia juga menjadi pemain yang cukup berperan dalam kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

Mengenai kehidupan pribadinya, Torres dikenal cukup tertutup. Pernikahannya dengan Olalla Dominguez Liste di tahun 2009 diselenggarakan secara tertutup dengan hanya dihadiri oleh kerabat terdekat saja. Pasangan ini kemudian dianugerahi dua orang anak bernama Nora dan Leo.