Franky Sihombing Profile
Franky Sihombing Profile Photo

Franky Sihombing

Profesi
Penyanyi, pencipta lagu, pengkotbah
Tgl Lahir
Sep 18, 1969
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Penyanyi, pencipta lagu, pengkotbah
Populer
Merilis album "Rayakan" (1995)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Wellington Sihombing
Ibu
Anky Lapian
Suami/Istri
Luciana Nova Putong (cerai), Feby Febiola (aktris/penyanyi, sejak 22-Jan-16)
Anak-anak
Petra Sihombing (penyanyi, laki-laki, L. 10-Apr-92), Ben Joshua Sihombing (laki-laki), Iva Anabel Sihombing (perempuan)
Populer Sejak
Merilis album "Rayakan" (1995)

Franky Sihombing merupakan musisi gospel Indonesia. Penyanyi yang juga ayah dari 3 anak ini, Ben Joshua Sihombing, Iva Anabel Sihombing dan Petra Sihombing ini lahir di Jakarta, 18 September 1969.

Kecintaan Franky akan menyanyi terlihat sejak ia kecil. Franky mengikuti berbagai lomba dan festival menyanyi mulai dari kelas 4 SD hingga 2 SMA. Ia juga beberapa kali mendapat gelar juara di beberapa ajang tersebut.

Franky Sihombing memulai karir pada tahun 1989 bersama grup yang diberi nama Ezra. Grup band ini terdiri dari Franky Sihombing (bassist, vokalis), Erwin Badudu (keyboard), Ucok Parulian Rajaguguk (keyboard), Amos Cahyadi (drummer), Thomas B Handoyo (gitaris), Viona Paays (vokalis), Sari Simorangkir (vokalis). Grup tersebut sempat meluncurkan beberapa album antara lain "Kerajaanmu Datanglah", "Hadirmu" dan "Ezra Praise".

Selang 3 tahun, Ezra mengubah nama menjadi VOG. VOG yang pada awalnya merupakan kependekan dari Voice of Galilea ini merilis album pertama "Kusadari" (1992). Namun nama tersebut berubah menjadi Voice of Generation di peluncuran album kedua mereka "Tutur".

VOG membawakan lagu rohani kristen dengan konsep berbeda. Mereka hadir dengan musik yang lebih kontemporer dengan tidak menggunakan kata-kata seperti Yesus, Roh Kudus, Anak Terang, Bapa di surga dan Juru Selamat. Lirik yang terlalu berbau pelayanan dianggap membuat orang ragu mendengarkan musik mereka.

Meski sukses menarik perhatian dengan lagu rohaninya, VOG memutuskan bubar. Franky Sihombing pun memilih bersolo karir di 1995. Album pertamanya yang bertajuk "Rayakan" rilis 1995 pada acara "Praise and Worship" yang tayang di Indosiar. Album tersebut sukses sebagai album bersambung hingga versi ke-6, "Rayakan 6", yang dirilis Februari 2011.

23 Juli 2010 silam, tepat 20 tahun perjalanan pelayanan Franky di dunia musik gospel. Ia pun menggelar konser bertajuk "Journey of Franky Sihombing - YESUS dan Pengabdianku", untuk merayakannya. "Konser tunggal ini merupakan pengabdian saya lewat musik buat Yesus Kristus yang dapat dinikmati berbagai generasi, karena saya menciptakan musik semata-mata karena anugrah dan kasih karunia dari Yesus," kata Franky.

Nama Franky kembali disorot 2013 ini. Suami dari Luciana Nova Putong ini dikabarkan memiliki kedekatan dengan aktris Feby Febiola. Penyanyi berusia 44 tahun ini bahkan disebut sebagai orang ketiga kandasnya rumah tangga Feby dengan Bruce Deltei. Hal itu berawal dari percakapan mereka di jejaring sosial Instagram. Namun, Febby menganggap percakapan dengan Franky Sihombing itu hanya untuk seru-seruan saja. "Kalau sosial media itu seru-seruan. Saya memang dekat dengan komunitas iPhonesia dan di Instagram itu memang seru," kata Feby.

Isu tersebut semakin memanas ketika Franky terlihat jalan bersama Feby. Keduanya kepergok menghadiri pagelaran busana di Skenoo Hall, Gandaria City, Jakarta Pusat. Febby yang saat itu berkemeja hijau tampak asyik berbincang-bincang dengan Franky. Namun keduanya memilih saling menjauh ketika menyadari kehadiran media. Feby pun menolak diwawancara dan hanya melemparkan senyum kepada media yang menyapanya.

Menanggapi isu yang beredar tentang sang ayah, Petra Sihombing memilih tidak berkomentar. "Aduh, gue enggak bisa komentar soal itu," ungkap pelantun "Pilih Saja Aku" ini.

Franky Sihombing Lirik Lagu