JYJ Profile
JYJ Profile Photo

JYJ

Profesi
Boyband
Nama Asli
Junsu Yuchun Jejung
Tgl Lahir
Jul 20, 2019
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Boyband
Populer
Merilis debut album "The Beginning" (2010)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Merilis debut album "The Beginning" (2010)

JYJ adalah boyband asal Korea Selatan terdiri dari Hero Jaejoong, Micky Yoochun dan Xiah Junsu. Sebelum tergabung sebagai JYJ, ketiga personil tersebut lebih dulu dikenal banyak orang sebagai anggota boyband legendaris TVXQ yang debut Pada 2003.

Resmi tergabungnya Jaejoong, Junsu dan Yuchun membentuk satu grup tersendiri diumumkan oleh Rhythm Zone, sebuah manajemen artis asal Jepang, pada April 2010. JYJ merupakan akronim dari nama para anggota grup tersebut yakni Jaejoong, Yoochun dan Junsu. Nama JYJ resmi dipakai sebagai nama grup ketika mereka merilis album internasionaL "Their Room", karena sebelumnya mereka menggunakan "Jejung, Junsu, Yuchun" pada cover DVD Konser Jepang pertama, "Thanksgiving Live in Dome".

Kemunculan nama JYJ ini diawali dengan kontroversi panjang dengan adanya tuntutan hukum dengan SM Entertainment (SME). Hal itu datang dari keputusan mereka meninggalkan boyband yang sebelumnya, TVXQ, yang bernaung di SME.

Baru mengawali karir sebagai JYJ, tiga penyanyi kelahiran 1986 ini harus berhadapan dengan kasus pemutusan kontrak sepihak oleh label. Avex saat itu (2010) memutuskan untuk tidak bekerja sama dengan JYJ. Sebagai konsekuensi, bukan hanya tidak bisa merilis album di Jepang, JYJ bahkan dilarang tampil di setiap acara disana.

Rusuh dengan Avex di Jepang, grup yang telah merilis dua album, "Their Room" (2010) dan "In Heaven" (2011), ini kembali dihadang ketika hendak berkarya di negara mereka sendiri, Korea Selatan. Kali ini mantan manajemen mereka, SM Entertainment, menuntut grup ini telah menyalahi kontrak yang telah dibuat sebelumnya. Akibatnya, JYJ harus melewati tahapan proses hukum yang sangat panjang. Selain itu, mereka lagi-lagi tidak bisa tampil di stasiun TV manapun di sana.

Tak berkutik di Jepang maupun Korea, JYJ yang telah menemukan rumah baru di C-Jes Entertainment berusaha mencari pasar baru yakni Amerika Serikat. Namun, masalah baru pun muncul. Rencana tur Amerika Serikat mereka yang pertama tersandung masalah visa. Sebagai konsekuensi, konser yang semula direncanakan menjadi bagian promosi album "The Beginning" pada akhirnya digratiskan. Setelah proses perjuangan yang panjang akhirnya JYJ dan SME menyelesaikan masalah hukum mereka dengan mencapai kesepakatan bersama pada 2012 lalu. Dalam keputusan tersebut mereka bersepakat untuk tidak saling menganggu aktivitas masing-masing. Meskipun begitu, kendala tampil di TV sampai ini masih harus dihadapi JYJ.

Tak hanya kegiatan grup, para personil JYJ juga memiliki karir solo baik di bidang musik maupun luar musik. Kim Jaejoong aktif sebagai penyanyi solo dan aktor sekaligus baru saja debut jadi desainer. Sedangkan Kim Junsu aktif di musikal sambil tetap menjadi penyanyi solo. Semntara itu Park Yoochun fokus dengan karir beraktingnya.

Kim Jaejoong dikenal lewat debutnya sebagai aktor dalam beberapa judul film dan drama seperti "Sunao ni Narinakute", "Protect the Boss", "Time Slip Dr. Jin" dan yang paling terbaru "Jackal is Coming" bersama aktris cantik Song Ji Hyo. Sedangkan untuk solo karirnya sebagai penyanyi, Jaejoong telah merilis album solo beraliran rock, "In Heaven", "Y" dan "Y". Tak hanya menyanyi dan berakting, belakangan Jaejoong diketahui menjadi designer tas dengan merk "Moldir".

Park Yoochun lebih fokus sebagai aktor sejak membintangi serial "Sungkyunkwan Scandal". Aktingnya di sana menuai pujian sehingga ia mendapat banyak peran utama di serial berikutnya yakni "Miss Repley", "Rooftop Prince" dan "I Miss You". Yang terbaru, ia dijadwalkan akan segera syuting film layar lebar pertamanya berjudul "Sea Fog".

Personil terakhir sekaligus yang termuda, Kim Junsu, memilih dunia musikal sebagai aktivitas solonya. Dikenal dengan suaranya yang indah, Kim Junsu berhasil tampil di beberapa judul musikal terkenal di Korea seperti "Tears of Heaven" , "Elizabeth", "Mozart" serta drama musikal yang baru akan ia bawakan Oktober mendatang, "Desember". Dalam dunia musikal, dia berhasil menyabet gelar sebagai aktor terbaik dan aktor paling terkenal selama dua tahun berturut-turut dalam ajang Korean Musical Award (2011-2012). Selain itu, Junsu juga telah merilis album solonya sebanyak dua kali yaitu "Tallantalegra" (2012) dan "Tallantalegra" (2013).

Di tahun 2013, JYJ terpilih sebagai duta Asian Games 2014. Untuk mempromosikan acara tersebut, JYJ telah merilis sebuah lagu "Only One". Lagu yang mengajak seluruh pendengarnya menari tersebut mengajarkan untuk selalu ceria dan menghadapi kesulitan bersama.

JYJ Lirik Lagu

Loading...