Mahalini Profile
Mahalini Profile Photo

Mahalini

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja
Tgl Lahir
Mar 4, 2000
Lahir di
Denpasar, Bali, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Menjadi finalis ajang pencarian bakat "Indonesian Idol" (musim 10) (2020)
Tempat Lahir
Denpasar, Bali, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
I Gede Suraharja
Ibu
Ni Nyoman Serini Raharja (m. 08-Jul-21, COVID-19)
Pendidikan
  • SMPN 1 Denpasar
  • SMAN 1 Denpasar
Kekasih
Rizky Febian (penyanyi, bertunangan sejak 07-May-23)

Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja atau yang lebih dikenal sebagai Mahalini lahir di Bali pada 4 Maret 2000. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara, dengan dua kakak laki-laki dan satu kakak perempuan. Mahalini menghabiskan masa kecilnya di Dusun Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Mahalini mulai tertarik dengan bidang tarik suara karena melihat ayahnya sering karaoke di rumah. Hal tersebut membuatnya mulai tertarik untuk bernyanyi hingga Mahalini mengikuti kursus vokal sejak kelas 5 SD. Kala duduk di bangku SMP, Mahalini juga bergabung ke grup vokal di sekolah dan beberapa kali mengikuti kompetisi bernyanyi.

Mahalini kemudian meluncurkan single perdananya yang bertajuk "Bawa Dia Kembali" pada tahun 2015, saat masih duduk di bangku SMP. Peluncuran single perdana Mahalini digelar di SMPN 1 Denpasar pada 17 Januari 2015. Menurut produser musik Indonesia, Bobby Sandhora, Mahalini berbakat di bidang tarik suara dan bisa bersikap profesional.

"Kami telah menemukan seorang Mahalini yang memiliki talenta sangat luar biasa. Memiliki suara emas, berparas cantik, dan mampu berakting di depan kamera," ujar Bobby.

Pada 2018, Mahalini sempat mengikuti audisi "Indonesian Idol" musim ke-9 namun gagal mendapatkan golden ticket. "Sebelumnya sebenarnya udah pernah ikut (Indonesian) Idol. Sebelumnya banget, jadi sebelum ini. Tahun 2018. Pokoknya yang tahunnya Jodie (Brisia Jodie), Marion (Marion Jola). Terus kayak, enggak dapet (lolos)," ungkap Mahalini dalam interview di kanal YouTube Eventori.id.

Setelah gagal lolos audisi, Mahalini sempat memutuskan untuk fokus ke pendidikannya. Diketahui, ia telah terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Meski begitu, kegagalan tersebut ternyata justru membuka jalan baru bagi Mahalini untuk mengikuti audisi "Indonesian Idol" musim berikutnya.

"Ada (Indonesian) Idol (musim) ini, tiba-tiba di-invite. Karena sebelumnya Idol-nya udah enggak lolos. Di-invite, eh masuk (lolos audisi). Jadi kayak, jalannya tuh ada aja gitu loh," lanjutnya.

Mahalini akhirnya kembali mengikuti audisi "Indonesian Idol" pada 2019. Di hadapan Ari Lasso, Maia Estianty, Judika, Bunga Citra Lestari, dan Anang Hermansyah, Mahalini menyanyikan lagu "I Have Nothing" dari Whitney Houston. Selain itu, Mahalini juga sempat membawakan lagu "Kecewa" milik BCL dalam tahap audisinya. Dengan teknik vokal dan suara merdu, Mahalini akhirnya sukses mendapatkan golden ticket dari para juri di "Indonesian Idol" musim ke-10.

Dalam satu kesempatan, Mahalini Sempat mengungkapkan alasannya mengikuti ajang "Indonesian Idol". Kala pertama kali memenangi lomba menyanyi, Mahalini mengaku dirinya diejek sebagai penyanyi lokal biasa dari Bali. "Tujuanku ikut 'Indonesian Idol' selain membanggakan orangtua itu untuk membuktikan sama orang-orang yang ngata-ngatain aku," tutur Mahalini.

Di atas panggung "Indonesian Idol", Mahalini menunjukkan kualitas vokalnya yang mumpuni di hadapan pemirsa Tanah Air. Kala Mahalini membawakan lagu "Hanya Rindu" milik Andmesh Kamaleng di babak Spekta Show Top 6, Anang bahkan memuji penampilannya "mahal banget".

Perjalanan Mahalini di "Indonesian Idol" lantas harus terhenti di babak Top 5. Menurut Maia sebagai salah satu juri, penampilan Mahalini bagus dan bahkan sudah selayaknya penyanyi profesional. Meski begitu, Mahalini tereliminasi berdasarkan hasil voting.

"Menurut aku Mahalini bagus ya, cuma sekali lagi, ini kan vote," tutur Maia. "Kami enggak bisa tentuin, kalau bagus tapi vote-nya kurang juga gimana? Ini kan pilihan (masyarakat) Indonesia."

Tereliminasi dari "Indonesian Idol" tidak menghentikan langkah Mahalini untuk mengejar mimpinya di dunia musik. Di bawah naungan Hits Record, Mahalini merilis single "Aku yang Salah" bersama jebolan "Indonesian Idol" lainnya, Raja Giannuca alias Nuca pada 2020.

Di tahun 2021, Mahalini merilis single solo bertajuk "Melawan Restu". Lagu tersebut menggambarkan perjalanan cinta sepasang kekasih yang terhalang restu. Hebatnya, "Melawan Restu" terpilih sebagai salah satu soundtrack sinetron populer "Ikatan Cinta". Mahalini juga diganjar penghargaan New Artist of the Year dari Indonesia Music Awards lewat single “Melawan Restu”.

Mahalini sempat mengaku tak kesulitan menghayati lagu "Melawan Restu". Ia mengakui bahwa lagu-lagu mellow memang menjadi zona nyamannya. "Untuk lagu ini, aku inget-inget aja pengalaman masa lalu, jadi mudah banget menghayatinya," beber Mahalini.

Di tengah karier-nya yang mengangkasa, Mahalini sempat terpukul dengan kepergian ibundanya, Ni Nyoman Serini Raharja. Ibunda Mahalini meninggal dunia karena infeksi COVID-19 pada 7 Juli 2021. Menurut Mahalini, ibundanya adalah sosok wanita yang cantik hati dan parasnya. Ia mengaku bangga menjadi putri dari ibundanya tersebut.

Dari sisi kehidupan pribadi, Mahalini sempat diisukan dekat dengan sejumlah pria. Pada 2021, warganet sempat menjodoh-jodohkan Mahalini dengan Billy Syahputra. Meski begitu, Mahalini telah membantah dirinya menjalin hubungan dengan Billy. Pelantun "Sisa Rasa" ini menegaskan bahwa ia dan Billy hanya sekadar sahabat.

"Kami sahabatan saja sih, benar-benar yang teman banget. Aku juga men-support Bang Billy kalau ada apa, ada apa pun itu misalnya lagi di Bali, kami berkabar," jelas Mahalini pada 19 Januari 2022.

Meski dirumorkan berpacaran dengan Billy, Mahalini mengaku tidak merasa risih karena isu tersebut tak sampai mengganggu kehidupannya. Menurut Mahalini, Billy sendiri merupakan sosok orang yang baik dan seru.

Setelah membantah rumor kencan dengan Billy Syahputra, Mahalini dikabarkan dekat dengan penyanyi Rizky Febian. Mahalini dan Rizky kemudian meresmikan hubungan mereka sebagai sepasang kekasih pada 7 Februari 2022. Momen Rizky "nembak" Mahalini pun diabadikan dalam video di kanal YouTube Putri Delina.

Awalnya, Rizky mengundang Mahalini untuk makan malam bersama. Mahalini pun kaget karena Rizky ternyata turut mengundang Putri Delina dalam acara tersebut. Setelah itu, Rizky menyanyikan sebuah lagu dan memberikan sebuket bunga untuk Mahalini. Pelantun "Kesempurnaan Cinta" tersebut kemudian menyatakan keinginannya untuk menjalin hubungan serius dengan Mahalini.

"Jadi aku mau bilang dulu, di hari ini, di tanggal 7 ini, aku ingin mendeklarasikan bahwa di tanggal 7 ini aku mau izin sama kamu untuk bisa lebih serius ke depannya," tutur Rizky di hadapan Mahalini.

Pernyataan cinta Rizky itu juga dilakukan di hadapan Sule dan Nathalie Holscher. Rupanya, Sule dan Nathalie menyaksikan langsung momen tersebut via video call. Mahalini pun tertawa malu ketika sadar Sule menyaksikan momen manis tersebut. Setelah menerima buket bunga dari Rizky, Mahalini pun mengatakan, "I'm yours (aku milikmu)".

Meski sukses di bidang karier dan percintaan, Mahalini rupanya tak lepas dari Kontroversi. Penampilan Mahalini kala membawakan lagu "Indonesia Raya" di suatu acara. Video penampilan Mahalini viral bukan karena suaranya yang merdu, namun karena pakaiannya yang dinilai warganet terlalu terbuka kala membawakan lagu kebangsaan tersebut. Wanita berusia 22 tahun tersebut tampak mengenakan gaun tanpa lengan dengan aksen rumbai. Namun pakaian tersebut tampak menggunakan bahan transparan di bagian perut.

Sejumlah warganet menilai pakaian tersebut terlalu terbuka dan kurang pantas dikenakan saat membawakan lagu "Indonesia Raya". "Suaranya sopan, kostumnya kurang. Maaf," demikian komentar salah satu warganet.

Meski menuai kritik, Mahalini tetap mengunggah foto penampilannya tersebut ke Instagram. "everything, in time. Terimakasih Palembang," tulis Mahalini di kolom caption pada 3 Juli 2022. Foto cantik Mahalini pun Sempat dikomentari oleh sang kekasih. "Ma luv," komentar Rizky.

Baru-baru ini, Mahalini juga Sempat diduga saling sindir dengan jebolan "Indonesian Idol" lain, Ziva Magnolya. Awalnya, Mahalini membuat cuitan di Twitter bahwa menjadi seorang yang lebih tertutup dan mengurangi jumlah teman adalah sebuah proses pendewasaan pada 21 September 2022. Pada 6 Oktober 2022, Ziva pun menyinggung soal seseorang juga perlu introspeksi diri dan seorang teman yang toxic.

"Cut off orang-orang toxic & memperkecil circle bersosialisasi dalam hidup kita itu betul sebuah pilihan. Tapi jangan lupa sama introspeksi diri yaaa. Kan malu udah cut off kalau ternyata malah diri kita sendiri yang problematik & toxic buat orang lain," demikian isi cuitan Ziva.

Meski ada jarak waktu di antara dua cuitan tersebut, sejumlah warganet menduga Mahalini dan Ziva tengah saling sindir. Isu saling sindir itu juga muncul karena sebelumnya Ziva Sempat gagal duet dengan Rizky Febian di konser Intimate Love. Warganet menduga Rizky dilarang Mahalini untuk tampil duet sehingga Ziva harus membawakan lagu "Terlukis Indah" sendirian di konser tersebut.

Adapun isu saling sindir hingga rumor musuhan tersebut akhirnya terbantahkan usai Rizky dan Ziva meraih penghargaan AMI Awards 2022 dalam kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik berkat lagu "Terlukis Indah". Baik Rizky maupun Ziva sama-sama mengunggah foto kebersamaan mereka usai menerima piala AMI Awards tersebut. Selain itu, Mahalini juga mengucapkan selamat kepada Rizky dan Ziva lewat Instagram Stories.

Terlepas dari kontroversi yang pernah menyeretnya, Mahalini terus berkarya di dunia hiburan Tanah Air. Bersama dengan Rizky sang kekasih, Mahalini telah menelurkan sejumlah single duet seperti "You're Mine" dan "Satu Tuju". Mahalini dan Rizky juga Sempat membintangi web series bertajuk "Senja Hari Ini Indah" sebagai pemeran utama.

Bagaimana? Perjalanan Mahalini dalam merintis karier di dunia tarik suara meski Sempat gagal menjuarai "Indonesian Idol" sungguh menginspirasi bukan? Meski sempat terseret kontroversi, Mahalini tetap tegar dan gigih meneruskan jalannya sebagai penyanyi. Jika ingin tahu lebih banyak informasi mengenai Mahalini, kalian bisa mencari berita terbaru di laman profilnya berikut ini!

Diskografi

Single:

  1. "Bawa Dia Kembali" (2015)
  2. "Aku yang Salah (bersama Nuca)" (2020)
  3. "Melawan Restu" (2021)
  4. "Sisa Rasa" (2021)
  5. "Janji Kita (bersama Nuca)" (2021)
  6. "Kisah Sempurna" (2022)
  7. "You're Mine (bersama Rizky Febian)" (2022)
  8. "Satu Tuju (bersama Rizky Febian)" (2022)

Filmografi

Film:

  1. "Kapan Pindah Rumah" sebagai Kanaya (2021)
  2. "Kopi Pahit" sebagai Gendis (2022)
  3. "My Sassy Girl" sebagai pelayan kafe (2022)

Web Series:

  1. "Senja Hari Ini Indah" sebagai Nika (2022)

Acara Televisi:

  1. "Indonesian Idol" (2019)
  2. "Opera van Java" (2021)

Penghargaan

Anugerah Musik Indonesia

  1. 2022: Artis Solo Wanita Pop Terbaik (nominasi), Pencipta Lagu Pop Terbaik (nominasi), Karya Produksi Terbaik Terbaik (nominasi)

Bandung Music Awards

  1. 2022: Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler

Indonesian Music Awards

  1. 2021: New Artist of the Year, Collaboration of the Year (bersama Nuca) (nominasi)

Obsesi Awards

  1. 2022: Pasangan Selebriti Terbucin (nominasi)

SCTV Music Awards

  1. 2022: Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop (nominasi), Kolaborasi Paling Ngetop (nominasi), Lagu Pop Paling Ngetop (nominasi)

Telkomsel Awards

  1. 2022: Favorite Song (nominasi)

Trivia

  1. Berpartisipasi di ajang "Indonesian Idol" musim ke-10 hingga babak 5 besar
  2. Sempat tak lolos audisi "Indonesian Idol" musim ke-9
  3. Lagu "Melawan Restu" dan "Aku yang Salah" jadi soundtrack sinetron "Ikatan Cinta"
  4. Lirik lagu "Melawan Restu" terinspirasi dari kisah cinta Mahalini di masa lalu
  5. Sempat terpilih sebagai Equal Artist of The Month hingga fotonya terpampang di billboard New York’s Times Square
  6. Terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Mahasaraswati Denpasar sejak 2018
  7. Pertama kali rilis lagu saat masih duduk di bangku SMP
  8. Sempat mengaku jarang mandi
  9. Ayahnya pernah menjadi anggota DPRD Badung
  10. Anak terakhir dari empat bersaudara
  11. Hubungan asmaranya dengan Rizky Febian ternyata berawal dari ketidaksengajaan
  12. Rizky Febian menyatakan perasaannya untuk Mahalini langsung di hadapan Sule dan Nathalie Holscher
  13. Menjalin hubungan beda agama, Mahalini diketahui beragama Hindu sedangkan Rizky adalah seorang Muslim
  14. Sempat sebut Rizky sebagai kakak, sahabat, dan calon suami
  15. Orangtua Mahalini dan Rizky sudah sempat bertemu satu sama lain