Setia Band Profile
Setia Band Profile Photo

Setia Band

Profesi
Grup band
Tgl Lahir
Oct 26, 2021
Lahir di
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Grup band
Populer
Merilis single "Asmara" (2011)
Tempat Lahir
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Merilis single "Asmara" (2011)

Setia Band merupakan band Indonesia yang didirikan oleh Muhammad Charly van Houten (vocal) dan Dedy Sudrajat atau Pepeng (II) (gitar). Band ini dibentuk setelah Charly dan Pepeng memutuskan untuk keluar dari ST12 pada 2011. Setelah itu mereka resmi membentuk Setia Band pada 16 Februari 2012 dengan tambahan member, Alsa, di bagian drum.

Nama Setia sendiri diambil dari kata "setiaku" yang merupakan sebutan fansclub Charly dan Pepeng ketika masih bersama ST12. Meskipun tak lagi bersama ST12 namun Charly tetap mengusung genre pop melayu dalam album debut Setia Band yang berjudul "Satu Hati" (2012). Album ini mencapai kesuksesan yang luar biasa dengan berhasil terjual ribuan keping di minggu pertama perilisan. Menurut Charly, alasan di balik kesuksesan album ini adalah karena menawarkan lirik yang indah untuk saling bertoleransi sesama manusia.

"Untuk menyatukan hati kita semua, satu dalam kasih sayang, selalu menebarkan cinta kepada sesama, rasa saling menghormati dan toleransi," ungkap Charly. "Insya Allah pesan 'Satu Hati' ini dapat membawa keindahan hidup bila kita semua berusaha mewujudkannya."

Sayangnya di tengah promosi "Satu Hati", band asal Bandung ini harus tersandung masalah. Setia Band dituduh mengambil nama dari band asal Lampung yang memiliki nama sejenis yaitu Set14 Band. Meski dituduh menjiplak, namun Charly cs tetap tidak mau mengganti nama band mereka.

"Kami tidak pernah mengambil nama band orang dan kami juga tidak akan mengganti nama Setia Band," tegas Charly. "Kami tidak mau ambil pusing perkara tuduhan tersebut, yang penting bagi kami adalah terus berkarya."

Setia Band kembali dirundung masalah ketika sedang menyiapkan album keduanya pada 2013. Kali ini, Alsa, sang drummer memilih untuk keluar dari Setia Band. Adapun rumor-rumor yang beredar menyebutkan bahwa Alsa tidak puas dengan keputusan Charly dan Pepeng yang hanya menjadikannya sebagai member tambahan.

"Bukan ingin di aku sih, tapi koridornya saja yang lebih jelas," ujar Alsa. "Aku ini sebagai apa, kesannya itu seperti diberi harapan palsu, aku sih cuma minta kepantasannya saja. Kalau jadi member gimana dan kalau jadi additional itu gimana."

Setia Band Lirik Lagu