Ratusan Wisatawan Masih di Lokasi Saat Gunung Barujari Meletus
Nasional

Berada di kawasan Gunung Barujari saat meletus, ratusan wisatawan masih dalam pencarian.

WowKeren - Aktivitas Gunung Barujari sebelumnya dianggap tidak menganggu aktivitas penerbangan pada Selasa (27/9). Namun kini pemerintah tampaknya bergegas terkait peningkatan aktivitas vulkanik gunung tersebut. Pasalnya, ratusan wisatawan diketahui masih berada di lokasi saat gunung tersebut meletus.

Aktivitas erupsi Gunung Barujari saat ini telah membubungkan asap setinggi dua ribu meter. Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun telah memberikan himbauan agar masyarakat dan pengunjung tidak beraktivitas di dalam kaldera Gunung Rinjani. Mereka dianjurkan menjauhi kawah Gunung Barujari dalam radius 3 kilometer.


Hingga saat ini masih terdapat 389 orang wisatawan di lokasi Gunung Barujari yang masih dalam pencarian. Jumlah tersebut meliputi 333 orang wisatawan mancanegara dan 56 orang lokal. Wisatawan tersebut diduga masuk melalui pintu Sembalun.

Sementara itu, pihak BPBD Provinsi NTB bersama BPBD Lombok Timur, TNGR, Kepolisian, Pos Pengamatan Gunung Rinjani dan relawan kini tengah berkoordinasi untuk mencari wisatawan yang masih berada di gunung Rinjani. Sebelumnya, wisatawan sebanyak 1.113 orang juga telah dievakuasi secara paksa. Mereka kini telah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait