Solois Ngetop Hingga Grup Populer, Ini Daftar Debut dan Comeback Fenomenal 2017
Musik

Simak daftar grup dan penyanyi solo yang merilis karya mereka sepanjang 2017. Apa idolamu ada di dalamnya?

WowKeren - Datang dan pergi adalah hal yang biasa di dunia ini, demikian halnya dengan K-Pop. Beberapa grup senior boleh jadi bubar, namun sejumlah "pengganti" mereka pun hadir mewarnai industri musik K-Pop selama setahun terakhir.

Ada yang debut, ada juga yang comeback. Beberapa diantara mereka membuat debut dan comeback tersebut terkenang, atau bisa dibilang fenomenal dalam setahun terakhir. Simak detailnya yang dirangkum WowKeren di bawah ini:

DEBUT

1. Wanna One

Wanna One merupakan salah satu grup rookie yang fenomenal tahun ini. Debut pada Agustus 2017, Kang Daniel cs sudah memecahkan rekor langka yang biasanya sangat sulit diraih grup rookie. Popularitas, mereka sudah dapatkan, lagu debut "Energetic" juga sukses memuncaki chart digital, belum lagi penjualan album "1X1 (To Be One)".

Tak berhenti sampai di situ, Wanna One mengulang kesuksesan yang sama lewat comeback "1-1=0 (Nothing Without You)". Mereka juga meraih penghargaan Rookie Award di MAMA dan MMA 2017, tampil di berbagai festival musik, dan masih banyak lagi.

2. Weki Meki

Kenapa Weki Meki masuk dalam daftar grup yang debutnya perlu diingat? Senada dengan Wanna One, lalu Pristin, Weki Meki adalah grup yang memiliki member jebolan ajang "Produce 101" walau hanya beberapa. Weki Meki dikenal salah satunya berkat kehadiran Choi Yoo Jung dan Kim Do Yeon. Grup besutan Fantagio itu juga sempat jadi sorotan karena debut di tanggal yang sama dengan Black Pink, yakni 8 Agustus, hingga kostum nyeleneh di MV "I Don't Like Your Girlfriend".

3. Kim Chung Ha

Kim Chung Ha. Nama mantan member IOI yang satu ini juga cukup fenomenal. Jika beberapa rekan lainnya memilih bergabung di grup, Chung Ha menjajal kemampuannya sebagai seorang solois. Ia debut lewat single "Why Don't You Know" yang cukup sukses di chart digital dan mengantarkan dirinya meraih Best of Next - Golden Key di MAMA 2017.

4. Jeong Sewoon

Solois yang satu ini juga menorehkan namanya dengan prestasi segera setelah debut. Ia adalah Jeong Sewoon, salah seorang jebolan ajang "Produce 101" yang debut merilis mini album bertajuk "Ever". Di album tersebut, ia menulis lagu sendiri seperti "Miracle" dan "Never Mind", juga title track "Just U" yang diunduh nyaris 60 ribu kali di pekan pertamanya.

5. Kim Samuel

Di tengah banyaknya solois dan grup idol debut, Kim Samuel juga berani bersaing dengan Wanna One. Apalagi seperti kita tahu, ia salah satu kontestan "Produce 101" season 2 yang gagal masuk 11 besar. Meski begitu, Samuel hadir dengan album solo "Sixteen" dan promosi bersama rekan-rekannya dari ajang tersebut. Meski tak sesukses Jeong Sewoon, Samuel membuktikan dirinya serius jadi penyanyi solo dengan comeback merilis album baru "Eye Candy" tak lama usai menyelesaikan promosi debutnya.

COMEBACK

1. Tae Yeon

Kesuksesan karir Tae Yeon sebagai solois juga tak perlu diragukan lagi. Leader Girls' Generation ini kembali mengulang kesuksesan debut solonya tahun lalu lewat full album "My Voice" yang dirilis awal 2017. Lewat album tersebut, ia hadir dengan lagu utama "Fine" dan sempat mengeluarkan prerilis "I Got Love". Menyusul album tersebut, ia kemudian disibukkan dengan tur konser "Persona" di sejumlah negara di Asia.

Mengawali tahun dengan cemerlang, Tae Yeon lantas memenjakan penggemar lewat album spesial Natal. Ia mengeluarkan album bertajuk "Winter Is Coming" dan mengusung title track "This Christmas" yang bergenre ballad.

2. BTS

Nah, kalau comeback Bangtan Boys, siapa yang akan melupakannya. Hadir dengan album "You Never Walk Alone" pada awal 2017, BTS langsung melebarkan sayapnya di kancah musik internasional. Bahkan dari comeback tersebut, Rap Monster cs meraih penghargaan dari Billboard. Mereka juga mendapat kesempatan kolaborasi dengan sejumlah musisi ngetop dunia seperti The Chainsmokers hingga Steve Aoki.

Bukan itu saja, idol asuhan Big Hit Entertainment ini kemudian comeback lagi merilis album "Love Yourself: Her". Mereka mengusung lagu utama "DNA" dan sempat tampil menyanyikannya di ajang American Music Awards 2017 beberapa waktu lalu. Luar biasa, bukan?

3. Twice

Lagu-lagu catchy dan mudah diingat sepertinya cocok dengan imej Twice saat ini. Grup besutan JYP Entertainment ini selalu hadir dengan karya-karya yang memuncaki chart di balik lirik-liriknya yang diulang. Itulah kelebihan Twice. Ditambah lagi, tahun ini Jihyo tak hanya comeback sekali.

Awal tahun, Twice merilis "Knock Knock". Tak lama kemudian mereka hadir dengan "Signal", debut Jepang, dan Oktober lalu merilis "Twicetagram". Belum genap dua bulan, pelantun "Likey" itu hadir lagi dengan karya baru "Heart Shaker" bernuansa Natal.

4. Red Velvet

Senada dengan itu, Red Velvet boleh jadi pantas disebut saingat terberat Twice. Selain karena lagu-lagu yang mendominasi chart, grup SM ini juga comeback lebih dari sekali setahun terakhir. Mereka merilis mini album "Rookie" Februari 2017, "The Red Summer" dengan title track "Red Flavor" pada Juli, terakhir adalah full album "Perfect Velvet" mengusung lagu utama "Peek A Boo", November. Bukan itu saja, tahun ini Red Velvet juga menggelar konser perdana bertajuk "Red Room".

5. Winner

Comeback Winner (II) juga terbilang fenomenal. Pertama, mereka akhirnya comeback setelah hiatus lebih dari setahun, dan usai ditinggalkan seorang member. Kang Seung Yoon cs merilis single album "Fate Number For" yang lagu andalannya "Really Really" meraih popularitas luar biasa. Lagu tersebut bahkan ada di 3 besar World Digital Song Sales di Billboard, serta memuncaki chart iTunes sejumlah negara. Beberapa bulan berselang, Winner comeback lagi dengan "Our Twenty Four" berisi dua lagu, "Love Me Love Me" dan "Island". Tetapi "Really Really" tetap tak terkalahkan. Setuju?

6. Black Pink

Tahun ini, comeback Black Pink juga mengesankan. Meski hanya single, Black Pink nyatanya meraih sukses lewat "As If It's Your Last". Soal digital, rilisan para artis YG sudah tak perlu dipertanyakan lagi. MV "As If It's Your Last" sejak dirilis pada Juni lalu langsung menyusul dan menggenapi rekor Black Pink terdahulu. MV lagu garapan Teddy itu saat berita ini diturunkan tercatat telah meraih lebih dari 200 juta views.

7. G-Dragon

Siapa yang tak tahu kontroversi comeback solo G-Dragon? G-Dragon merilis album "Kwon Jiyong" dalam format USB dan membuat gempar industri musik K-Pop. Pasalnya sejumlah platform bingung harus mengkategorikan album tersebut sebagai rilisan fisik atau digital mengingat isinya berupa link unduh. Gaon bahkan sempat menolak "Kwon Jiyong" sebagai album fisik. Kendati demikian, lagu andalan GD di album barunya, "Untitled" tak terpengaruh pada kontroversi apapun. Publik terbukti mencintai lagu baru GD dan "Untitled" sukses di puncak chart real time Melon beberapa lama.

8. IU

Solois yang satu ini juga tak boleh ketinggalan. Ya, dia adalah IU. Musisi muda dengan telanta yang sangat diakui di panggung K-Pop. Tahun ini, IU comeback dengan album baru "Palette" dan menggandeng sejumlah idol bahkan aktor untuk berkolaborasi. Salah satunya adalah di lagu "Palette" di mana ia berduet dengan G-Dragon. Jangan tanya bagaimana ranking "Palette" di chart musik. Bukan hanya "Palette", lagu-lagu yang lain dari album sama juga mendominasi chart digital. Diantaranya adalah "Through The Night", "Dear Name", dan lain-lain.

Tak berhenti sampai di situ, comeback "Flower Bookmark" IU juga meraih sukses serupa. Dan sepanjang 2017 ini, ia tak hanya memanjakan penggemar lewat lagu baru tetapi juga konser. G-Dragon sempat jadi bintang tamu di konsernya, demikian pula sebaliknya. Prestasi yang membanggakan tentu saja untuk karirnya yang bersinar di usia 24 tahun.

9. Taeyang

Selain GD, member Big Bang lain yaitu Taeyang juga comeback solo. Taeyang merilis album berjudul "White Night" mengusung dua title track, "Darling" dan "Wake Me Up". Kenapa comebacknya fenomenal? Di tengah promosi comebacknya, ia diterpa isu putus dengan sang kekasih, Min Hyo Rin karena lagu barunya bertemakan patah hati. Namun dalam sebuah wawancara, Taeyang membantahnya dan menyebut bahwa Min Hyo Rin memang selalu menginspirasinya dalam berkarya. Terbukti, keduanya malah merencanakan menikah Februari 2018 mendatang, loh!

10. EXO

EXO tahun ini comeback 2 kali. Pasca merilis "The War", seperti biasa grup asuhan SM itu hadir lagi dengan repackage. Suho cs memanjakan fans dengan lagu "KoKoBop", kemudian comeback lagi lewat "Power". Di ajang penghargaan akhir tahun MAMA dan MMA 2017, lagu comeback tersebut telah mengantarkan EXO meraih Daesang.

Setelahnya, EXO pada 26 Desember merilis album spesial musim dingin bertajuk "Universe". Mereka juga disibukkan dengan rangkaian konser "The ElyXiOn" hingga pertengahan 2018 mendatang. Sayangnya, kali ini EXO terpaksa comeback berdelapan tanpa Lay yang sibuk promosi solo di Tiongkok.

11. SNSD

Hiatus sejak terakhir kali merilis "Lion Heart" tahun 2015, SNSD akhirnya kembali mengeluarkan album baru. Yoona dan kawan-kawan merilis album spesial dalam rangka ulang tahun ke-10 berjudul "Holiday Night". Album ini berada di peringkat ke-2 Gaon Album Chart dan dua lagu utama seperti "Holiday" serta "All Night" membanggakan di chart digital.

12. Super Junior

Kalau Super Junior sih memang legendaris, ya? Apalagi di Indonesia sendiri, SuJu bahkan jadi satu-satunya grup K-Pop yang pernah menggelar konser 3 hari. Merayakan ulang tahun ke-12, Leeteuk cs pada November 2017 merilis album "PLAY". Mereka mengusung lagu andalan "Black Suit" dan sempat mengawali comeback lewat pre-rilis "One More Chance" karya Lee Donghae.

Saat akan comeback, SuJu sempat diterpa masalah. Pertama adalah protes terkait keterlibatan Sungmin, kedua Choi Siwon tak ikut promosi "Black Suit" karena insiden anjingnya menggigit seseorang beberapa waktu lalu. Kendati demikian, di konser "Super Show 7" yang digelar tahun ini, SuJu tetap melibatkan Siwon dan tampil bertujuh sesuai formasi comeback.

BONUS: Highlight

Debut atau comeback? Agak susah mendeskripsikannya karena Highlight memang sedikit mengalami masa sulit usai meninggalkan agensi, Cube Entertainment, dan menanggalkan nama Beast. Kita sebut saja comeback rasa debut, di mana secara resmi Yoon Doo Joon cs memperkenalkan nama baru pada Februari 2017. Kemudian bulan Maret, Highlight merilis mini album pertama mereka berjudul "Can You Feel It?". Tak disangka, debut/comeback kali ini mengantarkan mereka meraih kesempatan baru. Lagu andalan "Plz Don't Be Sad" all-kill di chart digital segera setelah perilisan.

Seiring dengan kelahiran baru mereka, para member untuk pertama kalinya hadir merilis repackage sepanjang 8 tahun debut sebagai idol lewat mini album "Calling You". Selanjutnya pada 16 Oktober, merayakan ulang tahun ke-8, Highlight menghadirkan "Celebrate" berisi lagu yang berkisah tentang grup dan para fans.

Loading...

You can share this post!

Related Posts