Komentari Kasus Ge-Joshua, Ronal Surapradja: Indonesia Bukan Amerika
Selebriti

Ronal Surapraja ikut mengomentari kasus dugaan pelecehan agama yang menimpa Joshua dan Ge Pamungkas. Seperti apa?

WowKeren - Joshua Suherman dan Ge Pamungkas belakangan sedang menjadi sorotan publik. Dua komika ini diduga melakukan penghinaan terhadap agama saat menyampaikan stand up comedy beberapa waktu lalu. Akibatnya, Joshua pun dipolisikan oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) pada 9 Januari lalu.

Beberapa selebriti pun ikut mengomentari kasus yang menimpa Ge dan Joshua ini. Salah satunya adalah Ronal Surapradja. Dalam komentarnya, Ronal menyebutkan bahwa mungkin Ge dan Joshua salah dalam mengambil referensi materi.

"Iklim stand up comedy Indonesia sama, mungkin referensi-referensi yang ditonton oleh para komika yang berbeda," kata Ronal ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/1). "Yang ditonton Russell Peters, Chris Rock, ya ngomong apapun di negara liberal enggak diapa-apain."

"Indonesia bukan Amerika, Indonesia bukan Inggris. Joshua, Ge dibandingkan Ricky Gervais enggak ada apa-apanya soal kasarnya," lanjut Ronal. "Tapi negaranya kan membebeaskan itu. Nilai yang dianut, norma yang dianut juga beda."

Ronal pun memberikan nasihat untuk Ge dan Joshua usai heboh kasus ini. "Kalau soal materi, karena iklimnya berbeda, pintar-pintar lah kita membuat materi yang aman untuk dipertunjukan di Indonesia. Kadang materi aman pun, cara menyampaikan enggak baik, jadi masalah. Tapi ada materi yang keras, disampaikan dengan baik jadi aman," pungkasnya.

Loading...

You can share this post!

Related Posts