'Karma' Divonis Haram oleh Ulama NU Jatim, Begini Reaksi Warganet
Instagram/karmashowantv
TV

Lantas, bagaimana nasib Roy Kiyoshi dan Robby Purba nantinya?

WowKeren - Siaran "Karma" yang dipandu oleh Robby Purba dan Roy Kiyoshi belum lama ini divonis haram. Hal ini disampaikan oleh ulama dalam acara Bahsul Masail, Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Jatim di Ponpes Lirboyo, kota Kediri.

Bahsul Masail dihadiri tokoh ulama NU seperti KH Yasin Asmuni, KH Mahrus Maryani, KH MB Firjoun Barlaman, KH. Murtadho Ghoni. Perumusan fatwa oleh KH. Asyhar Shofyan, KH. Makmun Djazuli Mahfudz, KH Fauzi Hamzah, KH. Ali Maghfur Syadzili, KH. Syihabuddin Sholeh dengan moderator Ali Romzi dan notulen Ustad M Khotibul Umam.

Acara "Karma" yang ditayangkan di ANTV sendiri mulai ditayangkan sejak 24 Desember 2017. "Karma" merupakan reality show yang menampilkan sosok Roy Kiyoshi sebagai paranormal.

Kemampuan Roy Kiyoshi kemudian digunakan untuk menerawang dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh puluhan peserta yang hadir di studio. Roy kemudian memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh salah satu peserta.

Roy kerap melihat gambar garis tangan, melihat tanggal lahir peserta atau bahkan dari cerita peserta itu sendiri. Namun tayangan itu justru menuai kontroversi.


Ada tiga fatwa yang ditujukan kepada "Karma". Pertama, hukum tentang menayangkan acara "Karma" yang dinyatakan haram, karena menayangkan tentang ramalan.

Ulama juga menjelaskan hukum tentang menonton acara tersebut. Acara itu dikatakan haram ketika mempercayai isi dari ramalan dan dinyatakan boleh jika hanya digunakan sebagai pembelajaran tanpa mempercayainya.

Terakhir, hukum mengajukan diri pada acara "Karma" dinyatakan haram, karena sama dengan mendatangi peramal. Sontak keputusan tersebut menuai kontroversi warganet.

"Hanya orang yang tidak punya Iman yang percaya selain kepada Alloh SWT. sereem iih.. Dosa kita sehari2 saja belum tahu balasan apa yang akan Alloh limpahkan kpd kita, apalagi ditambah dengan menyekutukannya. Naudzubillah..." tulis akun @herlin***heni. "Iya saya juga heran padahal tv lokal aja mau menyiarkan asian games," sahut akun @muh***bib.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel