Perankan Minke di 'Bumi Manusia', Iqbaal Ramadhan Ingin Remaja Milenial Kenal Pramoedya Ananta Toer
Instagram
Film

Iqbaal Ramadhan menanggapi kontroversi 'Bumi Manusia' dengan santai.

WowKeren - Seperti yang diberitakan di media, banyak sekali kontroversi yang mengelilingi pembuatan film "Bumi Manusia" adaptasi dari buku yang ditulis Pramoedya Ananta Toer. Seperti rencana menjadikan film "Bumi Manusia" sekedar film romantis, sampai pemeran karakter utama dari buku tersebut yaitu Minke yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan. Kebanyakan keraguan itu datang dari para pembaca buku "Bumi Manusia" itu sendiri yang skeptis terhadap pembuatan film tersebut.

Dilansir Beritagarid pada Sabtu (4/8), Iqbaal menanggapi kontroversi tersebut dengan santai. Pada wawancara tersebut, Iqbaal berusaha menjawab kontroversi-kontroversi yang telah mengelilingi pembuatan "Bumi Manusia".

Iqbaal mengaku bahwa menjadi karakter Minke memang memiliki tantangan lebih dari menjadi sosok Dilan di film "Dilan 1990". Iqbaal juga mengakui bahwa "Bumi Manusia" adalah buku berat dan berkualitas. Ia sadar bahwa banyak orang, dari pembaca hingga sastrawan akan menunggu film ini. Namun, dia tetap optimis untuk memerankan sosok Minke pada "Bumi Manusia" dan bekerja keras untuk menjalani peran Minke.


"Lebih banyak tantangannya daripada peran gue kemaren (memainkan karakter Dilan). Jadi memang kayak, tidak segampang itu. Lebih harus tenang. Kalo kemaren (karakter Dilan) lebih deket," ujar Iqbaal. "Ya, kalo ada apa-apa, you know that I am trying so hard for this work. Dilan gak separah ini."

Iqbaal memiliki alasan tersendiri untuk mengambil peran Minke. Ia menginginkan orang-orang, terutama generasinya mengenal, siapa Pram dan apa itu "Bumi Manusia". Selain itu, ia juga tidak ingin hanya dikenal sebagai Dilan saja. Namun, sebagai dirinya sendiri yang memainkan karakter-karakter yang nanti ia perankan.

"Kenapa akhirnya gue ngambil film ini, kenapa akhirnya gue bilang iya, because I am ready. Gue ingin orang-orang bisa tahu akhirnya siapa Pramoedya, apa itu 'Bumi Manusia'. Akhirnya, teman-teman gue tanya apa itu 'Bumi Manusia'', ungkap Iqbaal. "Gue gak ingin jadi Dilan. Gue ingin jadi semuanya, tanpa harus menghapus bahwa gue Iqbaal Ramadhan."

"Bumi Manusia" merupakan buku pertama dari tetralogi Buru. Namun sampai saat ini belum ada keterangan apakah akan ada film untuk buku-buku selanjutnya. Buku yang difilm ini akan digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo dan masih dalam proses pembuatan.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel