Reaksi Ivan Gunawan Soal Kontroversi Batik Dikecam, Miss Grand Malaysia Minta Maaf Ucap 'Kebodohan'
Selebriti

Igun dan Miss Grand Malaysia 2017 Sandeja John mengunggah pernyataan mereka di InstaStory terkait kontroversi batik di Miss Grand Internasional.

WowKeren - Kontroversi Batik di Miss Grand Internasional 2018 ternyata menarik perhatian desainer sekaligus selebriti Ivan Gunawan. Sahabat Ayu Ting Ting itu kecewa berat karena netizen Indonesia terlalu nyinyir soal batik yang kabarnya diklaim oleh Miss Grand Malaysia.

"Teman-temanku di Indonesia, harusnya kita bangga kalau kain Indonesia kita di pakai negara lain, jadi budaya kita terkenal," tulis Igun di InstaStory. "Contohnya Sari India, Apakah orang India marah-marah kalau sarinya dipakai orang Indonesia, nggak kan. Tapi malah Sari Indonesia mendunia. Hayuk, open mind kalian."

"Pandangannya harus lebih luas," lanjut Ivan. "Saya menulis ini sebagai desainer Indonesia, yang sebenarnya punya tugas melestarikan batik agar lebih menter lagi. Salam damai."

Ivan Gunawan

InstaStory

Miss Grand Malaysia 2017 Sandeja John juga ikutan bicara. Sandeja menyangkal kalau ia mengklaim bahwa motif parang batik yang dikenakan Miss Grand Malaysia 2018 Debra Jeanne Poh di sesi Miss Grand Internasional 2018 tersebut sebagai milik Malaysia.

"Pertama-tama, aku tak pernah bilang kalau batik yang dipakai oleh Debra merupakan milik Malaysia. Aku juga tak pernah menyebut kalau batik cuma punya Malaysia," seru Sandeja.


Ia lalu menjelaskan tak secara khusus membahas batik yang dipakai Debra. Postingannya itu sebenarnya untuk menyentil orang-orang yang sering menyebut kalau cuma Indonesia yang memiliki batik. Ia lalu meminta maaf karena sempat menyebut kata "stupidity" atau kebodohan.

"Postinganku sebenarnya bukan membahas soal batik yang dipakai oleh Debra saat itu. Beberapa orang bilang kalau Batik hanya berasal dari Indonesia, tapi tidak semua, Malaysia juga punya (rancangan) batik sendiri. Setiap kali menyebut batik, semua hak milik, batik Malaysia pun mau klaim hak milik. Jadi jangan berasumsi atau membuat pernyataan dari pemahamanmu sendiri, sesuka hatimu, atau memprovokasi orang-orang untuk berpikir seperti dirimu padahal salah."

Miss Sandeja John

InstaStory

"Oh ya, soal menyebut 'stupidity' (kebodohan), aku meminta maaf untuk itu," kata Sandeja. "Daripada kamu ribut-ribut siang malam, tag aku atau beri komentar tentang hal yang sama berulang-berulang, mengapa kamu tidak menggunakan energimu untuk memberi doa kepada yang memerlukan seperti di Sumatra."

Pernyataan Igun maupun Sandeja ini malah jadi bahan sindiran netter. Mereka menganggap Igun tak paham masalah sebenarnya. Sandeja juga masih dibully dan dianggap mengejek orang Indonesai bodoh.

"Ya yg waras mah ngomong open minded open minded..krg open apa sih org indonesia deh igun??yg dprmslhkan adalah si miss jinjing ini ngatain stupid ke org indonesia..mslh sumatra bkn urusan si miss oon ini..kok jd mlh ngajarin ap yg harus org indonesia lakukan...duh muka cantik bukan jaminan smart ya??memang ga smua org cantik stupid..tp si miss ini kyny slh 1 dr org cantik tp bego..dy yg maen api kok qt yg kena asepny oon," sindir netter. "Masih gregetan mau komen ttg dia bilang "malaysia also have their own batik" nyangggg mane mbak nyaaahhh klean maahh apa bae mau diakuin..ya rendang lah..ya silat lah..dan kata2 "prvoking your people"mbakk mbakkk," kata netter.

"Babang nya gitu, maahh..... Yang cantik ajjah, dibelain.. Biarpun ngomong gak bagus perihal Indonesia," seru netter. "Namanya jg sari india.. Sapa jg yg make namanya tetep sama.. Dan org tau itu dr india.. Laahh kalo batik nya di tulis dr indonesia.. Yaa gpp. Siapa jg boleh pake.. Asal jgn diakuin.. Gitu aja koq repot," seru yang lainnya. "@ivan_gunawan kamu ga liat post pertama dy yg bilang kita stupid karena clamed batik milik Malaysia... Padhl bohong bgt itu batik Indonesia bgt," seru netter.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait