Sebelum Terlambat Kenali 8 Tanda Kanker Payudara yang Wajib Kalian Ketahui
scmp.com
Health

Kanker payudara merupakan penyakit yang mengintai perempuan juga pria.

WowKeren - Wanita sangat khawatir dengan adanya kanker serviks. Berbagai pencegahan dilakukan, salah satunya dengan vaksin HPV. Tapi, tak hanya kanker serviks yang mengintai para wanita, terdapat kanker payudara yang sama berbahayanya.

Kanker payudara telah menjadi salah satu penyebab utama dari tingginya angka kematian pada kaum wanita. Data dari World Healt Organization (WHO) pada 2015 menunjukkan bahwa telah ada 507 ribu wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara Meskipun banyak menyerang wanita, kanker payudara juga dapat dialami pria, lho.


Nah, untuk mencegah kanker tersebut kalian harus melakukan beberapa kebiasaan baik. Seperti tidur dalam ruangan gelap, hindari makanan daging olahan, jangan terlalu banyak duduk dan masih banyak lagi.

Sebelum terlambat, mari kenali 8 tanda kanker payudara. Simak lengkapnya di sini.

(wk/nris)

1. Payudara Terasa Gatal, Sakit dan Memerah


Payudara Terasa Gatal, Sakit dan Memerah

Gejala kanker payudara yang mudah diketahui adalah payudara terasa panas dan meradang. Gejala ini menunjukkan sebuah peradangan yang disebabkan oleh kanker. Payudara membengkak, sakit, kulitnya kemerahan dan bersisik.

Ketika kanker menuju tahap selanjutnya, payudara akan berlesung pipit. Payudara juga akan mengalami rasa sakit seperti sedang PMS, namun rasa gatalnya akan menunjukkan reaksi alergi dan tidak hilang hanya dalam beberapa hari. Hal ini disebabkan karena sel kanker memblokir pembuluh darah yang memberi makanan pada kulit.

2. Waspadai Muncul Benjolan di Payudara


Waspadai Muncul Benjolan di Payudara

Kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan payudara. Maka dari itu, para ahli sering menyarankan untuk mendeteksi adanya benjolan dengan rutin meraba payudara.

Kalian harus berhati-hati karena tidak semua benjolan terasa sakit. Segera periksakan jika terdapat benjolan pada payudara meskipun tidak semua bersifat kanker.

3. Selain Payudara, Benjolan Juga Muncul di Ketiak


Selain Payudara, Benjolan Juga Muncul di Ketiak

Meski bernama kanker payudara, benjolan tidak selalu muncul pada bagian tersebut. Benjolan bisa saja muncul di bawah ketiak. Hal ini disebabkan jaringan payudara meluas hingga bawah ketiak. Jika dirasakan dengan jemari, seperti ada benjolan yang keras dan melekat.

4. Kanker Payudara Menyebabkan Puting Akan Terasa Sakit


Kanker Payudara Menyebabkan Puting Akan Terasa Sakit

Kanker payudara stadium satu menunjukkan tanda-tanda seperti puting yang terasa sakit dan nyeri. Selain itu, puting juga bisa mengeluarkan cairan yang tidak normal dan melesak ke dalam.

Jika kalian mengalami tanda-tanda seperti itu, segera periksakan ke dokter ahli. Diagnosa lebih awal lebih baik untuk mencegah kanker ke stadium lebih lanjut.

5. Warna Kulit Payudara yang Berubah


Warna Kulit Payudara yang Berubah

Bukan hanya benjolan, perubahan kulit payudara sudah cukup membuat kalian lebih waspada. Pada tahap ini kulit payudara akan menjadi kemerahan bahkan keunguan seperti terkena iritasi. Permukaan kulit payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk serta terjadi penebalan kulit.

6. Penderita Kanker Payudara Akan Mengalami Nyeri Punggung Atas


Penderita Kanker Payudara Akan Mengalami Nyeri Punggung Atas

Tanda kanker payudara biasanya bermula dari rasa sakit di bagian atas tulang belakang antara tulang belikat, nyeri otot tendon dan osteoarthritis tulang belakang.

Hal ini terjadi karena tumor payudara berkembang dalam jaringan kelenjar menyebar ke seluruh area dada. Pertumbuhannya mendorong mundur arah tulang rusuk dan tulang belakang. Alhasil punggung akan terasa nyeri.

7. Perubahan Bentuk Payudara


Perubahan Bentuk Payudara

Payudara yang terkena kanker biasanya akan mengalami perubahan bentuk. Payudara bisa berubah menjadi lebih oval atau turun ke bawah dan mencuat ke satu sisi. Nah, sebaiknya perhatikan perubahan sekecil apapun pada payudara kalian.

8. Puting Juga Berubah


Puting Juga Berubah

Puting payudara sensitif akan sentuhan, namun adanya kanker payudara menyebabkan tingkat sensitivitas menurun sangat drastis. Kulit puting payudara juga menjadi berkerak, bersisik dan meradang. Hal ini disebabkan karena tumor yang tumbuh menempel pada kulit sehingga menarik puting dan menyebabkan iritasi serta infeksi.

Seperti diketahui, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Konsumsi makanan yang dapat mencegah kanker payudara.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru