7 Makanan yang Ampuh Menurunkan Resiko Kanker Payudara
Radioarenys Cat
Health

Gunakan makanan ini untuk mencegah kanker payudara.

WowKeren - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak menjadi kekhawatiran para wanita meskipun pria pun dapat menderita jenis kanker ini. Tanda-tanda kanker payudara adalah terdapat benjolan di payudara, perubahan bentuk payudara, dimpling kulit, cairan yang berasal dari puting susu dan lainnya.

Sementara itu, faktor resiko untuk mengembangkan kanker payudara meliputi wanita, obesitas, kurang olahraga fisik, alkohol, terapi sulih hormon selama menopause, radiasi pengion, usia dini saat menstruasi pertama, memiliki anak terlambat atau tidak sama sekali, usia lebih tua, dan riwayat keluarga. Kanker payudara paling sering berkembang di sel-sel dari lapisan saluran susu dan lobulus yang memasok saluran dengan susu.


Untuk menghindari kanker payudara tentunya gaya hidup sehat adalah yang paling utama. Kalian harus mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk mencegah sel kanker itu. Olahraga juga diperlukan untuk mengimbangi semuanya.

Apa saja sih makanan yang baik untuk menurunkan resiko kanker payudara? Simak ulasan di bawah ini, ya.

1. Manfaat Buah Delima untuk Mencegah Kanker Payudara


Manfaat Buah Delima untuk Mencegah Kanker Payudara

Sebuah studi menyebutkan bahwa buah delima baik untuk mencegah kanker yang berkaitan dengan hormon estrogen. Kandungan dalam buah delima dapat menyebabkan sel-sel kanker merusak dirinya atau merangsang apoptosis (proses bunuh diri sel kanker). Tak hanya kanker payudara, buah ini juga dapat memicu apoptosis pada sel kanker kolon dan prostat.

2. Konsumsi Brokoli untuk Menurunkan Resiko Kanker Payudara


Konsumsi Brokoli untuk Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan sulforphane, zat yang meningkatkan enzim pelindung, serta membersihkan dan membuang senyawa-senyawa yang memicu kanker dalam tubuh.

Sulforaphane diketahui juga mampu menghalangi sel kanker payudara. Para ahli sendiri menyarankan untuk mengonsumsi brokoli mentas, dikukus atau ditumis sebentar untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Bawang Putih dan Bawang Merah Berguna untuk Mencegah Kanker Payudara


Bawang Putih dan Bawang Merah Berguna untuk Mencegah Kanker Payudara

Bawang putih maupun merah memiliki zat yang bernama alisin. Kandungan tersebut diketahui dapat mencegah kanker payudara sekaligus menjaga kesehatan pencernaan.

Alisin sendiri merupakan senyawa antioksida yang kuat. Kandungan alisin yang cukup dalam tubuh membantu sistem kekebalan tubuh melawan setiap zat radikal bebas yang masuk.

4. Buah Apel Membantu Mencegah Penyebaran Sel Kanker


Buah Apel Membantu Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Apel merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Kandungan antioksidan dan serat yang banyak sangat baik untuk tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian. Selain itu, sebaiknya mengonsumsi apel langsung dengan kulitnya.

5. Manfaat Sirsak untuk Kesehatan Terutama Kanker Payudara


Manfaat Sirsak untuk Kesehatan Terutama Kanker Payudara

Beberapa penelitian pada tahun 90-an mengungkap terdapat 34 jenis senyawa cytotoxic yang terdapat pada buah sirsak. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk membunuh sel-sel kanker.

Tak hanya pada buahnya, daun sirsak juga memiliki kandungan senyawa bernama acetogenins yang memiliki kemampuan membunuh sel kanker payudara. Bahkan efeknya lebih akurat 10.000 kali dibandingkan dengan obat kemoterapi.

6. Minyak Zaitun Bantu Turunkan Resiko Kanker


Minyak Zaitun Bantu Turunkan Resiko Kanker

Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko kanker payudara. Antioksidan dan asam oleat dalam minyak zaitun dianggap mampu memadamkan pertumbuhan sel-sel ganas. Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa menambahkan empat sendok makan minyak zaitun pada menu makan yang penuh dengan sayur dan buah-buahan bisa menurunkan resiko kanker payudara hingga 68 persen.

7. Manfaat Kacang-Kacangan untuk Mencegah Kanker


Manfaat Kacang-Kacangan untuk Mencegah Kanker

Kacang merupakan sumber vitamin E. Zat tersebut larut dalam lemak dan membantu melindungi tubuh dari kanker payudara. Riset menyebutkan, jenis kacang-kacangan seperti walnut atau kenari terbukti memperlambat pertumbuhan tumor.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya zat phytosterol pada walnut yang menghadang reseptor estrogen dalam sel kanker. Kalian bisa memasukkan kacang-kacangan ini dalam menu diet.

You can share this post!

Related Posts
Loading...