'Rangkul' Tretan Muslim dan Coki Pardede Usai Kontroversi, Deddy Corbuzier Banjir Pujian
Youtube/Deddy Corbuzier
Selebriti

Vlog terbaru Deddy Corbuzier ini membahas tentang penjelasan serta sudut pandang lain dari kontroversi Tretan Muslim dan Coki Pardede.

WowKeren - Belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan kontroversi yang muncul akibat Vlog komedi yang dibuat oleh Tretan Muslim dan Coki Pardede. Dua anggota Majelis Lucu Indonesia ini membuat Vlog yang berisi aksi mereka memasak daging babi dicampur dengan kurma. Siapa sangka video tersebut menyulut kontroversi di media sosial.

Banyak pihak yang menuding Muslim dan Coki menistakan agama lewat video tersebut. Bahkan keduanya sampai memutuskan untuk mundur dari panggung komedi YouTube usai kontroversi ini. Kejadian ini pun mencuri banyak pihak, tak terkecuali Deddy Corbuzier yang langsung mengundang keduanya di Vlog terbaru YouTube-nya, Senin (5/11).

Deddy juga mengundang Gus Miftah untuk memberikan pandangan lain soal hal-hal yang dianggap menuai kontroversi dari video Muslim dan Coki. "Gue pengan tahu substansinya kayak apa?" tanya Gus Miftah dalam video tersebut yang langsung dijawab oleh Coki. Rupanya Coki dan Muslim memang tak bermaksud menghina agama manapun.

"Jadi yang pertama itu kontennya memasak daging babi dicampur dengan saus kurma Gus. Ternyata banyak yang meributkan hal itu karena banyak merasa bahwa kurma adalah reprensetatif sesuatu yang mereka anggap tidak boleh dibercandai," jelas Coki. "Dan babi pun karena haram banyak yang merasa katanya tidak boleh dibercandain juga. Tapi poin kita sebenarnya di situ bukan ke arah sana. Tapi ini loh bercandaan toleransi yang sebenarnya masih ada di Indonesia."

Gus Miftah pun menanggapi jawaban Coki ini dengan bijak. Menurut Gus Miftah mungkin pendapat Coki memang tak salah, namun bisa jadi tempat ia menyampaikan pendapat tersebut yang kurang tepat. Pasalnya ndonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam dan bahasan ini merupakan topik yang cukup sensitif.


Lebih lanjut, Gus Miftah pun menunjukkan poin mana yang salah dan akhirnya memunculkan kontroversi dari video komedi Coki dan Muslim. "Jadi konteksnya yang menyinggung barang kali adalah ketika kurma dicampur dengan babi (cacingnya) menjadi mualaf. Nah ini arahnya sudah ke sana (menghina agama)," jelas Gus Miftah. Ia juga menyinggung soal mimik Coki saat Muslim membahas cacing mualaf tersebut.

Coki pun menjelaskan bahwa saat itu ia menertawakan mimik wajah Muslim, bukan topik soal babi menjadi mualaf jika dimasak dengan kurma. Muslim dan Coki pun meminta maaf atas kontoversi yang ditimbulkan. "Kami berdua karena sudah bikin rusuh, bikin salah paham orang banyak si, saya siap minta maaf," kata Muslim.

Di akhir video, Gus Miftah pun menyarankan Muslim dan Coki untuk terus berkarya sebagai stand up comedian. Deddy sendiri tidak terlalu banyak menanggapi dalam Vlog tersebut karena memang di awal ia mengaku tak berani memberikan pendapat lantaran masih kurang paham tentang kontroversi yang dimunculkan oleh Muslim dan Coki. Sehingga Deddy memutuskan untuk memanggil Gus Miftah.

Kendati begitu, Deddy tetap banjir pujian lantaran sudah "merangkul" Muslim dan Coki lewat videonya. "Bener2 papa youtube om deddy wkwkwk," kata netter. "Thanks om deddy, thank gus," seru yang lain. "Makasih om deddy merangkul coki dan muslim!" tutur lainnya. "Thx om ded udh buatin konten feat coki muslim," tulis yang lain.

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait