Lagi, Lion Air Turunkan 143 Penumpang Karena Sayap Senggol Tiang Lampu Bandara
Nasional

Pesawat Lion Air JT-633 rute Bengkulu-Jakarta menunda keberangkatan untuk memastikan keselamatan penerbangan.

WowKeren - Belum selesai kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT610 (PK-LQP), kini Lion Air kembali banyak diberitakan karena sebuah insiden baru. Pesawat Lion Air JT-633 rute Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu menuju Bandar Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami insiden sayap kiri pesawat menyenggol tiang lampu bandara.

Insiden tersebut dibenarkan oleh Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro. Menurut Danang Mandala, pesawat jenis Boeing 737-900 ER registrasi PK-LGY yang mengangkut 7 kru dan 143 penumpang itu mengalami penundaan keberangkatan untuk memastikan keselamatan penerbangan. Pasalnya, lekukan pada ujung sayap sebelah kiri (wing tip) pesawat menyenggol tiang lampu koordinat di bandar udara. Akibatnya, bagian ujung sayap pesawat sedikit koyak.


Dalam keterangan yang dirilis Rabu, 7 November, Danang Mandala menyebutkan jika saat ini pesawat sudah berada di landas parkir dan seluruh penumpang diarahkan serta dikembalikan menuju ruang tunggu terminal. Lion Air juga telah mengirimkan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap pesawat. "Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," kata Danang Mandala.

Insiden ini langsung ramai tersebar di media sosial dengan sejumlah foto yang menunjukkan kondisi sekitar pesawat usai kejadian. Para penumpang terlihat turun dari pesawat dan beberapa petugas bandara. Rencananya, para penumpang diberangkatkan dengan pesawat Lion Air lainnya sekitar pukul 22.10 WIB.

Sementara itu, dilansir Merdeka.com, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno mengatakan Ditjen Perhubungan Udara akan segera melakukan investigasi menyusul insiden pesawat Lion Air ini. Kejadian tersebut akan diinvestigasi oleh Inspektur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Inspektur Bandar Udara dan Inspektur Navigasi Penerbangan. Mereka akan melihat penyebab kejadian dan tindakan lanjut untuk insiden tersebut.

"Kami telah menerima laporan awal dari Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu bahwa sayap pesawat Lion Air JT 633 yang akan berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Bandara Soekarno Hatta menyenggol tiang parking stand 3 yang berada di depan gedung VIP Bandara tersebut sehingga sayap pesawat sebelah kiri mengalami kerusakan," jelas Pramintohadi di Jakarta, Rabu, 7 November. "Kami telah menginstruksikan kepada Kabandara untuk memastikan maskapai penerbangan memenuhi kewajiban sesuai ketentuan dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan penerbangan kepada penumpang," lanjut Pramintohadi.

You can share this post!

Related Posts
Loading...