Daun Sirih untuk Menyembuhkan Mimisan, Mitos atau Fakta?
Health

Masyarakat Indonesia memiliki salah satu cara tradisional yang ampuh untuk mengobati mimisan yakni dengan daun sirih.

WowKeren - Mimisan merupakan pendarahan dari bagian dalam hidung. Dalam medis mimisan disebut dengan epistaksis. Mimisan paling sering terjadi pada anak kecil, namun bukan berarti orang dewasa tidak dapat mengalami hal ini. Banyak orang yang menganggap mimisan berbahaya, namun sebenarnya hal tersebut hanya gangguan kecil.

Nah, mimisan sendiri dapat terjadi karena beberapa hal. Penyebab mimisan yang paling umum adalah karena udara kering. Kondisi ini terjadi ketika iklim dingin saat banyak infeksi saluran pernapasan atas dan suhu serta kelembapan naik turun secara drastis. Ketika iklim panas pun mimisan dapat terjadi, lho. Hal ini akibat lapisan hidung kering hingga retak dan berdarah.

Selain itu, mimisan juga disebabkan karena penderita mengalami cedera pada hidung. Pembuluh darah di hidung rusak hingga akhirnya berdarah. Masalah kesehatan dan penggunaan obat pengencer darah juga bisa jadi penyebab kondisi satu ini.

Lantas, bagaimana cara mengobati mimisan? Masyarakat Indonesia memiliki salah satu cara tradisional yang ampuh untuk mengobati mimisan yakni dengan daun sirih. Pengobatan ini sudah digunakan sejak lama hingga saat ini. Pemakaiannya hanya dengan menggulung daun sirih dan dimasukkan ke dalam hidung.


Namun, sebagian orang tidak percaya akan metode tersebut. Banyak yang percaya dan telah membuktikannya tapi banyak juga yang meyakini hal tersebut hanya mitos belaka.

Sebenarnya, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun sirih mempunyai banyak manfaat dalam pengobatan seperti anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, antidiabetik dan masih banyak lagi. Daun sirih juga memiliki kandungan utama yakni minyak atsiri dan dua jenis bethafenol, chavibetol dan chavicol. Kandungan lainnya berupa estragol, cadinene, methyl eugenol, eugenol, tanin, pati, gula, dan tepennena.

Tak berhenti sampai di situ, daun sirih mempunyai kandungan zat tanin dan flavaloid yang membantu dalam menutup pembuluh darah. Sementara minyak atsiri yang mengandung bethapenol berupa chavibetol dan chavicol berfungsi sebagai pembunuh kuman, antioksidasi dan anti jamur sehingga mencegah adanya infeksi.

Perlu diketahui bahwa respon tubuh untuk menghentikan pendarahan secara cepat berbeda tiap individu. Nah, zat yang terkandung dalam daun sirih akan membantu tubuh mempercepat proses tersebut. Jadi, kalian tak perlu khawatir lagi dengan metode tradisional tersebut.

Sementara itu, daun sirih tak hanya berguna untuk mengobati mimisan. Masih banyak manfaat lain yang bisa kalian ketahui di sini.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait