9 Minuman Hangat Tradisional hingga Modern yang Paling Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan
Kuliner

9 minuman ini bisa jadi teman kalian menghadapi musim hujan tahun ini. Selain enak, manfaatnya juga besar, lho.

WowKeren - Musim hujan sudah menghampiri beberapa daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya sudah mengalami hujan hampir setiap hari. Hal ini mungkin sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang setelah melewati teriknya matahari di musim panas.

Selera makanan minuman juga tentu berubah saat musim dingin. Mungkin minuman kekinian seperti Thai Tea, Cheese Tea, es kepal milo atau bubble tea bakal enggak laku sesaat. Banyak orang yang akan lebih memilih minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Nah, musim hujan akan berjalan cukup lama. Berikut terdapat 9 minuman yang bisa menemani sekaligus menghangatkan tubuh kalian selama musim dingin ini. Intip di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Wedang Jahe, Minuman Hangat yang Tak Boleh Dilupakan


Wedang Jahe, Minuman Hangat yang Tak Boleh Dilupakan

Cuaca dingin dan sedang sibuk-sibuknya? Wedang jahe bakal jadi pilihan yang paling tepat. Selain menghangatkan tubuh, wedang jahe juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antibiotik di dalam jahe. Perut kembung dan radang tenggorokan yang biasa menyerang saat musim hujan juga dapat teratasi dengan minuman ini, lho.

Nah, pembuatan wedang jahe sangat mudah. Geprek jahe dan masukkan ke dalam air yang direbus. Kalian bisa menambahkan daun serai atau rempah lain seperti cengkeh, daun pandang dan masih banyak lagi. Untuk lebih memperkaya rasa dan meminimalisir pedas akibat jahe, tambahkan gula jawa, ya.

2. Susu Telur Madu Jahe (STMJ) untuk Menambah Energi


Susu Telur Madu Jahe (STMJ) untuk Menambah Energi

Salah satu minuman tradisional yang menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia tak hanya di musim hujan namun juga musim panas adalah susu telut madu jahe alias STMJ. Minuman yang memiliki kombinasi empat bahan sehat tersebut dianggap mampu menambah stamina saat sedang lelah dan tidak fit.

Menurut pakar kesehatan herbal dari FMIPA UI, Abdul Mun'im, MSi, PhD, kandungan di dalam, STMJ setara dengan makanan pada umumnya. Protein dari telur, kalsium dari susu, vitamin dari madu dan khasiat dari jahe cocok untuk menjadi obat untuk tubuh. Apalagi telur yang biasa digunakan berasal dari ayam kampung. Wah, STMJ bakal laris manis nih di musim dingin.

3. Angsle Bakal Temani Malam Dingin Kalian


Angsle Bakal Temani Malam Dingin Kalian

Angsle merupakan minuman khas kota Malang. Minuman ini masih banyak dijual khususnya pada malam hari. Dari rasa, angsle mungkin tidak jauh berbeda dari wedang jahe karena bahan pembuatannya sama yakni jahe, serai dan gula jawa.

Namun, hal yang membedakan adalah angsle memiliki isian. Seperti roti, kacang sangrai, kacang hijau rebus, putu mayang, ketan putih kukus dan tape singkong. Selain itu, beberapa penjual menambahkan bahan seperti kelapa dan mutiara untuk memperkaya rasanya.

4. Wedang Ronde Makanan Khas Tiongkok yang Terkenal di Indonesia


Wedang Ronde Makanan Khas Tiongkok yang Terkenal di Indonesia

Wedang ronde memang identik dengan Yogyakarta, namun perlu kalian ketahui bahwa makanan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok. Di negara asalnya ronde bernama Tangyuan, terbuat dari tepung ketan, dicampur sedikit air dan diberi isian kemudian dibentuk menjadi bola-bola.

ronde biasanya diisi dengan gula merah atau kacang hijau. Bola-bola berwarna-warni tersebut kemudian disajikan di dalam air jahe yang hangat. Tak lupa bahan pelengkap lain seperti kacang, kolang-kaling dan masih banyak lagi. Ronde bakal jadi teman yang cocok banget di musim dingin.

5. Kembang Tahu yang Paling Sering Disebut Tahwa


Kembang Tahu yang Paling Sering Disebut Tahwa

Tahwa meurpakan salah satu minuman hangat yang sudah dikenal sejak dulu. Makanan yang disebut juga dengan kembang tahu ini proses pembuatannya tak jauh berbeda dari tahu biasa, namun lebih halus dan terasa sedikit manis. Nah, protein di dalamnya tentu sangat menyehatkan.

Sama seperti wedang ronde dan angsel, tahwa juga disajikan dengan kuah jahe yang nikmat dan menghangatkan tubuh. Tahwa juga biasanya disajikan dengan bubur kacang hijau, kelembutan dan kehangatan dalam semangkuk tahwa bakal bikin kalian ketagihan, deh.

6. Konsumsi Lemon Madu Hangat saat Musim Dingin


Konsumsi Lemon Madu Hangat saat Musim Dingin

Ketika musim dingin, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit seperti flu. Nah, untuk mencegah penyakit tersebut kalian memerlukan vitamin agar kekebalan tubuh meningkat. Minuman yang pas untuk hal tersebut adalah lemon madu hangat.

Minuman ini enggak perlu dibeli, kalian dapat membuatnya sendiri di rumah. Siapkan secangkir air hangat, kemudian masukkan irisan lemon atau perasan airnya. Tambahkan madu sesuai dengan selera kalian.

7. Kopi Hangat Memiliki Manfaat yang Besar


Kopi Hangat Memiliki Manfaat yang Besar

Kopi akan bertambah nikmat jika dikonsumsi ketika cuaca dingin. Minuman ini telah lama memiliki banyak penggemar. Apalagi, saat ini kopi sudah memiliki jenis yang beragam. Mulaii dari pahit hingga manis, panas dan dingin serta topping yang beragam.

Nah, kopi hangat sendiri punya banyak manfaat , lho. Kopi yang hangat dikenal baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 bahkan dapat memperpanjang usia. Kandungan polyphenols, mineral, dan antioksidan yang tinggi adalah rahasia di balik manfaat-manfaat kopi tersebut.

8. Cokelat Hangat dengan Marshmallow yang Nikmat


Cokelat Hangat dengan Marshmallow yang Nikmat

Anak-anak muda biasanya lebih menyukai minuman yang manis ketimbang pahit seperti kopi atau jahe yang pedas. Nah, sepertinya cokelat panas bakal jadi ide yang tepat. Minuman ini menjadi favorit bagi orang-orang di berbagai belahan dunia yang memiliki cuaca dingin bersalju.

Penelitian di Cornell University menemukan bahwa secangkir air panas yang dicampur dengan 2 sendok makan cokelat bubuk memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari sekantong teh hijau, lho. Penyajian cokelat panas biasanya semakin lengkap dengan kehadiran marshmallow.

9. Gantikan Teh Hijau dengan Teh Putih


Gantikan Teh Hijau dengan Teh Putih

Teh putih mungkin tidak begitu populer di Indonesia. Teh yang terbuat dari pucuk muda tanaman Camelia Sinesis yang diekringkan tanpa terkena langsung sinar matahari. Hal ini yang membuat teh putih memiliki antioksidan super yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG).

`Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh putih yang mengandung EGCG dapat menjaga tekanan darah dan tingkat glukosa tetap normal. Teh putih memiliki aroma yang harum dan manis ketika diseduh. Cocok banget untuk menjadi pendamping camilan sore kalian.

Selain minuman hangat, kalian juga memerlukan pertahanan tubuh yang kuat untuk menghadapi musim dingin. Ketahui 10 makanan yang dapat membantu kalian meningkatkan imun di musim hujan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel