7 Jajanan-Minuman Khas dan Paling Enak Disantap Saat Musim Hujan
Instagram
Kuliner

Bukan cuma sedia payung sebelum hujan, sedia makanan lezat penting juga dong. Intip daftarnya!

WowKeren - Memasuki akhir tahun, saatnya musim hujan. Diketahui, beberapa daerah di Indonesia juga sudah diguyur hujan ringan hingga lebat. Bagaimana, sudah sedia payung sebelum hujan?

Bukan cuma payung dan jas hujan saja nih yang identik dengan musim hujan, beberapa makanan dan minuman khas Indonesia juga tampil di musim ini. Ya, beberapa jajanan dan minuman memang lezat sekali jika disantap saat hujan turun deras.


Sudah nikmat disantap di hari biasa, namun beberapa jajanan dan minum ini akan lebih lezat jika dinikmati saat musim hujan. Apalagi bersama dengan orang terkasih, sambil menikmati rintik air hujan di depan rumah. Waduh, enggak ada yang mengalahkan deh.

Apa saja sih jajanan dan minuman yang khas muncul di musim hujan dan nikmat banget di santap ini? Cus, langsung saja simak daftarnya sebagai berikut. Jangan lupa, pilih favoritmu untuk menyambut musim hujan yang segera datang, ya.

(wk/silm)

1. Hangatnya Wedang Ronde di Musim Hujan Jadi Pilihan yang Pas


Hangatnya Wedang Ronde di Musim Hujan Jadi Pilihan yang Pas

Populer di wilayah Jawa Tengah, menghangatkan musim hujan bisa kamu lakukan dengan menyantap semangkuk wedang ronde. Ronde sendiri sebenarnya merupakan makanan tradisional khas China dengan nama asli tangyuan. Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan sedikit air dan dibentuk bulat menyerupai bola.

Penyajian ronde di Indonesia salah satunya adalah dengan memasukkannya dalam kuah jahe panas. Air jahe yang digunakan biasanya juga menggunakan gula kelapa yang diberi taburan kacang tanah goreng, potongan roti, kolang kaling, dan sebagainya. Hmm... nikmat banget, deh disantap di tengah gemericik hujan.

2. Musim Hujan? Bakso Juaranya


Musim Hujan? Bakso Juaranya

Bicara soal makanan yang lezat banget jika disantap saat musim hujan, kita tidak boleh meninggalkan bakso. Dapat ditemukan di mana-mana, jajanan seperti bakso seolah akan berkali lipat lebih enak jika disantap di tengah dinginnya musim hujan.

Jenis bakso sangat beragam. Mulai dari yang berkuah bening dan bertekstur lembut hingga guratan-guratal lezat dari bakso urat. Bentuknya pun tak selalu bulat, namun tetap tak kalah lezat disantap. Menikmati musim hujan dengan memakan bakso lezat berbentuk unik jadi pilihanmu? Lihat rekomendasinya di sini.

3. Minum Wedang Jahe di Musim Hujan untuk Hangatkan Badan


Minum Wedang Jahe di Musim Hujan untuk Hangatkan Badan

Wedang jahe wajib banget masuk dalam rekomendasi minuman yang wajib ada saat musim hujan. Di tengah dinginnya musim hujan, kamu pasti membutuhkan sesuatu untuk menghangatkan dirimu. Wedang jahe salah satunya.

Minuman wedang jahe merupakan jenis wedang-wedangan yang berbahan air dan jahe. Tak harus membelinya, wedang jahe ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Caranya, cukup geprek jahe lalu siram dengan air rebusan gula atau gula merah. Nikmati dengan beberapa makanan lainnya.

4. Mie Rebus dengan Telur, Mantap Dinikmati Saat Musim Hujan


Mie Rebus dengan Telur, Mantap Dinikmati Saat Musim Hujan

Pesona mie rebus seolah meningkat drastis saat musim hujan. Sajian yang satu ini sangat mantap dinikmati di tengah gemericik dan dinginnya hujan. Apalagi jika sajian mie rebus itu ditambah dengan telur setengah matang, bayangkan betapa nikmatnya.

Tak cuma mie instan, sajian mie rebus ini banyak sekali macamnya. Mulai dari kwetiaw, miso hingga ramen. Tambahan untuk disajikan bersama mie rebus selain telur setengah matang juga banyak, kok. Sebut saja seperti bakso, ayam, sayur, sosis, dan sebagainya. Bikin ngiler.

5. Pesona Gorengan yang Tak Tertahankan Saat Disajikan di Musim Hujan


Pesona Gorengan yang Tak Tertahankan Saat Disajikan di Musim Hujan

Mantap dinikmati di hari biasa, pesona gorengan juga tak kalah lezat dibandingkan makanan lain saat disantap di musim hujan. Aneka gorengan manis dan asin yang dijajakan di pinggir jalan selalu tampak aduhai saat musim hujan.

Bukan cuma gorengan biasa, banyak juga jajanan ala gorengan yang sedang hits dan bisa dinikmati saat ini. Sebut saja mulai dari pisang nugget, martabak mozarella, cumi tepung, ubi goreng kopong, tahu bulat hingga oreo goreng. Siapa yang enggak tergoda jika melihatnya?

6. Teh dan Kopi Memberi Kehangatan dan Kedamaian di Musim Hujan


Teh dan Kopi Memberi Kehangatan dan Kedamaian di Musim Hujan

Sederhana namun akan selalu menghangatkan musim hujanmu, kopi dan teh jawabannya. Biasa disajikan di hari-hari biasa, kenikmatan kopi dan teh yang disruput saat musim hujan akan terasa berkali-kali lipat nikmatnya.

Banyak jenis teh dan kopi yang bisa kamu nikmati sambil menikmati hujan yang turun. Teh dan kopi ini juga sangat mantap jika disajikan bersama dengan gorengan ataupun camilan yang lain.

7. Soto yang Segar Mantap Dinikmati Saat Musim Hujan


Soto yang Segar Mantap Dinikmati Saat Musim Hujan

Kuah soto yang panas akan sangat nikmat jika disajikan dan disantap saat musim hujan. Kesegaran kuah dan rasa gurih dari daging atau ayam yang tersaji bersama nasi dan sambal akan jadi sajian yang pas.

Sama halnya dengan mie rebus, sajian soto panas juga akan semakin mantap jika ditambah dengan makanan dan minuman lain. Bayangka, saat dinginnya musim hujan kamu bisa menyantap semangkuk soto segar bersama dengan sajian telur, hati ampela, dan teh hangat. Wah, sedap.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait