FFI 2018: Kategori Pemeran Anak Terbaik Piala Citra Akan Dihapus
Film

Jika wacana tersebut disetujui, maka Ni Kadek Thaly Titi menjadi pemenang terakhir kategori Pemeran Anak Terbaik Piala Citra.

WowKeren - Festival Film Indonesia (FFI) bermaksud menghapus kategori Pemeran Anak Terbaik pada penyelenggaraan Piala Citra tahun 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Ria Irawan selaku Koordinator Komite Pemilihan dan Penilaian FFI sebagai upaya penyetaraan bidang keaktoran.

"Kategori Pemeran Anak ditiadakan," ungkap Ria pada Minggu (9/12). "Karena harus adil aktor ya aktor, mau umurnya berapa."

Pernyataan senada juga dipaparkan Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI 2018-2020. Menurut Lukman, komite FFI sedang melakukan evaluasi kembali terkait konsep penganugerahan Piala Citra.

"Kalau ngomong Oscar kan enggak ada itu kategori pemeran anak," ujar Lukman ditemui di tempat terpisah. "Yang namanya aktor itu enggak dibedain anak kecil atau bukan, akhirnya sama. Si anak pun memperlakukan pekerjaannya sebagai aktor."

"Ini juga sedang mencoba mengolah agar potensi-potensi ini dibina bukan dalam takaran anak," imbuh Lukman. "Agar mereka punya motivasi lebih tinggi lagi bahwa 'saya aktor'."


Oleh karenanya, Lukman berharap bahwa pelaku perfilman Tanah Air dapat mengeksplorasi lebih dalam peran yang dimainkan oleh pemeran anak. Sampai saat ini, kesepakatan tentang penghapusan kategori Pemeran Anak Terbaik rupanya sudah hampir final.

"Aku juga ingin usulin ke Pusbang (Pusat Pengembangan) Film, untuk menggali potensi anak mungkin aja dibuat festival film anak," lanjut Lukman. "Apakah ini bisa benar-benar dijalankan? Tapi sebenarnya lumayan, udah berapa persen."

Meski demikian, penghapusan kategori tersebut rencananya akan disambung dengan penyelenggaraan festival film anak. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa FFI masih memberikan perhatiannya kepada film anak yang kian waktu makin jarang dibuat.

"Tapi kalau pun mau gali potensi anak-anak lebih, memang bisa minta Pusbang Film untuk buat festival film anak" tandas Lukman. "Jadi yang dinilai benar-benar film anak, fokus perkembangannya juga ke anak. Tapi saat ini film itu dinilai ke ranah FFI, disamaratakan."

Sementara itu, Ni Kadek Thaly Titi Kasih dengan film "Sekala Niskala" terpilih sebagai Pemeran Anak Terbaik Piala Citra 2018. Apabila wacana tersebut telah disepakati, maka Ni Kadek menjadi pemenang terakhir Piala Citra dalam kategori Pemeran Anak.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru